NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Blog

Yuk Perbaiki Masalah Pada Update WordPress 5.5

5 Mins read
Masalah Pada Update Wordpress 5.5
Masalah Pada Update Wordpress 5.5

Sebel banget gara-gara tetiba beberapa fungsi yang tidak bisa dijalankan setelah melakukan update WordPress versi 5.5. Memang bener banget sih, memakai versi WordPress terakhir itu adalah hal yang wajib bagi blogger yang menggunakan WordPress sebagai platform blognya, apalagi jika dikaitkan dengan masalah keamanan. Tentu gak mau kan, tetiba blog kamu di hack orang? Nah ternyata ketika diupdate, timbul masalah pada update WordPress 5.5 ini, yaitu berkaitan dengan kompabilitasnya.

Masalah Yang Timbul Akibat Update WordPress 5.5

Sebelumnya, saya mau kasih tahu dulu kalau yang saya tulis ini adalah masalah yang timbul di blog saya ini saja ya. Beberapa masalah yang timbul antara lain:

1. Tidak berfungsinya beberapa modul di Editor

Salah Satu Modul Theme Yang Tidak Berfungsi
Salah Satu Modul Theme Yang Tidak Berfungsi

Nah ini masalah yang saya temui. Salah satunya adalah modul “suggested post” dari theme yang saya pakai. Jadi saya bisa kaitkan post satu dengan yang lain, nantinya akan keluar dalam bentuk pop-up. Nah tiba-tiba tidak berfungsi. Saya pikir sih waktu itu karena saya tidak update theme yang saya pakai. Sudah beberapa update sih dari theme yang saya pakai ini, hanya sering saya abaikan karena bersifat minor.

2. Tidak Bisa Membalas Komentar

Tidak Bisa Membalas Komentar
Tidak Bisa Membalas Komentar

Ini masalah yang sangat mengganggu saya, karena tiba-tiba saya tidak bisa membalas komentar. Saya hanya bisa menerima komentar yang masuk. Tentu jadinya kurang komunikatif gitu ya kalau ada komentar masuk tapi tidak ditanggapi.

Sejauh ini saya mendapatkan 2 hal ini yang berkaitan dengan masalah pada update WordPress 5.5. Bagi saya cukup mengganggu, terutama pada bagian komentar. Bagi Blogger, melakukan blogwalking dengan saling mengunjungi blog dan berkomentar di blog tersebut adalah hal yang biasa. Namun apa jadinya jika mengalami masalah ini? Saya hanya bisa menyetujui komentar yang masuk, tetapi saya tidak bisa menanggapinya. Kalau begini, jadi malas bikin konten blog nih! Eh bercanda aja kok, hehehe.

Baca Juga   4 Alasan Tidak Rutin Update Konten di Blog

Untuk masalah pada update WordPress 5.5, mungkin saja berbeda dengan blog yang kamu miliki. Misal di blog saya hanya terdapat masalah pada 2 hal ini saja, mungkin di tempat kamu bisa lebih. Jadi, kamu harus cek deh setelah update ke WordPress 5.5.

Penyebab Timbulnya Masalah Pada Update WordPress 5.5

Setelah saya biarkan kurang lebih 2 mingguan, akhirnya saya cukup jengah sebel (catatan: kesalahan penggunaan kata jengah. Arti jengah dari KBBI adalah malu. Thanks kak Retno untuk masukannya) juga nih dengan masalah yang menurut saya cukup mengganggu ini. Nah, dari awal saya sudah menduga pasti ada masalah di sisi kodingnya. Hanya saja saya masih belum bisa memastikan apa penyebabnya.

Ketika saya sudah punya waktu untuk melakukan investigasi, saya coba cek, pada kasus saya tidak bisa membalas komentar. Ketika saya klik teks balas yang mestinya memunculkan kotak editor untuk membalas, ternyata WordPress-nya tidak merespon.

