NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Investasi

IPO Garuda Food Menarik apa tidak?

1 Mins read
IPO Garuda Food

Istri saya begitu tertarik ketika BEI mengumumkan Garuda Food adalah salah satu perusahaan yang akan IPO. Tidaklah mengherankan, di sektor ini pemainnya tidak banyak, sebut saja UNVR, MYOR dan INDF. Tidak heran di beberapa media menyebutkan bahwa ini bakal menjadi IPO jumbo di tahun 2018 ini, benarkah?

Sayapun mencoba menelusuri sebetulnya bagaimana IPO dari Garuda Food ini.

Ternyata yang akan melakukan IPO adalah salah satu dari anak perusahaan Garuda Food, yaitu PT GarudaFood Putra putri Jaya. Dari company profile yang saya dapatkan di sini, sebetulnya Garuda Food memiliki Tiga Line of Business yaitu Food, Beverage dan Distribution

dimana PT GarudaFood Putra putri Jaya adalah perusahaan yang menjalankan LoB Food. Beberapa produknya antara lain sebagai berikut:

Harga penawaran saham perseroan akan diperkirakan berada pada rentang Rp1.100—Rp1.400, yang mencerminkan rasio PE sebesar 29 kali.

Dengan penerbitan saham untuk MCB, perseroan akan mengeluarkan saham baru sebesar 10,34% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh. Jika diakumulasikan dengan penerbitan saham untuk MCB,  produsen Kacang Garuda tersebut berpeluang mengantongi dana dari IPO sebesar Rp839,13 miliar— Rp1,07 triliun.

Garudafood akan melaksanakan IPO pada Oktober 2018 dengan melepas 10,34% saham dari modal disetor perseroan, yang terdiri dari 35 juta saham yang dilepas ke publik dan 727.841.290 saham baru yang dilepas dengan skema Mandatory Convertible Bond (MCB).

Sementara untuk laporan keuangannya sendiri masih belum dipublikasikan.

Menurut saya, IPO ini bakal menjadi menarik jika laporan keuangan sudah dipublikasikan. Tentu meski tidak sebesar UNVR, pastinya memiliki saham di sektor konsumsi sangat layak untuk bisa dijadikan portfolio.

Baca Juga   Panduan Untuk Berinvestasi di Saham Startup Indonesia
1467 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan home furnishing. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Investasi

Perbedaan Saham dan Reksadana: Mengenal Lebih Dekat Dua Instrumen Investasi yang Berbeda

3 Mins read
Dalam dunia investasi, saham dan reksadana merupakan dua instrumen yang sering dibahas. Meskipun keduanya merupakan cara untuk mengalokasikan dana kamu dengan harapan…
Investasi

Emas Sebagai Investasi Jangka Panjang

3 Mins read
Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa emas begitu diminati sebagai aset investasi? Emas bukan hanya sebuah logam mulia, tetapi juga menjadi pilihan menarik untuk…
Investasi

Jamin Masa Depanmu dengan Investasi Reksadana Sejak Dini

2 Mins read
Investasi merupakan kata yang sudah tidak asing lagi Sebagian besar masyarakat Indonesia. Kemajuan teknologi dan semakin meratanya teknologi dengan terdistribusinya internet hingga…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.