NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Properti

5 Kesalahan yang Harus Dihindari saat Menyewa Kantor

3 Mins read
menyewa kantor

Apakah saat ini Anda sedang membutuhkan bangunan yang bisa disewa sebagai kantor? Jika iya, maka Anda bisa mempertimbangkan sewa kantor Slipi karena ada banyak lokasi bangunan yang memenuhi kriteria perkantoran. Tentunya Anda harus menyesuaikan pilihan bangunannya dengan kebutuhan. 

Anda juga bisa menemukan lokasi kantor yang menarik di APL Tower. Lokasinya cukup strategis dan memiliki kualitas bangunan yang baik. Tempat ini juga sudah menjadi langganan bagi perusahaan-perusahaan yang baru merintis dan membutuhkan lokasi kantor yang memadai. 

Kesalahan Menyewa Kantor

Dalam proses pencarian bangunan untuk disewa menjadi kantor, memang Anda harus benar-benar teliti. Pastikan untuk tidak melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat Anda malah menyewa bangunan yang tidak layak. Berikut adalah 5 kesalahan yang sebaiknya Anda hindari saat ingin menyewa kantor:

  1. Tergoda Penawaran Murah
    Kesalahan pertama, banyak orang yang tergoda dengan penawaran murah. Begitu mendapatkan penawaran sewa bangunan untuk kantor yang harganya murah langsung saja diambil. Padahal tidak tahu seperti apa spesifikasi kantornya, apa saja fasilitas yang disediakan, bahkan tidak tahu apakah bangunan tersebut sudah memenuhi syarat arsitektur atau belum. 

    Sebenarnya masalah harga ini memang cukup sensitif. Banyak orang mudah tergoda jika mendapat tawaran harga sewa bangunan yang murah. Ini adalah hal yang sangat lumrah terjadi. Namun, jangan sampai Anda melakukan kesalahan tersebut dan pada akhirnya malah kecewa dengan pilihan bangunan yang didapatkan.

  1. Tidak Memperhatikan Lokasi
    Banyak juga yang salah menyewa bangunan karena tidak memperhatikan lokasi terlebih dahulu. Padahal lokasi bangunan ini sangat penting untuk dijadikan pertimbangan sebelum Anda menyewa kantor. Lokasi menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan karena ini berpengaruh pada kemudahan akses baik bagi klien maupun tim yang bekerja. 

    Lebih disarankan untuk langsung melihat lokasinya terlebih dahulu. Survey lokasi sangat dibutuhkan supaya Anda tahu apakah lokasi bangunan tersebut cukup strategis atau tidak. Jika Anda menyewa bangunan di tempat atau area perkantoran, maka kemungkinan besar memang lokasinya cukup strategis dan potensial. Jadi layak untuk disewa dan difungsikan sebagai kantor. 

    Jangan mudah tergoda dengan deskripsi atau keterangan lokasi. Lebih baik langsung saja lakukan survey ke lokasi bangunan yang akan disewa. Jadi bisa langsung menilai apakah lokasi tersebut bagus atau tidak. Biasanya deskripsi atau keterangan lokasi berbeda dengan kondisi yang sesungguhnya. Itulah mengapa penting sekali untuk melakukan peninjauan langsung.

  1. Mengabaikan Kapasitas Bangunan
    Kesalahan lainnya yang juga sering terjadi saat memilih bangunan untuk disewa sebagai kantor adalah mengabaikan kapasitas bangunan itu sendiri. Padahal ini menjadi salah satu faktor yang penting untuk dipertimbangkan. Anda harus tahu bahwa kapasitas bangunan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Jika tidak sesuai kebutuhan maka bangunan kantor tidak bisa berfungsi sesuai ekspektasi. 

    Kapasitas bangunan ini memang berbeda-beda. Biasanya bisa dilihat dari besar bangunan dan jumlah lantainya. Per lantai juga harus dilihat dulu berapa kapasitasnya. Pastikan memang cukup memadai untuk kebutuhan aktivitas kantor Anda. Jangan terlalu besar, tapi juga tidak boleh terlalu kecil. 

