NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Lifestyle

Hobi Memelihara Ikan Hias Terbaik di Masa Pandemi

3 Mins read
memelihara Ikan Hias Terbaik di masa pandemi

Salah satu hobi pada saat masa pandemi covid-19 ini yang sedang naik daun adalah memelihara ikan hias. Buat kamu yang sudah menjalani hobi ini, tentu sangat menyenangkan bisa memelihara ikan hias terbaik di masa pandemi. Namun buat kamu yang baru akan memulai memelihara ikan hias, yuk simak uraiannya sebelum memulai hobi ini.

jenis ikan hias

Ada berbagai macam ikan hias yang ditawarkan di pasaran. Mulai dari ikan hias yang yang berasal dari laut dan ikan hias yang hidup di air tawar. Masing-masing kita dapat memperolehnya dengan mudah. Para penjual memperolehnya dari berbagai sumber. Ada yang berasal dari pengembangbiakan ataupun yang diambil langsung dari alam.

Antara ikan hias air laut dan air tawar mempunyai karakteristik tersendiri baik dari sisi jenis ikannya juga cara merawatnya. Buat kamu yang baru saja akan memelihara ikan, coba simak ulasannya.

Ikan Hias Air Laut

Salah satu jenis ikan hias yang banyak dimiliki oleh penggemar ikan hias adalah memelihara ikan hias yang berasal dari laut. Beberapa karakteristik yang dimiliki antara lain:

  • Jenis Ikan Dengan Warna Lebih Terang
    Salah satu yang membuat menarik untuk memelihara ikan hias air laut adalah warna ikan yang lebih cerah daripada ikan di air tawar.

  • Variasi Jenis Ikan Yang Banyak
    Variasi ikan laut juga lebih banyak ragamnya. Mulai dari ukuran dan warnanya.

  • Dapat Ditambahkan Biota Laut Lainnya
    Yang menarik adalah kita bisa menambahkan biota laut lainnya seperti udang, bintang laut dan sebagainya.
Baca Juga   Mengatasi Rambut Rontok Dengan Hair Tonic

Saat ini kita bisa mendapatkan ikan hias air laut dengan mudah karena sudah banyak yang menjual. Ikan laut diperoleh baik dari hasil pengembangbiakan maupun dari hasil mencari di laut. Media yang digunakan untuk memelihara ikan hias air laut biasanya menggunakan akuarium.

Salah satu tantangan memelihara ikan hias air laut adalah pada saat merawatnya. Mulai dari air laut yang harus sering diganti berkala karena kadar garam yang bisa menjadi netral dan hal ini diikuti juga dengan penggantian ikan yang mengisi akuariumnya.

Namun tantangan tersebut akan terbayar dengan kepuasan melihat keindahan ikan hias air laut di akuarium.

Ikan Hias Air Tawar

Ikan hias air tawar adalah jenis ikan hias yang paling banyak dimiliki oleh penggemar ikan hias. Salah satu alasannya adalah kemudahan perawatan dan pengembangbiakan ikan air tawar. Sehingga banyak sekali penjual yang menawarkan ikan air tawar. Selain itu, media untuk memelihara ikan hias air tawar juga beragam. Kita bisa memeliharanya di akuarium, kolam, bahkan di pot kaca kecil sekalipun.

Ikan Predator Air Tawar

Selain memelihara ikan hias air tawar biasa, ada juga penghobi ikan hias yang gemar memelihara ikan predator air tawar. Salah satu yang diunggulkan adalah keunikan ikan yang dipelihara. Ikan predator adalah jenis ikan yang suka memangsa spesies lainnya baik itu jenis ikan ataupun binatang lainnya. Untuk spesies ini beberapa berasal dari Indonesia namun banyak juga jenis ikan predator dari luar negeri yang dipelihara oleh penggemarnya.

Aquascapes

Selain memelihara Ikan hias, saat ini ada hobi lain yang menyertai hobi memelihara ikan hias yaitu aquascapes. Aquascapes sendiri lebih menonjolkan keindahan taman air mini yang ada di akuarium. Kreatifitas pada saat menata taman sangat diperlukan. Sebagai pelengkap, biasanya akan ditambahkan ikan hias kecil. Saat ini aquascapes jenis air tawar lebih mendominasi daripada air laut.

Baca Juga   Tren Sepeda Di Indonesia

Harga Ikan Hias

Untuk harga ikan hias sendiri bervariasi. Tergantung dari mudah atau sulitnya ikan tersebut didapatkan. Jika bisa dikembangbiakkan, harga ikan hias akan relatif normal. Namun ada spesies tertentu yang memang harganya cukup tinggi, seperti misalnya ikan predator. Pada masa pandemi ini, harga ikan hias cenderung naik karena semakin banyak orang yang menjadi penggemar ikan hias untuk mengisi waktu luangnya.

Cara Memelihara Ikan Hias

Memelihara ikan hias sebetulnya tidak terlalu sulit. Asal tersedia cukup air dan oksigen dalam air. Oleh sebab itu ada beberapa kolam ataupun akuarium yang menggunakan gelembung ataupun arus. Selanjutnya sesuaikan kondisi media tempat memelihara dengan jenis ikan. Misalnya ada beberapa ikan yang suka melompat dari media, maka perlu diberikan penutup di atasnya.

Selanjutnya sesuaikan pakan ikan yang dipelihara. Saat ini sudah banyak penjual ikan yang juga menyediakan pakan ikannya.

Setelah membaca ulasan ini, apakah kamu tertarik untuk juga ikut memelihara ikan? Yuk segera pilih jenis ikan dan berangkat ke tempat penjual ikan ya!

Artha Nugraha Jonar
1228 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Lifestyle

Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Agar Pakaian Tetap Wangi Dan Tahan Lama

1 Mins read
Mencuci baju ternyata tidak hanya sekedar kucek atau mencemplungkannya ke dalam mesin cuci. Ada hal-hal yang harus diperhatikan, agar hasil cucian bersih…
Lifestyle

Inilah Kelebihan Berbelanja Kacamata di Optik Kekinian SATURDAYS

2 Mins read
Kamu penggila kacamata? Tidak hanya untuk kebutuhan sebagai bantuan untuk indera penglihatan saja, tetapi juga untuk pelengkap fashion? Jika memang iya, tentunya…
Lifestyle

8 Ide Foto Bareng Pasangan yang Romantis nan Seru, Cocok untuk Prewed!

2 Mins read
Selama menjalin hubungan kamu pasti punya banyak momen seru dan romantis bareng pasangan, kan? Nah, biar momen romantis kalian berdua gak terlupakan,…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.