NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Tulisan Lepas

Mengubah versi PHP di MAMP

1 Mins read
versi PHP di MAMP

Bagi kamu web developer di Mac tentu sudah tidak asing dengan MAMP. Yups, inilah web server yang tenar di kalangan web developer yang menggunakan Mac. Nah MAMP sendiri punya dua versi, versi MAMP standard dan MAMP Pro yang berbayar. Salah satu kelebihan MAMP Pro (yang berbayar) adalah kita bisa mengganti versi PHP semau kita, sedangkan di MAMP versi standard hanya diberikan dua pilihan saja. Nah bagaimana cara merubah versi PHP sesuai dengan yang diinginkan. Misal pada MAMP yang saya gunakan di versi 4, versi PHP yang diberikan itu versi pilihannya cuma di PHP 7.0 dan 7. Lalu bagaimana jika ada aplikasi yang memakai PHP versi 5.6? Daripada kita harus merubah semua koding yang sudah deprecated di versi 7, kita bisa mengaktifkan PHP versi 5.6 di MAMP standard kita. Bagaimana caranya?

Secara default, MAMP standard hanya memberikan 2 versi PHP saja. Apakah bisa dibuat jadi banyak versi PHP? Bisa, dengan cara beli MAMP Pro, hehehe just kidding. Nah karena kita cuma dikasih dua versi PHP, kita masih bisa kok untuk menentukan PHP versi berapa yang akan digunakan. Ok kita mulai.
Sebelumnya pastikan server MAMP tidak dalam posisi aktif.

Selanjutnya masuk  ke dalam folder “/Applications/MAMP/bin/php“, di situ kita bakalan lihat berbagai versi PHP yang sebetulnya tersedia di MAMP. Tapi karena dibatasi, MAMP standard hanya akan membaca 2 versi PHP terakhir saja.

versi PHP di MAMP

list versi PHP yang ada di MAMP

Untuk mengaktifkan versi PHP yang lain, misalnya PHP 5.6.30, saya tinggal rename versi PHP yang tidak saya pakai. Pastikan versi PHP yang kamu inginkan termasuk dalam 2 versi PHP yang terakhir.

versi PHP di MAMP

versi diinginkan dibuat jadi list terakhir, versi yang tidak saya inginkan saya rename

Langkah selanjutnya adalah masuk ke dalam konfigurasi MAMP, masuk tab PHP, dan pilih versi PHP yang tadi sudah di setting. Nah sudah adakan versi PHP yang kamu inginkan.
versi PHP di MAMP
Selanjutnya tinggal start server MAMP.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.