NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Teknologi

Mengatasi Warning Use of undefined constant REQUEST_URI Pada Saat Update WordPress

1 Mins read
Use of undefined constant REQUEST_URI

Biasanya di hari sabtu saya melakukan maintenance website dan aplikasi yang dipergunakan di kantor. Maintenance yang saya lakukan biasanya meliputi pemeriksaan traffict, lalu pengecekan halaman per halaman kemudian pengecekan platformnya. Nah kebetulan saya menggunakan wordpress untuk website profile tempat saya bekerja. Seperti biasanya akan ada beberapa update pada platform wordpress pada saat saya lakukan pengecekan. Kebetulan hari ini ada update plugin dan update wordpress ke versi 5.3. Untuk update plugin berjalan dengan lancar, namun tidak dengan update versi wordpress.

Use of undefined constant REQUEST_URI
wola ada notif untuk update wordpress

Sebelumnya saya menggunakan wordpress pada versi 5.2.4. Untuk update sebetulnya tidak masalah, hanya saja sering ada konflik baik itu dengan plugin maupun dengan theme. Kebetulan saya memakai theme yang dibeli di themeforest. Nah untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, pertama kali yang dilakukan melakukan backup dulu terhadap aplikasi yang ada. Meski sebenarnya untuk turun versi juga mudah kok di wordpress. Cuma supaya gak ribet nantinya, ya sudah saya archieve aja lah yang lama.

Akhirnya dilakukan proses update. Ternyata setelah proses update selesai malah dapat alert warning Use of undefined constant REQUEST_URI bla… bla.. . Memang tidak mengganggu aplikasi secara keseluruhan, karena masih bisa ditampilkan. Hanya saja namanya warning yang message-nya keluar di halaman kan gak enak kalau dipandang.

Use of undefined constant REQUEST_URI
tampilan di warning sisi admin
Use of undefined constant REQUEST_URI
tampilan warning di website

Akhirnya berbekal ilmu dari sarjana “Google Search”, masukkan kata kunci “update wordpress 5.3 assumed ‘REQUEST_URI'” dan didapatlah problem serupa. Ini yang saya dapatkan dari halaman support wordpress https://wordpress.org/support/topic/problem-from-5-3-update/
ya meskipun lucu juga ya, orang ini tanya-tanya sendiri, eh dijawab sendiri, ya sutralah.

Use of undefined constant REQUEST_URI
isi forumnya

Akhirnya saya coba solusi ini, dan menuju file function.php di folder theme wordpress pada line 73.

Baca Juga   Memasang SSL HTTPS dari Cloudflare di Wordpress

Awalnya pada line 73 seperti ini

$path = $_SERVER['HTTP_HOST'] . $_SERVER[REQUEST_URI];

terus dirubah jadi seperti ini

$path = $_SERVER['HTTP_HOST'] . $_SERVER['REQUEST_URI'];

Dan wolaaaaa, alert warningnya sudah menghilang. Jadi perbedaannya pada tanda petik yang ada pada REQUEST_URI. Pertama gak ada tanda petiknya dan jadi keluar warning. Waktu diberi tanda petik, alertnya hilang. Namun penjelasan kenapa harus diberi petik ini masih diexplore lagi. Nanti kalau ketemu aku update di tulisan ini.

Oke deh, semoga tulisan ini dapat berguna kalau kamu juga menghadapi alert warning Use of undefined constant REQUEST_URI waktu kamu update wordpress kamu.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
BlogTulisan Lepas

5 Alasan Mengganti Tema Wordpress

2 Mins read
Alasan Mengganti Tema WordPress.Saya cukup lama memakai Content Management System (CMS) WordPress sebagai andalan untuk berbloging ria. Sebenarnya tidak hanya untuk blog…
Teknologi

Menggunakan Dua DataTable Pada Satu Halaman

1 Mins read
Kali ini saya sebagai programmer receh mau share tentang penggunaan dua data table pada satu halaman. Namanya programmer receh, selalu ada aja…
Teknologi

Merubah format time picker di adminLTE 2 sebelum di simpan di database (PHP)

1 Mins read
Beberapa aplikasi yang saya buat menggunakan adminLTE. Ini seperti admin template sejuta umat. Bahkan template yang profesional-pun banyak yang dikembangkan dari adminLTE….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.