NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Olahraga

7 Jenis Olahraga di Rumah yang Bisa Kamu Lakukan dengan Mudah

2 Mins read
olahraga di rumah
Olahraga di Rumah (freepik.com)

Olahraga secara teratur dapat menjaga kesehatan tubuh. Namun pekerjaan yang menumpuk dan jadwal padat terkadang menjadi halangan bagi beberapa orang untuk menyempatkan waktu berolahraga. Tak perlu khawatir, karena sekarang terdapat banyak jenis olahraga di rumah yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Olahraga yang dapat dilakukan di rumah adalah olahraga ringan. Jenis olahraga ini bisa dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja. Olahraga ini juga tidak menghabiskan banyak waktu, sehingga pekerjaan rumah tetap bisa diselesaikan.

7 Jenis Olahraga yang Mudah Dilakukan di Rumah

Jadwal yang padat bukanlah alasan bagi kamu untuk tidak berolahraga. Setidaknya cobalah untuk bergerak atau beraktivitas agar tubuh lebih sehat dan tidak lemas. Adapun berikut ini merupakan 7 jenis olahraga ringan yang mudah dilakukan di rumah, di antaranya yaitu:

  1. Push Up
    Pasti kamu tidak asing lagi kan dengan olahraga push up? Olahraga ringan yang satu ini mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. Manfaat gerakan push-up yaitu untuk membuat otot bisep atau trisep menjadi lebih kuat. Selain dilakukan di arena lapangan olahraga, push up juga bisa dilakukan di rumah menggunakan lantai atau matras khusus olahraga agar lebih santai namun tetap efisien.

  2. Squat
    Jenis olahraga yang mudah dilakukan di rumah selanjutnya yaitu squat. Olahraga yang satu ini memiliki manfaat untuk menguatkan bagian otot paha dan kaki. Jika olahraga ini dilakukan secara rutin, maka tubuhmu akan menjadi lebih sehat dan kuat.

  3. Sit Up
    Jika kamu ingin memiliki perut yang lebih rata atau dikenal dengan istilah sixpack, kamu bisa melakukan gerakan sit up. Olahraga ringan yang satu ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar. Agar lebih maksimal, kamu bisa meminta bantuan orang lain untuk melakukan sit up. Karena gerakan ini akan lebih mudah dilakukan, jika ada orang lain yang membantu menahan ujung kakimu. Lakukan olahraga ini setiap hari secara rutin agar hasilnya maksimal.

  4. Lompat Tali
    Olahraga di rumah yang bisa kamu lakukan selanjutnya yaitu lompat tali atau yang dikenal dengan skipping. Namun, olahraga ini membutuhkan alat khusus yaitu tali untuk melompat. Olahraga ini sangat mudah dilakukan, yaitu kamu hanya perlu melompat dalam kurun waktu tertentu.

    Meskipun gerakannya sederhana, tetapi olahraga ini memiliki manfaat yaitu untuk menurunkan berat badan, membuat badan lebih tinggi dan membakar lemak dalam tubuh. Agar hasilnya optimal, kamu dapat melakukan olahraga ini secara rutin dalam jangka waktu 30 menit.

  5. Jumping Jacks
    Gerakan olahraga di rumah satu ini hampir sama dengan lompat tali yaitu melompat secara berulang. Jumping jacks merupakan olahraga kardio yang bermanfaat untuk meningkatkan detak jantung serta melancarkan aliran darah. Adapun caranya yaitu melompat dengan kedua kaki terbuka-tertutup, serta tangan diayunkan ke atas kepala, lakukan secara berulang.

  6. Plank
    Plank merupakan olahraga yang sangat mudah, tidak memiliki banyak gerakan dan bisa dilakukan di rumah. Caranya yaitu tubuh tengkurap atau menghadap lantai maupun matras, kedua siku dijadikan tumpuan lalu posisikan tubuh dengan kaki menjadi tegak lurus. Angkat tubuh sejajar dengan posisi bahu di atas tumpuan tangan. Tahan posisi ini selama 60 detik. Meskipun caranya sederhana, namun jika dilakukan secara rutin olahraga ini dapat membentuk perut lebih rata serta membuat tubuh menjadi lebih sehat.

  7. Angkat Beban
    Untuk melakukan olahraga angkat beban, kamu tidak perlu pergi ke gym menggunakan dubble atau barbel, karena kamu bisa melakukan gerakan ini di rumah. Jika kamu tidak memiliki dubble atau barbel, kamu bisa menggantinya dengan peralatan yang ada di rumah seperti timba berisi air dan lainnya.

Itulah 7 jenis olahraga di rumah yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Apakah kamu tertarik dan berencana untuk segera olahraga di rumah? Kalau begitu, kamu membutuhkan pakaian olahraga yang tepat. Untuk menemukan pakaian olahraga pria yang berkualitas, segera kunjungi Shopee! Hari ini, sedang berlangsung promo 11.11 Men Day dalam Shopee 11.11 Big Sale yang menghadirkan aneka penawaran menarik untuk produk-produk pria berkualitas!

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.