NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Programming

Pengalaman Belajar Data Science di Bootcamp Hacktiv8

5 Mins read
pengalaman belajar data science

Belajar lagi? hmmm, itu aktivitas yang menyenangkan buat saya. Kali ini saya ingin menceritakan tentang pengalaman belajar data science di bootcamp Hacktiv8. Sebuah pembelajaran yang seru banget. Tulisan ini juga sekaligus review Hacktiv8.

Apa Itu Data Science?

Sebelum bercerita lebih jauh, yuk kita mengenal apa itu data science. Menurut blog Hacktiv8, data science adalah sebuah studi tentang pengolahan data mentah dan data yang tidak terstruktur yang diolah secara analitis sesuai kebutuhan bisnis dengan bantuan bahasa pemrograman. Kemampuan mengolah data ini membutuhkan kemampuan dasar matematika dan statistika.

Seperti agak sulit dicerna ya? Tenang aja, semua hal itu bisa dipelajari asal kita mau. Termasuk juga untuk belajar data science.

Mengapa Tertarik Belajar Data Science

Saya tertarik banget untuk belajar data science karena melihat bahwa saat ini, di tengah banyaknya arus data yang ada, sangat dibutuhkan untuk pengolahan data yang bisa dipresentasikan sesuai kebutuhan bisnis. Ditambah lagi untuk kebutuhan pengolahan data yang saya lakukan di dalam pekerjaan, saya merasa dengan data science ini maka pengolahan data menjadi lebih akurat dan dapat dianalisa menjadi lebih baik.

Dengan data science, kita bisa mengolah dan menganalisa data yang ada baik yang terstruktur maupun tidak terstruktur menjadi informasi yang mudah dibaca. Biasanya informasi tersebut akan ditampilkan dalam bentuk grafik sesuai dengan kebutuhannya.

Data dapat diperolah dari berbagai sumber, misalnya dari database yang ada. Bahkan kita juga bisa mengambil data dari tempat lain yang sebelumnya sudah disediakan dan mengolahnya menjadi satu informasi yang akurat. Tentunya kita tahu bahwa setiap data dari sumber yang berbeda tersebut mempunyai struktur data yang berbeda.

Nah tugas dari data scientist inilah yang akan mengolah data dari berbagai sumber tersebut untuk menjadi informasi dalam bentuk grafik yang sangat menarik.

Kesempatan Mengikuti Bootcamp Hacktiv8

Beruntung sekali saya mendapatkan kesempatan untuk belajar data science melalui bootcamp di Hacktiv8. Seru banget karena selain materi inti, yaitu pembelajaran data science, kita juga diajarkan untuk materi seru lainnya yang berguna sebagai pengembangan diri kita.

Baca Juga   Mengenal Konsep Passwordless Authentication

Apa itu Hacktiv8?

Sedari tadi saya informasikan tentang Hacktiv8, tapi saya yakin banyak yang belum tahu apa itu Hacktiv8. Hacktiv8 adalah lembaga pembelajaran khususnya untuk sekolah coding. Keunggulan belajar di Hacktiv8 adalah kurikulumnya yang sangat sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja. Tidak seperti belajar di perguruan tinggi yang lebih fokus pada materi-materi dasar, tetapi di Hacktiv8 kita bisa belajar coding yang praktis.

Hacktiv8 didukung oleh kurikulum terbaik yang selalu disesuaikan dengan kebutuhan dengan pengajar yang berpengalaman di dunia kerja. Metode pembelajarannya pun menurut saya sangat berbeda. Tidak hanya belajar dasar teori, tetapi juga belajar secara praktis.

di Hacktiv8 kita akan belajar dari mentor-mentor yang sudah berpengalaman dalam bahasa pemrograman. Jadi kita tidak belajar hanya dari materi secara teori juga, tetapi kita juga akan dibantu untuk menghadapi real case yang sesuai banget dengan yang dihadapi di dalam dunia kerja.

Coding Bootcamp terbaik
Hacktiv8 Coding Bootcamp Terbaik

Lulusan dari Hacktiv8 ini sudah banyak bekerja di berbagai perusahaan di Indonesia, terutama perusahaan-perusahaan startup yang ada saat ini.

