Site icon arthanugraha.com

Liburan Asyik di Senyum World Hotel

senyum world hotel

Akhir bulan Mei kemarin, saya dan keluarga berkesempatan mencicipi nikmatnya liburan di sebuah hotel bintang 4 yang terkenal di Kota wisata Batu, Malang yaitu Senyum World Hotel.

Senyum World adalah salah satu hotel yang sudah cukup lama saya incar untuk coba bersama anak dan istri saya. Letaknya yang berada di satu lokasi dengan Jatim Park 3 dan Batu Love Garden membuat saya dan keluarga tergiur menginap di hotel ini saat pertama kali kami berkunjung untuk berekreasi di Jatim Park 3 beberapa tahun yang lalu. Sayangnya karena berbagai kesibukan, kami baru bisa menginap di hotel ini akhir mei kemarin. Kebetulan saat itu Senyum World sedang mengadakan promo. Istri saya berhasil memesan kamar tematik Afrika dihari weekend dengan harga Rp.638.000 sudah termasuk sarapan untuk 2 orang.

Sehari hari sebelum berangkat, anak saya sangat antusias dan senang saat kami memberi kabar padanya bahwa besok kita akan bersama-sama menginap di Senyum World. Anak saya sendiri sudah mengetahui beberapa fasilitas dari Senyum World bahkan sebelum kami kesana karena istri saya pernah beberapa menunjukkan foto berbagai fasilitas maupun ruangan kamar hotel yang langsung menarik rasa penasaran anak saya.

Hari yang dinantipun tiba, kami memulai perjalanan kami ke Batu namun seperti biasa, kami selalu mampir dulu ke Indomaret untuk mengisi flazz, membeli air mineral dan snack untuk menghibur perut di jalan.

Karena sudah tahu letak Senyum World sebelumnya, maka kami bisa menuju ke lokasi hotel tanpa kesulitan. Letak hotel yang persis di pinggir jalan dengan petunjuk arah dan banner besar yang terpampang di tengah jalan sebagai cover jembatan penyeberangan di depan hotel dijamin akan memudahkan siapapun yang baru pertama kalinya berkunjung ke Senyum World untuk mencari lokasi hotel ini.

Karena hotel ini satu kawasan dengan pusat rekreasi Jatim Park 3 maka jangan heran jika tempat parkir yang sangat besar di kawasan ini hampir selalu terisi penuh oleh mobil. Saya sendiri memilih tempat parir yang relatif dekat dengan hotel agar memudahkan jika satu saat nanti ingin mengambil barang-barang dari mobil.

Sesampainya di halaman hotel, sudah ada petugas yang menanyai kode booking hotel ke istri saya yang memang setiap kami bepergian selalu menjadi petugas admin dan bendahara. Hehehe.

Saya baru tahu dari istri saya, ternyata bangunan yang dijadikan hotel oleh pihak manajemen ada 2 macam yaitu di gedung utama hotel dimana dalam gedung ini semua kamarnya diatur dengan tema-tema dari berbagai negara dan satu lagi di gedung sampingnya (green building) yang ternyata jadi satu dengan apartemen. Karena kami menginap di saat tanggal merah (meskipun saat itu dapat promo dan membayar dengan harga weekday) maka pengunjung Senyum World sangat banyak sehingga tidak cukup jika hanya menggunakan gedung tematik saja. Kami beruntung bisa menginap di gedung tematik.

Setelah istri saya check in pada pukul 3 sore, maka petualangan kami menjelajahi hotelpun dimulai.   Petualangan ini diawali saat kami pertama kali membuka pintu lift di lantai 7 tempat kami menginap. Sosok harimau menyambut kami di depan pintu lift. Kaget ga? Kaget ga? Ya kagetlah!! Hahaha, tapi kami tertawa sendiri karena ternyata itu adalah harimau yang sudah diawetkan. Memasuki lorong menuju kamarpun saya dibuat kagum dengan berbagai aksesoris dari karpet lantai hingga pajangan di dinding yang kesemuanya bernuansa Afrika.

