NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Investasi

Belajar Berinvestasi di Tabungan Emas Pegadaian

2 Mins read
Tabungan Emas Pegadaian

Katanya tidak ada kata terlambat untuk belajar. Ini juga berlaku untuk saya.

Kali ini saya ingin menceritakan mengenai investasi di tabungan emas pegadaian.
Salah satu investasi yang bisa kamu pilih adalah menyimpan dalam bentuk emas. Katanya dengan menyimpan emas, maka investasimu gak akan tergerus oleh inflasi. Oleh sebab itu ada yang bilang senyatanya investasi di emas tidak akan membuat kita kaya, tetapi akan membantu kita untuk mempertahankan kekayaan.

Beberapa pilihan investasi emas bisa dalam bentuk batangan, koin ataupun perhiasan. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan.
Nah melihat antusiasme masyarakat yang ingin berinvestasi emas, maka pegadaian membuat suatu produk yang dinamakan tabungan emas.
Keistimewaan tabungan emas pegadaian ini adalah kita bisa menabung emas mulai dari hanya senilai emas 0.1 gram saja yang kalau dirupiahkan hanya sekitar 5000-an saja.
Ini tentu saja menarik bagi masyarakat, karena tidak perlu menunggu sampai satu gram dulu baru punya emas.

Tabungan Emas Pegadaian

Buku Tabungan Emas Pegadaian

Untuk harga jual beli emas dapat diakses di sini.
Selain itu, tidak seperti tabungan di bank yang dikenakan biaya administrasi bulanan, tabungan emas pegadaian hanya menungut biaya pembukaan rekening sebesar sepuluh ribu dan biaya administrasi sebesar tiga puluh ribu per tahun.
Cara menabung cukup mudah, cukup datang ke kantor pegadaian terdekat dan membuka rekening di sana dengan syarat ktp yang berlaku.

Tabungan emas pegadaian ini menurutku punya kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah kamu gak perlu menyimpan emas yang kamu tabung. Selain itu, emas yang kamu tabung bisa juga dibuatkan dalam bentuk fisikbya, tentu ada biaya yang dikenakan. Kelebihan lainnya adalah harga jual yang relatif lebih rendah daripada harga emas fisik.

Baca Juga   IPO Garuda Food Menarik apa tidak?

Kekurangan tabungan emas ini ada pada saat kamu akan mengambil emas atau mencairkan emas yang kamu tabung. Karena tidak ada ATM, maka kamu hanya bisa mencairkan di kantor pegadaian tempat kamu membuka rekening saja. Saran saya sih yang pertama buka rekening di kantor pegadaian terdekat, yang kedua jika ada kantor pegadaian yang jam operasionalnya buka sampai malam. Kalau di surabaya biasanya ada di mall, dan pilih untuk dijadikan tempat membuka rekening.

Kekurangan lain adalah adanya perbedaan harga jual dan beli tentu mempengaruhi nilai investasi kita, misal pada saat kita menabung, nilai jual satu gram emas sebanyak lima ratus ribu sementara nilai belinya empat ratus lima puluh ribu, artinya jika kita ingin mencairkan pada hari yang sama, kita sudah kehilangan investasi kita sebesar lima puluh ribu. Saran saya, menabung emas ini ditujukan untuk jangka panjang, minimal lima tahun dan dilakukan secara kontinyu di setiap bulannya. Tujuannya agar nilai investasinya bisa menjadi optimal.

Bagaimana, tertarik berinvestasi di tabungan emas pegadaian?

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
InvestasiReview Jasa

Panduan Untuk Berinvestasi di Saham Startup Indonesia

4 Mins read
Iklim investasi di Indonesia yang semakin hari semakin membaik. Hal ini membuat banyak perusahaan memberanikan diri untuk berdiri dan masuk ke pasar…
InvestasiReview Produk

Memilih Investasi Deposito Ala digibank Deposito

2 Mins read
Sudah pernah melakukan investasi deposito? Bagi yang sudah pernah pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah itu. Namun untuk kamu yang baru…
Investasi

Masihkah Bitcoin Memberikan Keuntungan Yang Menggiurkan di tahun 2020?

3 Mins read
Meski saat ini sudah satu bulan lebih kita menjalani tahun 2020, untuk memperbincangkan salah satu cryptocurrency dengan jumlah aset terbesar di dunia…

6 Comments

  • Avatar
  • Avatar
    • Artha Nugraha Jonar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.