Berbagai Pembelajaran di Hacktiv8

Ada beberapa materi pembelajaran di Hacktiv8 antara lain:

  1. Berbagai Kursus
    Tersedia berbagai kursus untuk belajar programming untuk pemula di Hacktiv8 seperti agile scrym, pemrograman android, digital marketing, fundamental UI/UX, Node JS, belajar pemrograman Python, kursus data science, kursus full stack developer dan masih banyak lagi. Dan semua kursus yang ada di Hacktiv8 ini memang materi yang dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Pastinya berbagai kursus yang ada ini akan sangat diperlukan, terutama buat kamu yang ingin fokus dalam mendalami materi tertentu. Selain itu, model kursus ini cocok buat kamu yang ingin belajar secara singkat, karena waktu yang diperlukan tidak terlalu panjang.

  2. Bootcamp
    Bootcamp Hacktiv8 adalah program intensif untuk belajar coding. Saat ini di Hacktiv8 terdapat 2 bootcamp, yaitu kelas belajar menjadi full stack developer dan kelas belajar menjadi data scientist. Kelas bootcamp ini cocok banget buat kamu yang ingin belajar menjadi seorang web developer ataupun menjadi data scientist.

    Di kelas belajar menjadi full stack developer, kamu bakalan belajar bahasa pemrograman Java Script yang saat ini sangat populer dipergunakan untuk membangun sebuah website. Dengan materi yang padat, kamu dijamin bisa menjadi web developer asalkan mengikuti setiap proses dan mau aktif untuk belajar.
    Kelas bootcamp lainnya adalah kelas data scientist. Nah ini kelas yang saya ikuti. di kelas bootcamp ini kamu bakalan belajar untuk menjadi seorang data scientist untuk mengolah data dengan bantuan bahasa pemrograman.

    Asal kamu tahu ya, bootcamp di Hacktiv8 ini adalah cooding bootcamp pertama dari Asia yang tergabung di Council on Integrity in Results Reporting (CIRR). CIRR ini adalah sebuah organisasi yang dibentuk oleh berbagai sekolah coding yang ada di dunia. Bisa dikatakan jikan Hacktiv8 ini adalah coding bootcamp terbaik yang ada di Indonesia saat ini.
Baca Juga   Belajar Bahasa Pemrograman Golang

Keseruan di Bootcamp Data Science Hacktiv8

bootcamp hacktiv8
Kelas Bootcamp Hacktiv8

Saya berkesempatan untuk mengikuti bootcamp kelas belajar menjadi data scientist di Hacktiv8. Kelas ini dirancang selama 3 hari ini yang dimulai di tanggal 20 Desember 2021 hingga 22 Desember 2021 dengan sangat menarik. Cukup padat memang materinya, tetapi pola pembelajarannya sangat menarik sehingga materi pembelajaran yang padat selama 3 hari menjadi menyenangkan.

Ada 2 kelas yang ditawarkan yaitu kelas fullstack developer dan kelas data science, tetapi begitu tahu ada kelas bootcamp data science, saya langsung memilih untuk mengikuti kelas ini. Karena saya merasa ini sesuai dengan yang saya butuhkan saat ini, yaitu bisa mengolah data dari berbagai sumber, kemudian melakukan analisa dan memaparkannya dalam bentuk visual.

Kurikulum Yang Sesuai Kebutuhan

kursus data science
Kursus Data Science

Sebelum memulai pembelajaran, kami, peserta bootcamp diberikan materi dan kurikulum yang akan kami jalani selama 3 hari. Kami juga diberikan pengenalan tentang Hacktiv8, bagaimana pola belajar selama bootcamp dan hal-hal apa yang perlu diperhatikan selama mengikuti bootcamp.

Ada beberapa materi yang diajarkan termasuk beberapa tools seperti Pandas yang merupakan tools untuk manipulasi data dengan basic programming Python. Kemudian kita juga belajar bagaimana melakukan visualisasi data yang telah kita olah. Di sisi lain kita juga belajar hal lain di luar programming. Seperti growth mindset dan untuk pengembangan karir.

Dalam kelas Bootcamp ini kita akan diperlengkapi materi yang dibagikan melalui kode.id yang merupakan platform pembelajaran dari Hacktiv8. Selain itu, kita juga menggunakan platform Discord untuk mendapatkan berbagai informasi dan berkomunikasi di dalam kelas bootcamp dengan pengajar dan peserta lainnya.

