NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Teknologi

Pentingnya Backup Data Di Cloud Storage yang Aman

3 Mins read
Backup Data Di Cloud Storage

Internet telah menjadi bagian penting dari kehidupan manusia di era digital ini. Dalam hal transfer data, cloud computing menjadi kebutuhan krusial saat ini karena dapat memudahkan Anda dalam menyimpan dan memproses data secara online. 

Untuk itu, Anda butuh cloud storage yang aman. Bagaimana cara memilih cloud storage yang aman? Baca ulasan lengkapnya di artikel ini. 

Cara Memilih Cloud Storage yang Aman

  1. Pilih Layanan Cloud Storage yang Terpercaya
    Pertama-tama, pilih layanan cloud storage yang terpercaya, sudah dikenal banyak orang, dan memiliki reputasi yang baik. Pastikan juga layanan tersebut memiliki perlindungan keamanan sehingga bisa melindungi data Anda. 
  1. Periksa Kebijakan Privasi Layanan Cloud Storage
    Setiap layanan cloud storage memiliki kebijakan privasi yang berbeda-beda. Maka mau tidak mau Anda perlu membaca dan memahami kebijakan privasi sebelum memutuskan menggunakan layanan tersebut. Selain itu, pastikan kebijakan privasi tersebut mengikuti standar keamanan dan privasi yang baik dan sesuai kebutuhan Anda.
  1. Gunakan Password yang Kuat dan Berbeda-beda
    Selalu gunakan password yang kuat dan berbeda-beda untuk setiap layanan yang Anda gunakan. Jangan menggunakan password yang sama karena jika satu password bocor, maka semua akun Anda akan mudah diretas. Pastikan juga password Anda terdiri dari kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan karakter khusus.
  1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah
    Verifikasi dua langkah adalah salah satu cara yang efektif untuk melindungi akun Anda. Dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah, setiap kali melakukan login ke akun, Anda akan diminta untuk memasukkan kode verifikasi yang dikirimkan melalui SMS atau aplikasi. Hal ini akan membuat akun lebih sulit diretas oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
  1. Selalu Update Aplikasi dan Sistem Operasi
    Pastikan selalu mengupdate aplikasi dan sistem operasi pada perangkat. Hal ini penting untuk menjaga keamanan perangkat dari serangan malware dan virus. Update juga aplikasi layanan cloud storage yang digunakan agar selalu mendapatkan perlindungan keamanan yang terbaru.
Baca Juga   Pentingnya Backlink Untuk Membantu Kepopuleran Website

Akses Data dari Mana Saja dengan Cloud Storage IndiHome 

IndiHome dari Telkom Indonesia adalah penyedia layanan internet di Indonesia. Saat ini, Indihome telah menyediakan layanan ruang penyimpanan berbasis cloud. Layanan ini memungkinkan Anda menyimpan dan mengakses data dari mana saja dan kapan saja, asalkan terhubung dengan internet.

Ruang penyimpanan berbasis cloud dari IndiHome memiliki kapasitas yang bervariasi, mulai dari 10 GB hingga 2 TB, sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu, layanan ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang berguna, seperti backup data dan sinkronisasi data antara perangkat yang berbeda.

Dengan menggunakan ruang penyimpanan berbasis cloud dari IndiHome, Anda dapat menghemat ruang penyimpanan pada perangkat, sekaligus dapat membagikan data dengan mudah kepada orang lain dengan cara memberikan akses ke ruang penyimpanan tersebut.

Selain kemudahan dalam mengakses data, ruang penyimpanan berbasis cloud dari IndiHome juga dilengkapi dengan fitur keamanan yang memadai. Data pengguna akan disimpan dengan aman di pusat data yang terletak di Indonesia dan dilindungi oleh protokol keamanan yang ketat.

Untuk mengakses ruang penyimpanan berbasis cloud dari IndiHome, pengguna dapat menggunakan aplikasi myIndiHome yang dapat diunduh di smartphone atau tablet. Aplikasi ini memudahkan pengguna untuk mengakses dan mengelola data mereka secara cepat dan mudah.

Tips Menggunakan Cloud Storage Indihome

Selain cara menggunakan cloud storage Indihome di atas, ada beberapa tips dari Pricebook yang dapat membantu Anda memaksimalkan penggunaan layanan ini, yaitu:

Backup File Secara Teratur

Meskipun cloud storage Indihome sudah aman dan andal, tidak ada salahnya Anda melakukan backup data pada perangkat lain, seperti hard disk eksternal atau USB drive. Cara ini untuk memastikan keamanan data jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti kerusakan pada server atau akun diretas.

Baca Juga   Peluang Kuat Pertumbuhan Perusahaan Teknologi Logistik di Indonesia

Gunakan Fitur Sharing dengan Bijak

Pastikan hanya membagikan file yang relevan dengan orang-orang yang membutuhkan. Gunakan fitur password protection jika ingin memberikan akses khusus ke file tertentu.

Hapus File yang Tidak Diperlukan

Biasakan menghapus file yang tidak diperlukan lagi dari cloud storage Indihome. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat ruang penyimpanan dan juga meningkatkan keamanan data.

Update Antivirus dan Firewall

Pastikan Anda selalu mengupdate software antivirus dan firewall pada perangkat yang digunakan. Ini cara terbaik untuk melindungi data dari serangan virus dan malware yang dapat membahayakan keamanan data di cloud storage.

Penggunaan internet untuk transfer data dari ruang penyimpanan berbasis cloud dapat memudahkan akses dan penggunaan data, apalagi kalau Anda menggunakan ruang penyimpanan berbasis cloud dari IndiHome.

Dengan fitur-fitur yang berguna dan keamanan yang memadai, pengguna dapat memanfaatkan layanan ini dengan lebih optimal. Dengan demikian, pengguna dapat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi dalam mengelola data mereka.

1468 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan home furnishing. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Teknologi

Apa Itu Firewall:  Pengertian, Jenis, Fungsi dan Cara Kerjanya

3 Mins read
Tanpa disadari, internet yang kita gunakan sehari-hari, baik untuk sekedar browsing atau membuat website dengan domain id, rentan terhadap ancaman siber. Ancaman…
Teknologi

10 Tips Efektif untuk Mempercepat Loading Website Anda

3 Mins read
Mempercepat loading website adalah salah satu aspek kunci dalam dunia digital yang tidak bisa diabaikan. Dalam era di mana pengguna internet mengharapkan…
Teknologi

Menentukan Pilihan Menggunakan Template WordPress Gratis atau Premium untuk Website Anda

13 Mins read
Dalam era digital, memiliki website kini menjadi kebutuhan penting bagi banyak individu dan organisasi. Baik itu untuk berbagi informasi, promosi, hingga menjual…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.