NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Teknologi

Kenali 3 Jenis Vacuum Pump Dan Fungsinya

2 Mins read
Jenis Vacuum Pump

Perlengkapan industri kini telah semakin berkembang, salah satu produknya yakni sebuah alat yang bernama vacuum pump. Alat ini sendiri sudah banyak distribusikan secara resmi di berbagai daerah di Indonesia, seperti distributor vacuum pump Surabaya yang menyalurkan produk untuk memenuhi permintaan akan komponen vacuum pump ini pada beberapa industri besar di Tanah Air yang meliputi, industri perangkat elektronik, industri alat – alat kesehatan serta industri produk pembersih.

Namun, sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu apa itu vacuum pump atau pompa vakum Indonesia secara ringkas. Pompa vakum dapat diartikan sebagai sebuah alat yang berguna untuk mengeluarkan molekul gas dari dalam sebuah ruangan yang tertutup untuk mencapai tekanan pada vakum, atau secara sederhana dapat dipahami sebagai alat yang digunakan untuk menghilangkan kelebihan udara pada sebuah ruangan. Pompa vakum ini ada jenisnya juga loh. Yuk, kenali 3 jenis pompa vakum atau vacuum pump secara detail !

3 Jenis Vacuum Pump

Berdasarkan atas prinsip kerja dari alat yang satu ini, maka dapat dibedakan jenisnya menjadi 3 yaitu :

  1. Pompa Momentum Transfer

Pompa vakum yang satu ini menggunakan metode yang mampu menghasilkan tekanan yang cukup tinggi. Caranya yakni dengan menggunakan sistem jet fluida dengan kecepatan tinggi yang mengakibatkan dorongan pada molekul fluida, sehingga membuat molekul tersebut berinteraksi dengan dinding ruang yang mana menjadikan tekanan dalam ruang membuat tinggi efisiensi dari pompa jenis ini. Umumnya yang termasuk dalam jenis pompa yang satu ini adalah pompa turbomolecular.

  1. Pompa Positive Displacement

Pompa vakum satu ini secara mekanis bergerak untuk mengekspansi volume pada ruang secara berkelanjutan untuk nantinya mengalirkan gas lewat pompa kemudian men-sealing ruang volume dan setelahnya membuang gas ke atmosfer lepas. Prinsip kerja dari pompa jenis ini secara sederhana dapat dilihat pada pompa air manual.

  1. Pompa Entrapment
Baca Juga   Kemana Teknologi Akan Dibawa Sepuluh Tahun Mendatang

Pompa yang satu ini menggunakan metode kimia dalam pengikatan gas pada ruangan tertutup untuk mampu menghasilkan tekanan pada vakum. Dalam Pompa Entrapment sendiri jenisnya ada yang cryopump yang mengikat uap air menggunakan sebuah permukaan dingin. Kemudian pompa kimia yang mengikat gas agar bereaksi dan membentuk sebuah padatan, lalu pompa ionisasi yang caranya mengionisasi gas agar terakselerasi menuju elektrode pengumpul.

Fungsi Dari Vacuum Pump

Nah, setelah mengenali jenis – jenis dari vacuum pump tadi, ada informasi tambahan buat kamu nih, yakni mengetahui fungsi dari vacuum pump. Mengingat pentingnya penggunaan vacuum pump dalam sebuah industri, maka mengetahui fungsinya jadi nilai plus lho. Fungsi dari vacuum pump sendiri adalah mempercepat terjadinya kondensasi berubah menjadi air kembali melalui condenser. Dengan adanya vacuum, maka uap akan turun menyentuh bagian condenser sisi luar yang membuatnya dialiri oleh media pendingin sehingga terjadi heat transfer yang menyebabkan uap basah akan kembali terkondensasi menjadi air dan akan tertampung di sebuah ruangan yang berada pada hot wall.

Melalui proses kondensasi itulah perlunya vacuum pump digunakan, sehingga tidak sedikit dari industri – industri besar yang memanfaatkan alat yang satu ini untuk mempercepat kondensasi, sehingga mempermudah proses produksi. Di Indonesia sendiri alat ini dapat diperoleh pada distributor resmi dan terpercaya seperti Intidaya Dinamika Sejati yang ada di Surabaya. Jika kamu membutuhkan alat satu ini untuk keperluan produksi bagi sebuah industri, maka tunggu apalagi, langsung saja dapatkan di distributor resmi penyalur alat pompa vakum ini.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Teknologi

Akhirnya Update MacOS Big Sur

2 Mins read
Akhirnya pagi tadi saya memberanikan diri untuk update MacOS Big Sur. Kenapa memberanikan diri? Karena sebetulnya hari-hari ini saya lagi sibuk banget…
Teknologi

5 Panduan Memilih Web Hosting Terbaik Untuk Blog Wordpress

2 Mins read
Salah satu hal yang utama ketika memutuskan memilih WordPress sebagai pilihan Content Management System (CMS) untuk platform blog adalah kemampuannya untuk dikelola…
Teknologi

Bagaimana Teknologi Merevolusi Memeriksa Plagiarisme?

3 Mins read
Jika Anda ingin tahu tentang bagaimana teknologi telah mengubah aspek pemeriksaan plagiarisme, maka Anda telah menempatkan diri Anda di tempat yang tepat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.