NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
PropertiTeknologi

5 Tips Menggunakan Situs Jual Beli Rumah Untuk Mencari Hunian

3 Mins read
Menggunakan Situs Jual Beli Rumah
Menggunakan Situs Jual Beli Rumah
Foto: Masterseo

Sudahkah Kamu familiar dengan situs jual beli rumah? Dengan maraknya tren jual beli berbasis internet, sektor properti tidak ketinggalan dengan banyaknya situs jual beli rumah yang bermunculan. Ini adalah kabar gembira buat Kamu yang memerlukan akses mudah untuk jual beli rumah.

Di zaman yang sudah modern ini, kemudahan internet memang menjadi hal yang sangat sayang jika tidak digunakan. Tapi, harus diingat bahwa banyak hal buruk yang bisa terjadi di sana dan itu bisa merugikanmu.

Maka dari itu, Kamu harus tahu bagaimana cara menggunakan situs jual beli rumah yang paling aman dan menguntungkan. Bagaimana caranya? Simak 5 tips menggunakan situs jual beli properti ini, ya!

1. Cari Situs Jual Beli Rumah Terpercaya

Menggunakan Situs Jual Beli Rumah
Foto: Google Images

Banyak sekali penipuan yang dapat terjadi dalam proses jual beli rumah, apalagi yang difasilitasi dengan internet atau secara online. Dengan memilih situs jual beli rumah terpercaya, Kamu bisa terhindar dari kemungkinan buruk itu.

Lalu, bagaimana caranya tahu sebuah situs jual beli rumah terpercaya atau tidak? Kamu bisa mulai dengan situs jual beli property populer. Contohnya saja 99.co Indonesia yang sudah menjadi situs jual beli property terbesar dengan banyaknya listing jual rumah yang ditawarkan.

Jika sebuah situs jual beli rumah sudah punya nama, itu berarti sudah banyak orang yang menggunakannya dan jual beli rumah di sana. Kegiatanmu untuk melakukan pencarian rumah pun jadi lebih aman, bukan?

2. Gunakan Fitur Pencarian Secara Maksimal

Situs jual beli rumah yang bagus pastinya punya fitur pencarian yang bisa membantu Kamu menjadi lebih mudah untuk menemukan rumah yang sesuai. Biasanya, fitur pencarian ini bisa membantu Kamu untuk menyortir iklan jual rumah dari tipenya, lokasinya, harganya, hingga sertifikasinya.

Baca Juga   Penerapan Teknologi Blockchain di Industri Logistik

Pastikan agar Kamu menggunakan fitur pencarian ini secara maksimal karena hal ini akan jauh memudahkan proses pencarian rumah. Bahkan, jika situs jual beli rumah ini punya fitur pencarian yang mendetail, Kamu bisa lebih spesifik lagi mencari rumah beradarkan jumlah kamar, kamar mandi, dan lain-lain.

3. Manfaatkan Pencarian Peta

Jika situs jual beli rumah yang Kamu gunakan memiliki fitur pencarian peta, jangan lupa untuk gunakan ini juga. Ketimbang sekedar mencari rumah berdasarkan kota atau kawasan, Kamu bisa lebih mudah mencari rumah dengan fitur pencarian peta.

Dengan fitur pencarian peta ini, Kamu bisa mendapatkan informasi atau gambaran lokasi rumah yang akurat dalam tampilan peta. Semakin mudah untuk mengira-ngira apakah lokasi rumah dijual yang diiklankan dekat dengan tempat-tempat tertentu atau tidak.

Misalnya, jika Kamu mencari rumah di sekitar lokasi kantor, tentu akan lebih mudah untuk membandingkan jarak-jaraknya jika Kamu melihat iklan rumah dijual yang tersedia dalam bentuk tampilan peta.

4. Pilih Iklan Jual Rumah Prioritas

Meski telah menggunakan situs jual beli rumah terpercaya, tentu Kamu tetap harus berhati-hati karena tidak semua iklan jual rumah terjamin keamanannya. Itulah mengapa, akan jauh lebih mudah dan aman jika Kamu memilih iklan jual rumah prioritas.

