NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Olahraga

Jambore Nasional Polygon Xtrada 2018

3 Mins read

Kali ini saya mengikuti event Jambore Nasional Polygon Xtrada 2018 yang di Yogyakarta. Berlokasi di Ledok Sambi Yogyakarta, sebuah tempat outbound yang berada di lereng gunung Merapi. Event yang diadakan pada tanggal 17 hingga 18 Februari 2018 (sabtu-minggu) ini mengumpulkan para pemilik Polygon Xtrada se-Indonesia. Konsep yang disuguhkan adalah bike camp dengan silahturahmi yang akrab antar peserta. Untuk event ini ada enam anggota PXR Surabaya yang mengikuti. Saya sendiri berangkat bersama keluarga beberapa hari sebelumnya. Maksudnya sekalian berwisata di Yogyakarta.

Sepeda saya angkut dengan mobil, dengan mencopoti ban depan-belakang terlebih dahulu, serta memberikan pengaman pada rem cakram depan-belakangnya supaya gak menjepit. Gak lupa, sepeda diikat di kursi belakang. Memang gak proper sih bawanya, tapi masih lebih safety daripada harus memakai rak sepeda yang diikat di belakang mobil.

Ini adalah event jambore PXR pertama yang saya ikuti. Event sebelumnya diadakan di tahun 2016 di Bogor.
Pada saat datang menuju tempat lokasi, dari hotel tidak sempat sarapan karena takut gak keburu, maklum gak tau dimana daerahnya. dan berbekal Waze diarahkanlah ke lokasi yang dituju. Seperti seringnya, waze mengarahkan ke jalan-jalan kecil yang entah di mana, hehehe. Tapi akhirnya sampai juga ke tempat tujuan.

Saya berangkat dari hotel jam enam pagi, harapannya bisa sebelum jam delapan sampai lokasi. Selain itu juga mau mencari sarapan dulu dan mencari air mineral sebelum sampai lokasi. Akhirnya di tengah jalan mampir dulu ke warung bubur ayam. Setelah sarapan bubur ayam meneruskan perjalanan sampai menengok kanan-kiri mencari Indomaret, ternyata gak ketemu. Akhirnya beli air mineral botol di sebuah toko kecil. Menariknya di dekat toko kecil itu ada warungnya para goweser. Ternyata di daerah tersebut jalurnya para goweser.

Sampai di daerah ledoksambi awalnya agak keterusan jalannya. tapi Mencoba nekad untuk ikuti jalan kecil, akhirnya ketemu juga sebuat tempat parkir dan ada beberapa PXR yang ada disitu. Dan ternyata tempatnya benar di situ. Pada saat datang, kebetulan berbarengan dengan PXR dari Semarang yang membawa sepedanya di mobil juga.

Akhirnya tiba di lokasi base camp.

Lokasi Jambore Nasional

Sampai di basecamp, selanjutnya melakukan registrasi ke panitia. Sebelumnya di telpon om Dismond (korwil Surabaya) yang sudah tiba duluan bersama tim dari Surabaya karena mungkin aku clingak-clinguk di depan basecamp. Selanjutnya registrasi ulang, dan diberi tas polygon yang berisi kaos Jamnas, gantungan kunci, tag sepeda, stiker serta nomer undian.

Beda itu biasa, Kebersamaan itu Luar biasa

Seluruh peserta Jamnas

Menarik juga bisa berkumpul dengan sesama goweser. Sayangnya saya hanya mengikuti event ini pada saat acara gowes bareng aja, dikarenakan ada kegiatan lain dengan keluarga. Tapi rasanya cukup seru juga.

Karena saya hanya mengikuti hanya pada acara gowes bareng saja, maka saya hanya bisa menceritakan acara gowes bareng ini saja. Untuk acara gowes bareng diadakan sekitaran camp. Rutenya menuju daerah dam Kalikuning, Museum Gunung merapi dan kembali lagi menuju camp.

Sarapan Lontong Sayur dulu

Sebelum berangkat, peserta sarapan lontong sayur yang uenak. Setelah itu peserta melakukan apel dan pengarahan gowes bareng dan melakukan doa bersama sebelum berangkat.

Salah satu spot yang indah banget

Sepanjang perjalanan pemandangannya sangat indah. Langit yang cerah membuat kita melihat dengan jelas gunung Merapi yang sohor itu. Sepanjang perjalanan melintasi tanjakan dan turunan ringan, tapi tanjakannya cukup membuat saya ngos-ngosan. Maklum sudah beberapa minggu gak gowes.

Selama perjalanan peserta dibekali dengan satu botol air mineral, ada yang ambil ada yang gak karena biasanya sih sudah bawa botol minum sendiri. Kalau saya pakai water bladder yang masuk ke dalam ransel.Selain itu, panitia juga membekali dengan makanan ringan untuk dimakan di tengah jalan yaitu pisang rebus, tahu bakso dan arem-arem isi ikan.

Beberapa spot menarik tempat kita berhenti antara lain spot kali kuning, dimana kita bisa melihat pemandangan gunung Merapi. Selain itu di tempat tersebut kita disuguhkan atraksi Jip Merapi Adventure yang biasanya membawa pengunjungnya ke tempat itu untuk melakukan atraksi berkeliling sungai. Setelah dari tempat itu, kita menuju salah satu dam dari aliran lahar merapi, saya lupa namanya. Selanjutnya kita berhenti di Museum Gunung Merapi, gak masuk sih cuma di depannya aja untuk beristirahat. Selanjutnya kembali lagi ke basecamp.

Ayo yang semangat gowesnya

Peserta Jamnas dari Suroboyo

Seru banget, sayang saya hanya mengikuti sampai jam empat sore saja karena selanjutnya balik lagi ke hotel. Sebetulnya selain acara gowes, pada malam hari juga ada acara keakraban sekaligus api unggun. wah keren banget ya. Semoga ke depannya bisa mengikuti lagi acara Jambore Nasional Polygon Xtrada di lain kesempatan.

1464 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan home furnishing. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.