Belajar programming untuk pemula
Coding Bootcamp Terbaik

Untuk pembelajaran, kita juga memanfaatkan media Zoom untuk proses belajar mengajar. Proses pembelajaran dimulai dari pembelajaran untuk penggunaan tools seperti Github, google Colabs dan tools lainnya yang dipergunakan pada data science. Kita juga berkesempatan untuk melakukan live code, yaitu menunjukkan kode yang yang kita sudah coba untuk ditampilkan dan dibahas bersama-sama.

Tidak perlu takut kalau kamu belum mengetahui mengenai bahasa pemrograman, karena kamu akan belajar programming untuk pemula yaitu belajar pemrograman Python.

Baca Juga   Menggunakan Dua DataTable Pada Satu Halaman

Kesempatan Belajar Streamlit

Salah satu yang kita pelajari di dalam bootcamp ini adalah Streamlit yang merupakan framework dari python. Kegunaannya adalah agar kita membuat sebuah website dengan dasar machine learning, wah keren banget ya. Ini adalah salah satu cara ampuh untuk membuat visualisasi data dengan mudah dan cepat. Data kita bisa tampilkan dalam bentuk diagram yang mudah dibaca.

Bisa Menampilkan Informasi Yang DIbutuhkan

Supporting System di Hacktiv8

Interview Coaching

Proses pembelajarannya sangat interaktif. Kita mendapatkan tugas dan ada pula sesi interview dan presentasi dari tugas yang telah diberikan. Dari presentasi tersebut, kita akan mendapatkan ulasan dari coach kita yang akan membantu kita untuk bisa mempelajari lebih lanjut materi dari tugas yang kita kerjakan.

Buddy Yang Sangat Membantu

Dalam bootcamp ini, para peserta akan dibantu oleh buddy. Buddy inilah yang akan mendampingi peserta lebih intens selama proses belajar. Kita diberikan kesempatan untuk belajar langsung kepada buddy dan dengan pengalaman yang dimiliki oleh seorang buddy, maka dia dapat membantu kita untuk dapat mempelajari materi yang ada di dalam bootcamp.

Buddy ini juga akan membantu kamu untuk belajar programming untuk pemula terutama ketika belajar pemrograman Python.

Dibekali Dengan Softskill Untuk Siap Kerja

Selain materi dasar, kita juga diberikan softskill lainnya seperti cara menghadapi interview juga materi lain yang menarik seperti mengenai design thinking.

Career Opportunity

Di Hacktiv8, kita dapat berkesempatan untuk memperoleh peluang kerja sebagai seorang data science. Tentunya kesempatan ini diberikan kepada yang memenuhi kriteria.

Review Hacktiv8, Materi Kekinian Yang Benar-Benar Keren

Ini review Hacktiv8 dari saya. Jujur saja, menurut saya kelas bootcamp menjadi data scientist ini benar-benar keren. Banyak hal baru yang saya pelajari. Salah satunya adalah penggunaan google Colabs. Ternyata ada tools yang bisa kita gunakan untuk coding dan bisa dikerjakan bersama-sama.

Selain itu, materi tentang pemrograman Python yang menjadi dasar dalam kelas bootcamp ini juga menjadi hal yang cukup baru bagi saya. Memang sebelumnya saya pernah belajar dasar-dasar pemrograman Python, tetapi di kelas ini kita akan belajar lebih komprehensif lagi.

Jadi jelas jempolan kelas bootcamp menjadi data scientist dari Hacktiv8 ini.Buat kamu yang ingin mempelajari hal yang saat ini menjadi tren di dunia pengembangan IT seperti Kursus data science ataupun kursus full stack developer, kamu harus segera daftar ke Hacktiv8, kelas coding bootcamp terbaik di Indonesia.

1360 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Programming

Belajar Bahasa Pemrograman Golang

3 Mins read
Seiring dengan semakin masifnya kemajuan teknologi informasi, saat ini keahlian dalam menguasai bidang teknologi informasi menjadi sesuatu yang sedang banyak dicari. Salah…
Teknologi

Menggunakan Dua DataTable Pada Satu Halaman

1 Mins read
Kali ini saya sebagai programmer receh mau share tentang penggunaan dua data table pada satu halaman. Namanya programmer receh, selalu ada aja…
Teknologi

Merubah format time picker di adminLTE 2 sebelum di simpan di database (PHP)

1 Mins read
Beberapa aplikasi yang saya buat menggunakan adminLTE. Ini seperti admin template sejuta umat. Bahkan template yang profesional-pun banyak yang dikembangkan dari adminLTE….

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.