Biasanya, situs jual beli rumah yang bagus memiliki fitur listing prioritas. Listing prioritas lebih terjamin keamanannya karena biasanya ini adalah iklan berbayar. Pihak yang memasang iklan jual rumah menggunakan fitur berbayar menunjukkan kesungguhannya dalam menjual rumah.

Itu berarti, informasi yang disertakan pada iklan dapat sepenuhnya dipertanggungjawabkan dan bukan tipu-tipu. Pastinya Kamu tidak mau jika fakta yang Kamu dapatkan saat survey rumah berbeda dengan isi iklan atau informasi yang disertakan dalam listing.

Baca Juga   5 Tips Belanja Online Murah di Saat Covid 19

Contoh perbedaan informasi ini macam-macam. Orang cenderung melebih-lebihkan sesuatu ketika tengah promosi, kadang, hal ini yang nantinya menjadi masalah dan mengecewakan calon pembeli.

Misalnya, penjual bisa saja tidak benar dalam mencantumkan informasi mengenai sertifikat, akses jalan, fasilitas rumah, dan lain sebagainya. Hal-hal seperti ini biasanya akan ketahuan ketika kita melakukan survey. Anda tidak mau buang-buang waktu untuk itu, bukan?

5. Manfaatkan Kalkulator KPR dan Indeks Harga Rumah

Menggunakan Situs Jual Beli Rumah

Foto: Rojanovera

Nah, tips terakhir ini bisa membantu Anda masalah budgeting. Situs jual beli rumah yang baik biasanya juga memiliki fitur kalkulator KPR dan Indeks Harga Rumah. Tujuannya? Tentu saja untuk mempermudah proses jual beli penggunanya.

Kedua fitur ini membantu kita mengetahui harga rumah yang harus Kamu bayarkan nantinya. Seperti fitur kalkulator KPR yang bisa menghitung berapa cicilan yang kira-kira harus dibayarkan setiap bulannya. Kamu sudah familiar dengan KPR, kan? Kredit Pemilikan Rumah ini membuat Kamu lebih mudah beli rumah.

Selain itu, jika Kamu ingin mengetahui harga pasaran rumah di sekitar lokasi yang dicari, Kamu bisa menggunakan fitur Indeks Harga Rumah yang tersedia di situs jual beli rumah tersebut. Ini sangat membantu ketika Kamu ingin membandingkan beberapa rumah yang menjadi pilihan.

Apalagi jika tujuan beli rumahnya adalah untuk kepentingan investasi, Kamu wajib menggunakan fitur ini untuk mengetahui lokasi mana yang memiliki peningkatan harga lahan tertinggi di suatu wilayah. Ini adalah salah satu yang terpenting jika Kamu hendak berinvestasi property khususnya rumah tapak.

Itu dia 5 tips menggunakan situs jual beli rumah untuk Kamu yang tengah mencari hunian baik untuk tempat tinggal maupun investasi. Dunia modern yang menawarkan berbagai macam kemudahan ini akan semakin menguntungkan jika kita tahu tips & trick-nya, kan?

Baca Juga   Hack Deface Web Telkomsel.com, Tamparan keras buat perusahaan pengelola teknologi

Selamat mencari rumah!

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Properti

Apartemen Bernuansa Jepang di Cikarang

2 Mins read
Serasa tidak percaya jika ada apartemen bernuansa Jepang di Cikarang. Nyatanya di kawasan Cikarang kita bisa menjumpai apartemen bernuansa Jepang ini. Azalea…
Teknologi

5 Panduan Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Blog Wordpress

2 Mins read
Salah satu hal yang utama ketika memutuskan memilih WordPress sebagai pilihan Content Management System (CMS) untuk platform blog adalah kemampuannya untuk dikelola…
Teknologi

Kenali 3 Jenis Vacuum Pump Dan Fungsinya

2 Mins read
Perlengkapan industri kini telah semakin berkembang, salah satu produknya yakni sebuah alat yang bernama vacuum pump. Alat ini sendiri sudah banyak distribusikan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.