NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Tulisan Lepas

Bike to Work

1 Mins read
Tulisan Lepas

Bike to Work

1 Mins read

Hi,

saya akan menceritakan pengalaman saya menjalankan aktifitas bike to work.
Sebetulnya definisi bike to work dari situs resmi bike to work indonesia  http://b2w-indonesia.or.id/ bukan sekedar menggunakan sepeda untuk berangkat ke kantor. Tetapi lebih pada aktifitas menggunakan transportasi sepeda ke segala tujuan.
beberapa faktor yang mendorong orang untuk menggunakan sepeda sebagai alat transportasi untuk beraktifitas antara lain:

– Untuk kebugaran, saya tidak menyebut untuk kesehatan, karena naik sepeda belum tentu sehat. mungkin malah kita terpapar polusi lebih banyak 🙂

– Murah, so pasti. Tidak perlu biaya bahan bakar. Paling juga biaya maintenance sepeda dan pembelian spare part sepeda saja. Untuk cek kesehatan sepeda/service ringan, saya hanya mengeluarkan ongkos 5000 rupiah saja. Spare part yang sekarang sudah saya punya, masker dan pompa portable.

– Lebih cepat, percaya tidak percaya saya malah mendapatkan waktu yang lebih cepat untuk berangkat ke kantor dan pulang ke rumah, dan jarak tempuh juga hanya menjadi separuhnya.

– Statistik tercatat. Untuk mencatat aktifitas bersepada, banyak sekali aplikasi yang bertebaran. kebetulan saya memakai android dan memilih aplikasi endomondo. Aplikasi ini menurut saya sudah komplit. fitur yang menarik adalah aplikasi ini memberikan informasi konversi penghematan BBM yang digunakan. (ayo pemerintah yang pusing melulu mencari strategi penghematan BBM, nih ada solusi, gratis lagi).
endomondo

Bike to Work versi Pemerintah

Mungkin hanya pemerintah kota Bandung saja yang mencanangkan kewajiban bersepeda setiap hari jumat, gimana dengan pemerintah daerah lainnya???

Pilihan

Mungkin indikator ketertarikan orang untuk beraktifitas menggunakan sepeda seperti yang saya sampaikan akan berbeda di setiap orang, karena ya memang sangat subyektif. Beberapa hari yang saya sudah lakukan, dengan menempuh sekitar 7 KM ke kantor dan 7 KM pulang ke rumah, saya merasa kondisi badan saya fit, meskipun pada saat saya terserang flu sekalipun. Sesampai di kantor pun, saya tidak pernah merasa lemas setelah bersepeda. Selain itu, bagi yang menggunakan sepeda harap berhati-hati, sepertinya jalanan sangat kejam dengan para pesepeda, hehehe.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.