Nah beruntung nih browser sekarang sudah canggih ya. Kita sebetulnya bisa melihat apa yang sebenarnya terjadi pada saat itu. Seharusnya kan kotak editor muncul ketika kata balas di klik. Saya menginvestigasinya dengan menggunakan fasiltas di Google Chrome yaitu console. Nah di console ini kita bisa melihat berbagai hal, kalau istilah programming-nya adalah event. Misal pada saat klik teks balas, seharusnya responnya tidak terjadi masalah.

Error Yang Keluar Di cek di Google Chrome
Error Yang Keluar Di cek di Google Chrome

Dari hasil investigasi ini, didapati jika, ketika teks balas diklik tidak merespon disebabkan karena ada kesalahan yang muncul. Nah ini sumbernya.

Bagi programmer, adanya informasi kesalahan ini sangat membantu. Prinsipnya adalah “No News is Good News“. Ketika ada kesalahan muncul, maka dengan mudah bisa ditelusuri. Ditelusuri ini bisa dalam banyak artian. Misal melakukan eksplorasi kesalahan kode dengan mengutak-atik kode. Namun sayangnya saya belum sampai level “engineer” seperti itu, hehehe.

Tapi jangan kuatir. Kamu tidak perlu harus jadi programmer yang handal untuk menyelesaikan masalah ini. Caranya cukup mudah sih, tinggal menyalin kode yang salah tersebut (yang warna merah) ke Google. Udah gitu aja sih. Oh ya, jangan lupa tentu ditambah dengan prefix “WordPress” karena kesalahan tersebut berada di lingkungan WordPress. Jika perlu, tambahkan juga versi dari WordPress biar tambah jitu solusinya.

Baca Juga   4 Alasan Tidak Rutin Update Konten di Blog

Mencari Solusi Permasalahan Update WordPress 5.5 Di Google

Setelah melakukan pencarian di Google, saya mendapatkan situs yang berkaitan dengan “Fixing WordPress” dan cocok dengan permasalahan di blog saya yang mendapat masalah pada update WordPress 5.5.

Konflik JQuery
Konflik JQuery

Dari situs tersebut jelas disebutkan jika permasalahannya adalah pada masalah kompatibilitas di JQuery. Aduh, apalagi ini ya?

Tentu bagi blogger yang tidak memahami bahasa pemrogramman web akan bingung, itu makanan apa ya, hehehe. Intinya sih JQuery ini adalah semacam modul yang akan membuat WordPress bisa memiliki modul seperti yang kita pakai saat ini, misalnya editor yang bisa auto save. Itu aja ya, kalau fungsi lainnya banyak banget. Intinya, JQuery adalah modul utama yang digunakan oleh WordPress.

Nah tampaknya, ketika WordPress 5.5 diupdate, dia juga melakukan update pada pada JQuery. Jadi ceritanya WordPress 5.5 sudah menggunakan JQuery yang terbaru, sementara blog kamu masih pakai JQuery versi lama.

Mengapa Timbul Masalah Konflik JQuery Ketika WordPress Diupdate

Ini disebabkan karena selain dipakai oleh WordPress, JQuery ini juga dipakai oleh plugin dan theme kamu. Pada WordPress 5.5, terdapat modul yang namanya “jquery-migrate“, inilah sumber masalahnya. Modul ini akan memaksa semua modul yang memakai JQuery harus update ke versi lebih tinggi, padahal plugin atau theme yang kamu pakai belum mendukung JQuery yang terbaru. Kalau dipaksakan, maka terjadilah ketidak kompabilitas-an yang ditandai dengan tidak berfungsinya modul itu, misal pada masalah modul komentar di blog saya itu.

Karena ini terjadi pada modul yang tidak kompatibel saja dengan JQuery terbaru, maka masalah pada update WordPress 5.5 ini bisa terjadi di blog kamu, namun bisa juga tidak. Masalah yang timbul juga bisa menjadi berbeda antara blog yang satu dengan yang lain.

Mengatasi Masalah Kompatibilitas JQuery di Update WordPress 5.5

Nah beruntung di situs yang saya baca itu sudah diberikan solusinya. Wah baik banget ya yang nulis, hehehe. Solusinya adalah dengan menon-aktifkan modul “jquery-migrate” tersebut.

