NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Bisnis

5 Tips Untuk Membangun Strategi Bisnis Yang Tepat

2 Mins read
strategi bisnis
Membangun Strategi Bisnis Yang Tepat

Saatnya membangun strategi bisnis dengan tepat. Ketika akan membangun sebuah bisnis, banyak hal yang harus dipersiapkan. Jangan sampai berbisnis karena modal nekat semata. Perlu membangun strategi, agar bisnis dapat terarah sesuai target dan tujuannya.

Arahan Strategi Yang Tepat

Dari situs wikipedia didefiniskan bahwa Strategi merupakan pendekatan yang berkaitan dengan implementasi dari gagasan, perencanaan sebuah aktivitas dalam kurun waktu tertentu.

Ketika membangun sebuah bisnis, maka pemilik bisnis tersebut sebenarnya akan berkutat pada rencana masa depan dari bisnis yang dikelolanya. Dan kita tahu, bahwa saat ini masa depan akan menjadi semakin menantang untuk dihadapi. Tentu hal ini akan membuat banyak pemilik bisnis bertanya-tanya, bagaimana cara mengembangkan strategi untuk pertumbuhan bisnis mereka di masa mendatang.

Oleh sebab itu, seorang pebisnis akan membutuhkan sebuah arahan strategi yang tepat yang akan membantu mereka untuk dapat menetapkan tujuan yang realistis di masa mendatang.

Tips Membangun Strategi Bisnis

Pada masa yang penuh ketidakpastian yang dihadapi saat ini, maka diperlukan sebuah strategi yang tepat. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membangun strategi bisnis dalam menghadapi masa depan, antara lain:

  1. Selalu Fokus Pada Apa Yang Harus Dilakukan
    Berbagai kebijakan termasuk di dalamnya adalah aturan dan regulasi sangat membantu bagi seorang pebisnis untuk mengetahui apa saja yang dapat dilakukan ataupun tidak boleh di lakukan ketika menjalankan bisnis. Yang perlu seorang pebisnis lakukan adalah memastikan untuk fokus pada apa yang harus dilakukan. Misalnya jika Anda memiliki pemikiran yang kreatif tentang bagaimana bisnis Anda seharusnya dijalankan, tetapi ternyata hal tersebut bertentangan dengan aturan dan regulasi yang ada.
    Untuk itu, Anda dapat menjalankan strategi dengan memulai membuat daftar mengenai hal-hal yang memungkinkan untuk dilakukan. Misalnya saja mencoba mengalihkan bisnis ke media online, ataupun melakukan riset untuk masuk ke market baru, dan juga Anda bisa melakukan evaluasi terhadap strategi marketing yang selama ini telah berjalan.

  2. Memastikan Waktu Yang Tepat Untuk Peluncuran Produk
    Jika saat ini Anda sedang mengembangkan suatu produk baru, pertimbangkan waktu yang tepat untuk melakukan peluncuran produk baru tersebut. Perbanyak faktor yang dapat dipergunakan untuk menentukan waktu yang tepat untuk peluncuran produk baru tersebut. Dengan demikian, Anda dapat terbantu untuk membuat keputusan bisnis strategi yang tepat

  3. Penyediaan Sumber Daya Untuk Pelanggan
    Fokuskan strategi hanya untuk kepuasan pelanggan. Lakukan sebisa mungkin memberikan nilai tambah untuk produk atau jasa yang diberikan kepada pelanggan.

  4. Sediakan Waktu Untuk Melakukan Perbaikan
    Ini saatnya untuk melakukan perubahan. Terapkan strategi dengan implementasi bisnis digital. Persiapkan bisnis Anda untuk dapat terkoneksi dengan pelanggan dan pastikan pelanggan bisa mendapatkan pengalaman mendapatkan layanan digital.

  5. Siapkan Implementasi Rencana Lebih Dari Satu
    Untuk menghadapi ketidakpastian ketika menjalankan, miliki beberapa beberapa rencana cadangan dalam strategi Anda. Sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan pivot dari rencana strategi yang satu ke rencana strategi yang lain.
Baca Juga   Value adalah start Awal dari sebuah bisnis
Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Bisnis

P2P Lending Sebagai Pilihan Untuk Mendapatkan Modal Bisnis

2 Mins read
Kebutuhan akan permodalan terkadang menjadi suatu halangan ketika ada keinginan untuk mengembangkan bisnis, hal ini terutama pada bisnis yang baru mulai berkembang…
Bisnis

4 Peluang Bisnis Online Yang Menjanjikan

2 Mins read
Perkembangan dunia bisnis online saat ini sudah mencapai pada tahap yang hampir menyeluruh di masyarakat, perubahan sistem bisnis dari offline ke online…
Bisnis

Saat Yang Tepat Untuk Memulai Bisnis Online

2 Mins read
Barusan saya berdiskusi dengan kawan saya di grup whatsapp. Beberapa kawan mengeluhkan tentang kondisi saat ini di masa pandemi Covid-19. Dengan adanya…

22 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
Bisnis

P2P Lending Sebagai Pilihan Untuk Mendapatkan Modal Bisnis