NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Programming

Belajar Bahasa Pemrograman Golang

3 Mins read
Belajar Bahasa Pemrograman Golang

Seiring dengan semakin masifnya kemajuan teknologi informasi, saat ini keahlian dalam menguasai bidang teknologi informasi menjadi sesuatu yang sedang banyak dicari. Salah satu keahlian teknologi informasi adalah menguasai bahasa pemrograman. Dengan bahasa pemrograman maka kita bisa membuat berbagai aplikasi untuk bisa menyelesaikan berbagai permasalahan. Salah satu bahasa pemrograman yang sedang naik daun adalah bahasa pemrograman Golang. Kali ini kita akan membahas tentang belajar bahasa pemrograman Golang. Akan diulas mengenai apa itu bahasa pemrograman Golang, penggunaan Golang, kelebihan dan kekurangan Golang dan bagaimana cara belajar bahasa pemrograman Golang.

Apa itu Bahasa Pemrograman Golang

Bahasa pemrograman Golang merupakan singkatan dari Go Language. Sebuah bahasa pemrograman yang dikembangkan pertama kali oleh tim developer di Google yaitu Ken Thompson, Robert Griesemer, dan Rob Pike pada tahun 2009.

Google adalah perusahaan pengembang teknologi informasi yang terus mengembangkan riset termasuk Golang. Bahasa pemrograman ini diyakini memiliki keunggulan dari sisi kecepatan, efisiensi, keandalan, dan skalabilitas.

Golang dibuat dari bahasa pemrograman C. Seperti biasanya, memang banyak bahasa pemrograman kekinian yang dibuat dari bahasa C. Saat ini Golang bersifat open source, artinya kita bisa ikut juga mengembangkan bahasa pemrograman ini dan ikut memperbaiki jika ada bug.

Dengan tim inti pengembang Golang dari Google membuat bahasa pemrograman dipercaya kehandalannya dan dengan mudah menjadi populer di kalangan programmer.

Penggunaan Bahasa Pemrograman Golang

Bahasa pemrograman Golang dapat digunakan untuk membuat berbagai program berbasis web, desktop dan sebagainya. Saat ini banyak startup yang menggunakan Golang sebagai salah satu bahasa pemrograman yang digunakan untuk membangun platform yang mereka miliki.

Baca Juga   Merubah format time picker di adminLTE 2 sebelum di simpan di database (PHP)

Sebut saja Dropbox, salah satu penyedia jasa penyimpanan yang saat ini telah menggunakan Golang untuk membangun platform mereka. Memang kebanyakan Golang dipakai sebagai bahasa pemrograman backend. Artinya bahasa pemrograman ini dibangun untuk aplikasi yang berjalan di belakang layar dan biasanya membutuhkan transaksi yang besar.

Di Indonesia sendiri kepopuleran bahasa pemrograman Golang semakin menanjak setelah dikaitkan dengan Gojek. Dari rumor diperoleh jika Gojek menggunakan Golang dalam mengembangkan platformnya. Rumor ini tidak dibantah oleh Gojek karena sebenarnya mereka juga menggunakan banyak bahasa pemrograman termasuk juga Golang.

Kelebihan Dan Kekurangan Golang

Dengan popularitas yang semakin menanjak, tentu seperti halnya bahasa pemrograman lainnya, Golang juga memilki kelebihan dan kekurangan. Beberapa kelebihan dan kekurangan Golang antara lain:

  • Kelebihan
    • Tim inti pengembang dari Google
    • Mampu menangani volume transaksi yang tinggi
    • Relatif mudah dipelajari
    • Komunitas pengguna yang semakin besar
    • Bersifat open source
  • Kekurangan
    • Versi saat ini masih belum stabil karena dalam proses pengembangan
    • Dukungan framework yang belum banyak

Belajar Bahasa Pemrograman Golang

Dengan popularitas yang terus menanjak membuat Golang semakin diminati. Tidak hanya oleh programmer senior tetapi juga para pemula yang baru belajar bahasa pemrograman. Ada beberapa cara agar bisa belajar bahasa pemrograman Golang, antara lain:

  • Belajar Secara Otodidak
    Banyak orang saat ini mampu belajar bahasa pemrograman Golang secara otodidak. Ini terutama bagi yang pernah belajar bahasa pemrograman lain sebelumnya. Bahasa permograman sebetulnya mempunyai konsep yang hampir sama. Hanya saja mungkin berbeda cara dan perintah saja. Namun buat para pemula yang ingin belajar Golang juga tidak perlu kuatir, karena juga bisa belajar Golang dengan mempelajari dokumentasi yang ada di website Golang serta dari referensi lainnya yang ada di internet.

  • Mengikuti Kursus Golang
    Cara belajar lainnya adalah dengan belajar di tempat kursus Golang. Keunggulan belajar di tempat kursus adalah proses pembelajaran yang sistematis karena sudah ada kurikulum serta adanya bimbingan dari pengajar.
Baca Juga   Pakai method isClean() Untuk Cek Ada Perubahan Pada Data yang Diupdate

Kalau kamu ingin belajar secara cepat, lebih baik kamu mengikuti kursus saja. Kamu bisa memilih tempat pelatihan IT terbaik seperti Course-Net yang sudah berpengalaman dalam memberikan pengajaran berbagai bahasa pemrograman. Selain itu Course-Net juga memiliki pengajar berpengalaman yang akan memberikan praktik yang memang sesuai dengan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Keunggulan lainnya adalah Course-Net juga mempunyai kelas pembelajaran secara online. Kamu bisa belajar bahasa pemrograman dari mana saja. Tidak hanya Golang kamu juga bisa bahasa pemrograman lainnya seperti belajar Javascript yang juga saat ini sedang populer. Buat kamu yang saat ini sedang kuliah IT, kursus di Course-Net juga akan memberikan pengetahuan tambahan yang lebih spesifik untuk menguasai bahasa pemrograman tertentu sehingga kamu akan lebih siap untuk masuk dunia kerja. Jadi tunggu apa lagi segera kunjungi websitenya untuk mendapatkan informasi lebih lanjut di https://www.course-net.com.

Artha Nugraha Jonar
1245 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Teknologi

Menggunakan Dua DataTable Pada Satu Halaman

1 Mins read
Kali ini saya sebagai programmer receh mau share tentang penggunaan dua data table pada satu halaman. Namanya programmer receh, selalu ada aja…
Teknologi

Merubah format time picker di adminLTE 2 sebelum di simpan di database (PHP)

1 Mins read
Beberapa aplikasi yang saya buat menggunakan adminLTE. Ini seperti admin template sejuta umat. Bahkan template yang profesional-pun banyak yang dikembangkan dari adminLTE….
Teknologi

Pakai method isClean() Untuk Cek Ada Perubahan Pada Data yang Diupdate

1 Mins read
method isClean() ini saya pakai pada saat melakukan pengecekan apakah data yang diparsing melalui request ada perubahan. Jika tidak ada perubahan, berarti…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.