    Banyak kasus dimana perusahaan tidak menyewa kantor yang kapasitasnya sesuai. Kapasitasnya terlalu kecil sehingga semua tim tidak bisa bekerja dengan nyaman. Bahkan banyak juga yang tidak memperhitungkan kenyamanan klien saat berkunjung ke kantor. Ini adalah kesalahan fatal yang bisa merugikan perusahaan.

  1. Tidak Memperhatikan Detail
    Banyak yang tidak memperhatikan detail saat akan menyewa bangunan kantor. Ini juga jadi kesalahan klise yang akibatnya cukup fatal. Pastikan untuk lebih teliti lagi dalam melihat detail informasi bangunan. Perhatikan seperti apa struktur bangunannya, berapa jumlah ruangan yang tersedia, fasilitas apa saja yang dimiliki, dan masih banyak lagi. 

    Semua faktor ini penting untuk diperhatikan. Setiap detailnya tidak boleh Anda lewatkan apalagi biaya sewa bangunan tersebut tidak bisa dibilang murah. Jangan sampai Anda merasa kecewa setelah membayar biaya sewa karena tidak mendapatkan fasilitas sesuai kebutuhan. Ini sebenarnya bukan kesalahan dari pihak pengelola bangunan namun Anda sebagai penyewa yang kurang cermat. 

    Jika perlu Anda juga bisa mengecek dokumen bangunan tersebut. Periksa baik-baik apakah detail bangunan itu sudah sesuai kebutuhan atau belum. Anda bisa meminta bantuan ahlinya untuk menilai apakah bangunan ini sesuai kriteria untuk kantor atau tidak.

  1. Tidak Memperhitungkan Bujet
    Ini dia salah satu kesalahan yang juga sangat sering dilakukan oleh penyewa bangunan. Tidak memperhitungkan bujet atau anggaran terlebih dahulu. Padahal ini adalah hal penting yang harus diperhitungkan jika Anda ingin menyewa kantor. Anda tentu membutuhkan biaya agar bisa menyewa kantor yang layak. Namun jumlah biaya ini tidak bisa asal-asalan karena harus ada anggarannya. 

    Coba cek kembali berapa anggaran atau bujet yang bisa Anda keluarkan untuk menyewa kantor. Perhitungkan baik-baik apakah biaya sewa sudah sesuai dengan bujet atau belum. Jika belum, maka Anda harus mencari referensi bangunan yang lain supaya bisa mendapatkan harga sewa yang sesuai.

    Dalam perhitungan biaya ini, Anda juga harus mempertimbangkan kondisi lengkap bangunan. Pastikan biaya sewa sebanding atau sesuai dengan fasilitas bangunan yang tersedia. Anda sebaiknya melakukan survei ke beberapa tempat supaya bisa tahu berapa rata-rata biaya sewa kantor saat ini. Bandingkan dan lihat apakah biaya yang ditawarkan tadi sudah tepat atau belum. 

    Pastikan untuk menghindari kesalahan-kesalahan tadi agar bisa mendapatkan lokasi kantor terbaik. Carilah bangunan yang benar-benar bagus dan layak digunakan sebagai kantor. Luangkan waktu agar Anda bisa melakukan penilaian secara perlahan tidak perlu terburu-buru.
Baca Juga   Punya rumah di usia muda? Kenapa tidak?
1395 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan home furnishing. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Properti

Cara Pengajuan Kredit Renovasi Rumah Beserta Syaratnya

2 Mins read
Ingin memperbaiki rumah namun pendanaan belum cukup? Kredit renovasi rumah bisa menjadi solusinya. Sama halnya dengan kredit jenis lainnya, ada beberapa syarat…
Properti

7 Rekomendasi Perumahan di Tangerang Selatan

2 Mins read
Perumahan murah di Tangerang Selatan sudah banyak dijumpai. Wilayah tersebut juga menjadi pilihan banyak orang sebagai tempat hunian. Selain lokasinya strategis, daerah…
Properti

Punya rumah di usia muda? Kenapa tidak?

4 Mins read
Banyaknya prediksi dari para pakar yang memperkirakan kesulitan millennial untuk membeli rumah di masa depan sebenarnya bisa dipandang dari dua sisi yang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.