Site icon arthanugraha.com

Memasang SSL HTTPS dari Cloudflare di WordPress

Kita sering melihat di url sebuah website tidak lagi memakai http tetapi memakai https. Penambahan huruf “s” merupakan singkatan dari secure. Tentu tidak sekedar secure semata kenapa banyak website beralih menjadi https. Alasan yang terbesar adalah Google yang merupakan situs pencarian terutama di dunia ini melakukan pola indexing dengan lebih dahulu mengutamakan website yang sudah mengimplementasikan https, hal ini sudah dimulai sejak tahun 2015 silam. Tentunya sebagai pengelola website tidak ingin peringkat dalam pencariannya menjadi merosot gara-gara tidak mengimplementasikan https. Kali ini saya ingin berbagi tips untuk kamu yang mengelola website kamu dan berbasis wordpress, khususnya website yang dihosting sendiri bukan di wordpress.com atau istilahnya self hosting. Saya akan memberikan tips buat kamu yang mau memasang SSL HTTPS dari Cloudflare di wordpress kamu.

Apa itu Cloudflare?

Cloudflare adalah penyedia jasa pengiriman konten. Cloudflare bertindak sebagai proxy antara website kamu dan pengunjung website kamu. Dengan metode CDN, maka website kamu menjadi lebih cepat untuk diakses, karena penyedia CDN akan memberikan akses server yang paling dekat dengan pengunjung website kamu. Wah keren ya.

Untuk mendapatkan layanan Cloudflare, kamu dapat memilih paket gratis yang diberikan oleh Cloudflare. Cara pendaftarannya sendiri dapat kamu baca di blog berikut ini.

Nah, salah satu fitur dari cloudflare ini adalah memberikan pilihan untuk mengaktifkan SSL yang nantinya akan membuat url kita menjadi HTTPS.

Caranya cukup mudah, kita pilih dulu domain yang sudah terdaftar di Cloudflare.

Pilih Target Domain

Setelah domain dipilih, selanjutnya pilih menu crypto pada menu tab.

Kemudian pada halaman Crypto, pada bagian SSL, rubah menjadi Flexible

Selanjutnya cari bagian Automatic HTTPS Rewrite dan rubah menjadi On

Kemudian selanjutnya pilih menu Page Rules pada tab menu.

Kemudian di dalam halaman Page Rules, kita akan membuat suatu rule baru. isikan *[nama_domain]* pada rule, dan setting dipilih “Always Online”

Bagian selanjutnya adalah masuk ke halaman admin wordpress kamu. Kemudian tambahkan plugin baru yang bernama “Cloudflare Flexible SSL”

Setelah plugin tersebut ditambahkan dan diaktifkan, masih di admin wordpress masuk ke bagian Setting, kemudian pilih menu General. Pada menu general, rubah alamat situs anda (Site address) menjadi https://[nama_domain].

Kemudian selanjutnya kita tinggal menunggu saja proses propagansi.

Yups cuma sesimple itu aja untuk memasang SSL HTTPS dari Cloudflare di wordpress kamu. Semoga tips ini bisa membantu kamu ya.

Exit mobile version