NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Tulisan Lepas

Geliat Bisnis IT Indonesia

1 Mins read
Tulisan Lepas

Geliat Bisnis IT Indonesia

1 Mins read

Saatnya Geliat Bisnis IT Indonesia dimulai

Perkembangan teknologi internet menjadi keniscayaan di saat ini. Perkembangan ini pula yang juga menjadi acuan bagi pengembangan bisnis IT, khususnya mengenai IT Indonesia.

Dari perbincangan saya di suatu forum, didapatkan bahwa penetrasi internet di seluruh dunia meningkat dengan tajam. Meskipun jika diperbandingkan antara populasi dan pengguna internet, Indonesia khususnya masih berada di angka 24 persen atau sekitar 63 juta pengguna (data APJII). Sejalan dengan hal tersebut, dari laporan bank Dunia, disampaikan bahwa peningkatan penetrasi internet sebesar 10% di suatu negara mendorong pertumbuhan ekonomi sebesar 1,38% pada negara berkembang dan 1,21% pada negara maju.

Tentu dengan di angka 24 persen, kita melihat bahwa masih banyak peluang untuk masuk ke dalam pasar ini. Bagi penyedia infrastruktur, ceruk 75 persen merupakan pasar potensial yang sangat menarik, tidak heran, investasi miliaran pun dikucurkan untuk meraih pasar ini.

Dari sisi pengembang aplikasi juga menjadi menarik. Existing user saat ini saja sudah sangat menggiurkan. Potensi mengembangkan aplikasi khususnya yang berbasis internet layak untuk dikembangkan.

Kemudahan bagi developer untuk membangun aplikasi juga sudah sangat disupport oleh tools yang mempercepat bagi developer untuk membuat suatu aplikasi, yang terpenting adalah mengembangkan kreatifitas.

Salah satu tools yang dapat dipakai oleh developer adalah Wakanda. Keunikan Wakanda adalah dengan berbasis Java script dan noSQL, developer dapat mengembangkan aplikasi berbasis web, tablet ataupun mobile phone dalam satu solusi.
Saat tulisan ini dibuat, Wakanda sudah mencapai versi 6.

Sekali lagi, yang terpenting adalah melihat potensi, mengembangkan kreatifitas, dan mengambil peluang itu dengan cepat.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.