Site icon arthanugraha.com

Mengatasi Warning Use of undefined constant REQUEST_URI Pada Saat Update WordPress

Biasanya di hari sabtu saya melakukan maintenance website dan aplikasi yang dipergunakan di kantor. Maintenance yang saya lakukan biasanya meliputi pemeriksaan traffict, lalu pengecekan halaman per halaman kemudian pengecekan platformnya. Nah kebetulan saya menggunakan wordpress untuk website profile tempat saya bekerja. Seperti biasanya akan ada beberapa update pada platform wordpress pada saat saya lakukan pengecekan. Kebetulan hari ini ada update plugin dan update wordpress ke versi 5.3. Untuk update plugin berjalan dengan lancar, namun tidak dengan update versi wordpress.

wola ada notif untuk update wordpress

Sebelumnya saya menggunakan wordpress pada versi 5.2.4. Untuk update sebetulnya tidak masalah, hanya saja sering ada konflik baik itu dengan plugin maupun dengan theme. Kebetulan saya memakai theme yang dibeli di themeforest. Nah untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, pertama kali yang dilakukan melakukan backup dulu terhadap aplikasi yang ada. Meski sebenarnya untuk turun versi juga mudah kok di wordpress. Cuma supaya gak ribet nantinya, ya sudah saya archieve aja lah yang lama.

Akhirnya dilakukan proses update. Ternyata setelah proses update selesai malah dapat alert warning Use of undefined constant REQUEST_URI bla… bla.. . Memang tidak mengganggu aplikasi secara keseluruhan, karena masih bisa ditampilkan. Hanya saja namanya warning yang message-nya keluar di halaman kan gak enak kalau dipandang.

tampilan di warning sisi admin
tampilan warning di website

Akhirnya berbekal ilmu dari sarjana “Google Search”, masukkan kata kunci “update wordpress 5.3 assumed ‘REQUEST_URI'” dan didapatlah problem serupa. Ini yang saya dapatkan dari halaman support wordpress https://wordpress.org/support/topic/problem-from-5-3-update/
ya meskipun lucu juga ya, orang ini tanya-tanya sendiri, eh dijawab sendiri, ya sutralah.

isi forumnya

Akhirnya saya coba solusi ini, dan menuju file function.php di folder theme wordpress pada line 73.

Awalnya pada line 73 seperti ini

$path = $_SERVER['HTTP_HOST'] . $_SERVER[REQUEST_URI];

terus dirubah jadi seperti ini

$path = $_SERVER['HTTP_HOST'] . $_SERVER['REQUEST_URI'];

Dan wolaaaaa, alert warningnya sudah menghilang. Jadi perbedaannya pada tanda petik yang ada pada REQUEST_URI. Pertama gak ada tanda petiknya dan jadi keluar warning. Waktu diberi tanda petik, alertnya hilang. Namun penjelasan kenapa harus diberi petik ini masih diexplore lagi. Nanti kalau ketemu aku update di tulisan ini.

Oke deh, semoga tulisan ini dapat berguna kalau kamu juga menghadapi alert warning Use of undefined constant REQUEST_URI waktu kamu update wordpress kamu.

Exit mobile version