Masuk di dalam kamar, saya lagi-lagi merasa kagum dengan semua furnitur di dalam kamar yang terbuat dari bahan semacam kayu rotan yang berbau-bau Afrika, seperti yang sering kita lihat di film lawas The God Must Be Crazy. Tempat tidur yang kami tiduri juga dari kayu. Kursi yang terletak di depan meja rias juga terbuat dari kayu dan bagian atasnya dilapisi kulit macan tiruan, kemudian ada satu sofa panjang yang juga terbuat dari kayu.

Tidak puas sampai disitu, saya juga bisa menikmati pemandangan gunung yang indah di siang dan pagi hari dari dan pemandangan lampu-lampu malam yang indah dimalam hari dari balkon kamar saya. Jika saya malas keluar balkon, saya hanya perlu duduk di sofa yang terletak di dekat pintu balkon dan duduk di sofa sambil membuka tirai balkon yang terbuat dari kaca dan menikmatinya sambil menyeduh kopi atau teh.

Fasilitas yang Bikin Betah

Senyum World Hotel (gambar: agoda.com)

Satu hal yang bikin anak saya sangat betah berada di hotel ini dan ketika pulang minta kembali lagi adalah adanya fasilitas hotel yang berlimpah diantaranya adalah waterpark anak, permainan panjat tebing anak, permainan ninja warrior, lapangan golf mini untuk anak, mandi bola, dan perpustakaan  namun sayang saat kami berkunjung perpustakaan sedang tutup. Bagi anda yang dewasa juga tersedia berbagai fasilitas diantaranya gym, Jacuzi, steam, sauna, lapangan basket, lapangan futsal mini, meja bilyard, meja pingpong, dan kolam renang dewasa.

Dijamin deh, saat kalian menginap di Senyum World bakalan puas. Oh ya, saran saya, saat akan menginap di Senyum World, pilihlah pada weekday agar kalian bisa menikmati semua permainan yang ada tanpa perlu mengantri lama karena hotel ini cenderung penuh okupansinya saat weekend. Seperti yang telah saya duga, hotel yang dikelola oleh perusahaan yang sama dengan pengelola Batu Secret Zoo ini memang benar memuaskan.

Saran Untuk Hotel Senyum World

Seluruh bagian dari kamar tema Afrika ini menurut saya sangat menarik dan worthed the money. Namun bagi kalian yang muslim, mungkin agak kesulitan saat akan sholat karena tidak ada petunjuk arah kiblat di kamar ini. Tapi kalian bisa mencari petunjuk arah kiblat dengan menelepon resepsionis atau dengan mencarinya lewat aplikasi di ponsel kalian. Saya kurang tahu apakah hanya kamar saya yang tidak ada petunjuk arah kiblat atau semua kamar juga tidak ada karena saya beberapa kali menginap di hotel dan ada beberapa hotel yang menyediakan petunjuk arah kiblat di kamar dengan menempelkannya di langit-langit kamar.

Tentu menentukan arah kiblat bukan hal yang mudah dan tidak semua orang bisa melakukannya. Untungnya di jaman sekarang ini, meski tidak ada penunjuk arah kiblat yang terpampang, kamu bisa menggunakan aplikasi yang bisa menunjukkan arah kiblat di HP kamu. Sebagai contohnya adalah aplikasi Maqmur yang bisa menunjukkan arah kiblat dengan akurat.

Maqmur, Aplikasi Penentu Arah Kiblat

Selain mempunyai fungsi sebagai penentu arah kiblat, aplikasi Maqmur mempunyai fungsi utama sebagai aplikasi dengan jadwal sholat dan alquran digital. Dengan aplikasi ini buat kamu yang muslim sudah tidak perlu kuatir lagi pada saat melakukan travelling kebingungan dengan jadwal sholat di suatu tempat ataupun untuk menentukan arah kiblat di suatu tempat.

Anyway, melakukan perjalanan di suatu tempat, staycation di suatu tempat penginapan bertujuan untuk mencairkan segala kepenatan ataupun mengambil waktu berkumpul bersama keluarga. Jadi jangan sampai pada saat itu malah jadi ribet. Pergunakan berbagai tools dan aplikasi yang dapat membuat aktivitas kamu menjadi lebih nyaman.