Bagaimana Caranya ya?

Nah beruntunglah bagi blogger yang memakai WordPress sebagai platform blog, ini juga menjadi salah satu alasan kenapa saya memakai WordPress. WordPress adalah platform blog terbesar yang bersifat open-source, atau kodenya terbuka. Sehingga, ketika terjadi permasalahan seperti ini, banyak pengembang yang dengan sukarela membantu untuk menyelesaikannya.

Baca Juga   4 Alasan Tidak Rutin Update Konten di Blog

Di situs yang saya baca tersebut, menyampaikan solusi untuk menon-aktifkan modul “jquery-migrate” dengan menggunakan plugin yang sudah tersedia yaitu yang namanya Enable jQuery Migrate Helper.

Plugin Enable JQuery Migrate Helper Mengatasi masalah pada update WordPress 5.5
Plugin Enable JQuery Migrate Helper

Plugin ini akan berfungsi untuk menon-aktifkan “Jquery-migrate“. Ketika modul ini dinon-aktifkan, maka semua modul baik itu plugin maupun theme ataupun modul lainnya yang menggunakan JQuery tidak akan serta merta update menggunakan versi terbaru, tetapi masih bisa memakai versi di bawahnya yang kompatibel dengan modul tersebut.

Masalah Pada Update WordPress 5.5 Teratasi Dengan Plugin Enable jQuery Migrate Helper

Penasaran kan dengan hasilnya?

Setelah download plugin (bisa kan caranya?), kemudian aktifkan plugin maka plugin ini segera bekerja. Begitu diaktifkan, langsung saja tampak informasi peringatan modul apa saja yang saat ini tidak kompatibel dengan JQuery versi terbaru.

Abaikan Saja Notifikasi Ini
Abaikan Saja Notifikasi Ini

Namun tidak perlu bingung dengan peringatan tersebut. Kamu bisa abaikan saja, karena justru plugin ini malah membuat blog kamu kembali normal seperti sebelum melakukan update WordPress 5.5.

Sebagai contohnya pada kasus modul komentar saya yang tidak bisa membalas komentar yang ada. Setelah plugin ini diaktifkan, langsung saja saya bisa membalas komentar dengan ditandai respon keluar kotak tempat mengetikkan komentar balasan ketika saya klik teks “balas“.

Modul Komentar Dapat Berfungsi Kembali. masalah pada update WordPress 5.5 teratasi.
Modul Komentar Dapat Berfungsi Kembali

Begitu juga masalah pada modul lainnya yang sebelumnya tidak dapat digunakan, saat ini sudah bisa digunakan.

Catatan Penggunaan Plugin Enable jQuery Migrate Helper

Namun ada catatan penting dari penggunaan plugin ini. Seperti yang sudah dilihat, bahwa plugin ini membantu mengatasi masalah pada update WordPress 5.5. Namun perlu diperhatikan, seperti yang disampaikan dalam keterangan di plugin ini, bahwa solusi yang diberikan oleh plugin Enable jQuery Migrate Helper hanya bersifat sementara.

Plugin Ini Hanya Menjadi Solusi Sementara
Plugin Ini Hanya Menjadi Solusi Sementara

Tetap saja diperlukan dukungan semua modul kepada penggunaan versi JQuery yang terbaru. Artinya, sembari menunggu pengembang plugin ataupun theme yang kamu pakai berhasil mengatasi masalah kompatibilitas ini, maka kamu masih bisa menggunakan plugin ini untuk mengatasi masalah update WordPress 5.5.

Jadi bolanya sih memang di tangan pengembang. Kita sebagai blogger harus bisa selektif dalam memilih plugin maupun theme yang bisa mendukung penggunaan WordPress yang terbaru.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
BlogTulisan Lepas

4 Alasan Tidak Rutin Update Konten di Blog

2 Mins read
Enaknya nulis apa ya? Itu biasanya yang ada di pikiran saya tiap hari. Kalau dihitung, sudah lebih dari 10 tahun berarti saya…

37 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.