NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
BlogTulisan Lepas

4 Alasan Tidak Rutin Update Konten di Blog

2 Mins read
4 Alasan Tidak Rutin Update Konten di Blog

Enaknya nulis apa ya? Itu biasanya yang ada di pikiran saya tiap hari. Kalau dihitung, sudah lebih dari 10 tahun berarti saya bisa dibilang aktif menulis di blog. Tapi ternyata, urusan yang kelihatan sepele karena tinggal menulis saja, ternyata tidak seperti itu kenyataannya. Nih buktinya ada 4 alasan tidak rutin update konten di blog.

Sampai saat ini saya masih menulis di blog. Tentu ada saja yang bikin males untuk nulis. Misalnya pengen nulis tapi gak punya ide, atau waktu pengen nulis, eh kok jadi ngantuk ya. Dulu saya pernah tuliskan tuh tentang apa sih susahnya menulis di blog. Tulisan agak lama sih, yang saya tulis di tahun 2012. Pada saat itu lebih ke kendala teknologi ya. Saya ingat banget, kalau mau menulis di blog lewat HP bisa dengan cara kirim tulisan kita lewat email. Ya bener lewat email, sampai sekarang masih ada tuh settingan untuk publish tulisan lewat email. Tapi rasanya sih kalau jaman sekarang, terutama WordPress ya, kita bisa dengan mudah membuka dashboard-nya dengan HP lewat browser-nya. Langsung deh bikin tulisan atau nge-draft dulu lewat HP. Kalau pakai HP Android, malah ada aplikasi untuk WordPress-nya langsung, jadi bisa model offline mode. Maksudnya, ketika gak ada koneksi internet, kita masih bisa bikin tulisan. Ini sering saya lakukan, membuat draft di waktu luang. Lumayanlah bisa jadi beberapa paragraf. Kalau mau tahu cara setting untuk posting WordPress lewat email, bisa intip panduannya di sini.

Untuk cara di media blog lain seperti Blogspot, Medium, Tumblr, dan sebagainya bisa teman-teman explore sendiri ya . Kalau saya sih yakin pasti bisa untuk posting lewat HP. Entah itu dengan aplikasi ataupun langsung di browser.

Kalau Begitu Kenapa Tidak Segera Menulis di Blog? Ini alasannya

Dari yang aku coba gali di beberapa teman blogger, meski sekarang teknologi semakin mempermudah untuk mengelola blog, ternyata teman-teman blogger juga banyak yang tidak melakukan update konten blognya secara teratur. Kalau aku kelompokkan ya, ini ada 4 Alasan Tidak Rutin Update Konten di Blog

1. Belum Dapat Ide

4 Alasan Tidak Rutin Update Konten di Blog
Gambar oleh Lukas Bieri dari Pixabay

Duhhh mau nulis kok ya gak ada ide. Padahal lagi mager berat. Sayang banget nih kalau gak nulis di blog. Teman blogger sering alamin ini? Wah kalau saya sering banget. Padahal sayang banget, udah waktu yang ada terbuang sia-sia, eh blog kita juga jadi gak ada konten yang update.

2. Males

4 Alasan Tidak Rutin Update Konten di Blog
Gambar oleh analogicus dari Pixabay

Hmmm, saya sering banget nih. Sudah ada ide mau nulis apa, bahkan sampai topik hingga riset dilakukan, termasuk riset keyword segala lho, lah kok jadi males ya. Moody banget ya.

3. Distraksi

4 Alasan Tidak Rutin Update Konten di Blog
Gambar oleh Robert Cheaib dari Pixabay

Eh bentar, coba lihat twitter dulu. Hmmm, intip Instagram dulu ahhhh. Nah ini sering juga blogger alami. Sudah diniati mau nulis, eh malah buka media sosial. Gagal-lah acara menulis blognya, diganti dengan scrolling di IG, hehehe.

4. Terpending Oleh Aktifitas Lain

alasan cuci piring
Gambar oleh Achim Thiemermann dari Pixabay

Kalau ini sih memang di luar keinginan kita ya. Misal tiba-tiba kita dimintai tolong untuk melakukan sesuatu, misal disuruh mencuci piring kotor, ahhh gak jadi deh update konten

4 alasan ini yang memang paling sering didapati di teman-teman blogger. Kalau saya, jujur keempatnya sering saya alami. Bagaimana teman-teman blogger lainnya, apakah alasannya sama dengan ini?

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.