Biaya Sertifikasi Logistik CLTD APICS

Untuk mendapatkan sertifikasi logistik CLTD APICS, diperlukan beberapa biaya yang harus dikeluarkan. Pada tulisan ini saya akan membagikan mengenai apa saja biaya sertifikasi logistik CLTD APICS.

Sebenarnya untuk mendapatkan sertifikasi ini hanya diperlukan biaya untuk mengikuti ujian saja, yaitu sebesar $475. Namun sangatlah jarang ada orang yang bisa mendapatkan sertifikasi CLTD dengan hanya mengikuti ujian saja. Yang paling umum adalah mengikuti persiapan CLTD dengan pembelajaran online maupun melalui pembelajaran di kelas. Hal ini disebabkan karena materi CLTD yang begitu banyak dan akan semakin menyulitkan kita jika harus mencari referensi sendiri. Sebelumnya saya sudah membahas tentang materi sertifikasi logistik CLTD APICS, dimana ada 9 materi ini yang menjadi bahan ujian CLTD.

Secara umum, paling tidak ada 3 jenis biaya yang harus dikeluarkan oleh seseorang untuk mendapatkan sertifikasi CLTD, antara lain:

  1. Biaya Ujian
    Biaya ujian adalah biaya yang paling utama yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan sertifikasi ini. Ujian nantinya akan diadakan di berbagai tempat ujian yang sudah bekerja sama dengan APICS yaitu Pearson Vue. Jaringan Pearson Vue sudah ada di berbagai negara. Di Indonesia sendiri, partner Pearson Vue sudah ada di berbagai kota besar, seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya.
  2. Biaya Pembelajaran
    Untuk mempelajari lebih dalam tentang materi ujian CLTD, kita bisa mendapatkan dari dua cara, yang pertama adalah dengan pola self-learning online dan yang kedua adalah belajar di kelas. Untuk self-learning online, biaya yang harus dikeluarkan adalah sebesar $ 1,245. Sedangkan untuk belajar di kelas, sebagai referensi di Indonesia yang menyelenggarakan kursus ini adalah PQM dengan biaya 26 juta.
  3. Biaya re-take Exam
    Biaya lainnya adalah biaya untuk ujian ulang sebesar $ 250. Tapi ini jika kita tidak lulus pada ujian pertama.
Baca Juga   Apa Saja Yang Didapatkan dari Paket Bundle Sertifikasi Logistik CLTD APICS

Beruntung untuk CLTD ada beberapa paket yang ditawarkan, seperti paket CLTD Bundle yang berisikan voucher ujian, voucher untuk ujian ulang, dan ASCM Membership seharga $ 1,420.

Biaya Sertifikasi Logistik CLTD APICS

Saya menyarankan agar juga memiliki ASCM Plus membership. Gunanya agar kita selalu mendapatkan update dari ASCM yang merupakan induk dari APICS. Selain itu, membership tersebut berguna untuk mendapatkan berbagai diskon. Seperti contohnya untuk paket CLTD Bundle yang berisikan voucher exam, voucher untuk ujian ulang, materi pembelajaran yang ditawarkan $ 1,200 untuk member ASCM Plus.

Untuk ASCM Plus Membership sendiri memiliki perbedaan biaya antara pengguna yang tinggal di North America dan negara lainnya. Untuk member yang berada di North America akan dikenakan biaya membership sebesar $ 220. Sementara untuk member non-North America akan dikenakan biaya sebesar $ 185. Perbedaan ini disebabkan karena APICS merupakan lembaga yang berbasis di North America, dimana APICS sering mengadakan berbagai acara seperti misalnya seminar dan setiap ASCM member berkesempatan untuk mendapatkan privilege ketika akan mengikuti acara tersebut.

Dari biaya sertifikasi logistik CLTD APICS ini, yang telah saya keluarkan meliputi biaya ASCM Plus Membership untuk non-North America sebesar $ 185, kemudian paket CLTD Bundle untuk ASCM Plus Membership sebesar $ 1,200 serta biaya pengiriman buku sebesar $ 99.11. Pada saat itu kurs dollar terhadap rupiah sedang naik perlahan. Dengan kurs dollar sekitar Rp 14,700-an, total biaya yang harus saya keluarkan kurang lebih 23. juta-an.

Tentu dengan biaya sebesar itu, valuasi sertifikasi ini tidak diragukan lagi. Namun tetap ada upaya yang harus dilakukan, karena ini bukanlah sesuatu yang kita bayar lalu kita langsung bisa mendapatkannya. Tetapi kita masih harus mempelajari banyak materi sebelum kita benar-benar siap untuk mengikuti ujiannya.

Baca Juga   Menjadi ASCM Member

Pada lain kesempatan, saya akan membahas apa saja yang saya dapatkan dari biaya yang telah saya keluarkan tersebut di postingan saya yang lain.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.