NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Bisnis

Membanggakan, Inilah 8 Brand Lokal Indonesia yang Mendunia

2 Mins read
Brand Lokal Indonesia yang Mendunia

Tidak kalah dari negara-negara lainnya, berbagai produk brand lokal yang mendunia asal Indonesia juga cukup digemari di pasar internasional. Jenis produknya juga cukup beragam mulai dari makanan, fesyen, barang elektronik hingga obat herbal. Hal tersebut tentu saja menjadi kebanggaan seluruh masyarakat kita karena memiliki produk lokal yang sangat disukai di luar negeri. Nah, penasaran apa saja merek atau brand lokal Indonesia yang berhasil meraih popularitas di pasar dunia?

Produk Brand Lokal yang Mendunia Asal Indonesia

Kamu mungkin sudah sering menggunakan brand-brand lokal tersebut tapi berpikir bahwa itu adalah produk luar negeri karena mayoritas menggunakan bahasa Inggris. Mau tahu brand atau merek lokal apa saja yang mendunia? Inilah beberapa diantaranya.

  1. Indomie
    Siapa yang tidak kenal merek mie instan yang satu ini. Ya, Indomie produksi PT. Indofood bahkan baru-baru ini masuk sebagai salah satu dari 10 mie instan terenak di dunia. Pemasaran Indomie sudah mencapai 80 lebih negara diantara yaitu Amerika Serikat, Australia, Hongkong, Arab Saudi, Mesir, Turki, Nigeria dan Serbia. Bukan hanya produknya saja tapi pabriknya juga tersebar di beberapa negara.

  2. Equil
    Equil adalah merek air mineral yang berkesan eksklusif dengan kemasan botol kaca berwarna hijau. Airnya berasal dari kaki Gunung Salak, Jawa Barat dan sudah dipasarkan ke luar negeri seperti Hongkong, Australia dan Singapura serta beberapa negara yang ada di Benua Eropa. Diproduksi sejak tahun 1998 di Sukabumi tepatnya di Villa D’Equilbrium dengan menggunakan botol kaca untuk menjamin kesegaran airnya.

  3. Silverqueen
    Merek coklat ini sudah sangat lama populer di kehidupan masyarakat Indonesia. Ternyata nama ini bukan hanya terkenal di dalam negeri saja tapi juga di luar negeri. Silverqueen 100% merupakan produk asli Garut dan telah mampu membuktikan diri bersaing dengan merk coklat dunia lainnya seperti Ferrero Rocher ataupun Kitkat.

  4. J.Co dan Bread Talk
    Pastinya masih banyak orang yang mengira J.Co adalah donat buatan luar negeri padahal brand lokal milik grup usaha Johnny Andrean, hair stylist ternama di Indonesia. Sama dengan “saudaranya” yaitu Breadtalk yang seringkali dianggap sebagai produk dari Singapura. Kedua merek tersebut sangat mudah ditemukan gerainya di pusat perbelanjaan.  J.Co dan Bread Talk sebagai produk lokal telah dipasarkan di beberapa negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Filipina. Arab Saudi dan Tiongkok.

  5. The Executive
    Bukan hanya produk makanan dan minuman saja yang terkenal di luar negeri tetapi juga fesyen. Salah satunya adalah The Executive yang dulunya bernama Executive 99. Sebagai brand yang fokus pada fesyen baju formal, The Executive sangat digemari oleh para eksekutif dan orang kantoran. The Executive adalah usaha milik PT. Delami Garment Industries di Bandung yang telah memasarkan produknya di negara-negara Asia seperti Malaysia.

  6. Essenza
    Tagline “no tile like it” sangat terkenal pada masanya. Ya, iklan dari produk keramik merk Essenza tersebut memang cukup menarik perhatian. Essenza adalah produk keramik asal Indonesia yaitu PT. Intikeramik Alamasri Industri, Tbk yang telah dikenal di pasar Amerika Serikat, Afrika, Timur Tengah dan Eropa.

  7. Polytron
    Polytron adalah merek elektronik terutama televisi dari perusahaan grup PT. Djarum yang ada di Kudus, Jawa Tengah. Produk Polytron antara lain TV, kulkas, mesin cuci, AC bahkan Smartphone. Polytron telah dipasarkan di beberapa negara Asia lainnya seperti Myanmar, Thailand, Bangladesh dan Arab Saudi.

  8. Tolak Angin
    Bukan hanya orang pintar di Indonesia saja yang minum Tolak Angin tapi juga penduduk Arab Saudi, Filipina, Kamboja, Vietnam dan lainnya. Ya, jamu herbal pencegah masuk angin produksi PT. Sido Muncul ini memang sudah sangat digemari masyarakat di negara-negara tersebut karena telah diproduksi menggunakan standar farmasi Good Manufacturing Practises (GMP).
Baca Juga   Value adalah start Awal dari sebuah bisnis

Sebenarnya masih banyak lagi brand lokal yang mendunia asal Indonesia seperti Erigo, Eiger, Terry Palmer, La Fonte,GT Radial dan sebagainya yang telah sangat diakui serta digemari oleh orang-orang dari mancanegara.

1315 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Bisnis

3 Poin Penting Tentang Fortune Indonesia Yang Perlu Diketahui

2 Mins read
Selain memiliki modal dan investasi ke berbagai sektor ekonomi potensial, untuk memulai sebuah bisnis juga diperlukan adanya referensi yang akurat dan tajam…
Bisnis

Berikut 5 Jenis-jenis Usaha yang Harus Diketahui

2 Mins read
Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, sumber daya manusia serta didukung dengan kemajuan teknologi. Sehingga segala bidang usaha dapat…
Bisnis

Nih, 5 bisnis asik buat kaum muda, no 5 bahkan bisa dikerjain sambil tiduran!

3 Mins read
Tak terasa sudah setahun lebih bangsa Indonesia berjibaku dengan Covid19. Virus Covid19 tak hanya membawa berbagai perubahan pada tatanan hidup masyarakat Indonesia…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.