NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Bisnis

Berikut 5 Jenis-jenis Usaha yang Harus Diketahui

2 Mins read
5 Jenis-jenis Usaha

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam, sumber daya manusia serta didukung dengan kemajuan teknologi. Sehingga segala bidang usaha dapat dilakukan oleh masyarakatnya. Untuk itu diperlukan suatu klasifikasi jenis-jenis usaha agar dapat digunakan sebagai panduan dalam penentuan bidang usaha oleh calon pengusaha. 

Jenis usaha telah diklasifikasikan secara resmi oleh pemerintah Indonesia melalui Badan Pusat Statistik berupa Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI). Saat ini total kode KBLI sebanyak 1790 kode. Adapun pada tulisan kali ini akan dibahas 5 jenis usaha yang secara umum dijumpai di Indonesia. Berikut penjelasannya. 

Jenis-jenis Usaha yang Umum di Masyarakat

Kekayaan alam dan sumber daya manusia menjadikan Indonesia memiliki tingkat usaha cukup tinggi dalam sektor tertentu. Diantaranya dalam bidang pertanian, perikanan hingga produksi. Penjelasan selengkapnya sebagai berikut. 

  1. Usaha Pertanian dan Peternakan
    Usaha pertanian dan peternakan dalam KBLI masuk di kategori kode A. Dalam hal ini mencakup pertanian tanaman pangan, perkebunan, serta perikanan. Meski begitu kategori ini tidak termasuk pengolahan komoditas serta pembuatan lahan. Jenis usaha ini telah banyak dijalankan sejak dahulu di Indonesia.

    Adapun produk yang dihasilkan dari kategori usaha ini meliputi padi, jagung, daging, telur, dan masih banyak lagi. Anda yang menjalankan usaha ini hanya berfokus pada perawatan tanaman atau hewan ternak hingga masa panen. Penghasilan didapatkan dari menjual komoditas kepada pembeli.

  2. Usaha Produksi
    Pengolahan komoditas baik itu hasil pertanian, peternakan, perkebunan, perhutanan hingga perikanan termasuk dalam usaha produksi. Jenis usaha ini mengubah bahan baku menjadi barang jadi siap pakai. Macamnya ada banyak, jenis usaha ini bisa dalam skala besar maupun skala kecil.

    Contoh dari usaha produksi diantaranya industri tekstil, industri makanan, industri pakaian jadi, industri kertas dan barang dari kertas, industri pencetakan dan reproduksi media rekaman, industri farmasi, industri bahan kimia, industri bahan galian, industri mesin dan perlengkapan ytdl dan masih banyak lagi. Sehingga tak hanya mencakup pabrik saja, melainkan juga mengubah bahan menjadi produk baru menggunakan tangan serta kegiatan maklon.

  3. Usaha Perdagangan
    Berdagang termasuk salah satu profesi yang cukup banyak ditekuni oleh masyarakat Indonesia. Jenis usaha perdagangan ini meliputi perdagangan besar, perdagangan eceran, perdagangan motor dan mobil, hingga reparasi motor dan mobil.

    Perdagangan besar menargetkan penjualan kembali barang kepada pihak-pihak seperti pedagang eceran, industri, institusi, komersial, pengguna profesional serta agen. Sedangkan perdagangan kecil ialah melakukan penjualan kembali barang kepada masyarakat secara umum. Adapun usaha perdagangan juga meliputi perdagangan serta reparasi motor atau mobil kecuali industri dan persewaan.

  4. Usaha Jasa
    Jenis usaha tak hanya seputar usaha yang melibatkan produk fisik saja, ada juga usaha di bidang jasa. Usaha di bidang jasa dapat mencakup di bidang kesehatan, kebersihan, pendidikan, keuangan, reparasi, pengangkutan barang dan masih banyak lagi. Usaha jasa ini banyak dicari oleh masyarakat Indonesia masa kini yang menyukai segala sesuatu serba praktis dan mudah.

  5. Usaha Pertambangan
    Terakhir adalah jenis usaha pertambangan yang juga paling banyak dijumpai di Indonesia. Bumi pertiwi juga kaya akan kandungan mineralnya. Baik itu berbentuk padat, cair, maupun gas, kandungan mineral yang terdapat di Tanah Air perlu digali dan diolah oleh pengusaha bidang pertambangan untuk kemudian digunakan di dalam negeri atau dijual secara ekspor keluar negeri.

    Adapun yang termasuk dalam usaha pertambangan diantaranya pertambangan batu bara dan lignit, pertambangan minyak bumi, gas alam dan panas bumi, pertambangan bijih logam, dan masih banyak lagi. 
Baca Juga   Value adalah start Awal dari sebuah bisnis

Demikian penjelasan mengenai jenis-jenis usaha yang wajib Anda tahu. Pada dasarnya, ada banyak sekali klasifikasi jenis usaha yang ada di Indonesia. Semua bidang usaha tersebut memiliki fokus operasional yang berbeda-beda dan bisa menjadi pilihan masyarakat untuk mencari pemasukan. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan Anda seputar jenis usaha apa saja yang ada di Indonesia ya! 

1304 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Bisnis

3 Poin Penting Tentang Fortune Indonesia Yang Perlu Diketahui

2 Mins read
Selain memiliki modal dan investasi ke berbagai sektor ekonomi potensial, untuk memulai sebuah bisnis juga diperlukan adanya referensi yang akurat dan tajam…
Bisnis

Nih, 5 bisnis asik buat kaum muda, no 5 bahkan bisa dikerjain sambil tiduran!

3 Mins read
Tak terasa sudah setahun lebih bangsa Indonesia berjibaku dengan Covid19. Virus Covid19 tak hanya membawa berbagai perubahan pada tatanan hidup masyarakat Indonesia…
Bisnis

Ini 5 Manfaat Program Reward Agar Bisnis Terus Ngegas

3 Mins read
Pernahkah anda melihat konsumen anda pergi begitu saja setelah memakai produk atau layanan perusahaan Anda? Mungkin ada juga yang beralih ke kompetitor…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.