NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
kesehatan

Penyakit Keputihan dan Pengobatan Alami

2 Mins read
Penyakit Keputihan
Penyakit Keputihan
Sumber gambar : cantikmenawan.com

Semua perempuan pasti pernah mengalami keadaan saat penyakit keputihan. Biasanya keputihan terjadi saat vagina mengeluarkan cairan atau lendir. Ada berbagai banyak faktor gejala keputihan dan keadaan yang berbeda pada setiap wanita, Keadaan yang tidak berbahaya dan merupakan salah satu cara alami tubuh dalam menjaga kebersihan dan kelembapan organ kewanitaan ini penting.

Cairan yang diproduksi dari kelenjar vagina dan leher rahim akan keluar membawa sel mati dan bakteri sehingga vagina terlindung dari infeksi. Keadaan normal, cairan keputihan memiliki karakteristik seperti tidak berwarna atau berwarna putih, tidak berbau dan tekstur cairannya bisa berubah tergantung siklus menstruasi setiap perempuan berbeda.

Cara untuk mencegah keputihan dengan langkah utama yang ampuh untuk mencegah keputihan. Cara yang bisa dilakukan seperti membersihkan vagina dengan sabun dan air hangat setelah buang air kecil atau besar kemudian keringkan cara inilah yang mencegah bakteri masuk ke dalam vagina dari dubur.

Lalu menghindari menyiram atau membersihkan vagina dengan semprotan air. Cara ini beresiko menghilangkan bakteri baik yang melindungi vagina dari infeksi. Menggunakan celana dalam berbahan katun untuk menjaga kelembapan pada area kewanitaan inilah maka hindari memakai celana dalam yang terlalu ketat, Menghindari menggunakan sabun atau produk kewanitaan yang mengandung parfum, karena dapat menganggu keseimbangan bakteri pada vagina.

Nah, disini keputihan bisa loh dibasmi dengan kebiasaan kebiasaan berikut pertama, mengompres area sekitar vagina dengan air dingin atau hangat untuk mengatasi rasa gatal, bengkak atau rasa tidak nyaman pada vulva. Kedua, tidak langsung berhubungan seks saat masih menjalani pengobatan hingga diperbolehkan dokter. Ketiga, menggunakan kondom jika berencana untuk melakukan hubungan seks, Keempat, rutin membersihkan vagina setiap hari dengan sabun yang ringan menggunakan air hangat, Kelima, selalu membasuh vagina dari depan ke belakang untuk mencegah bakteri masuk kedalamnya.

Eiitts tidak Cuma 5 kebiasan diatas saja yang bisa mengobati keputihan ada juga 5 cara pengobatan alami yang bisa kamu lakuakndirumah tapi ingat ya tetap kamu harus menjaga kebersihan vaginamu dan diri serta pakaian karena pengobatan apapun dan gaya hidupmu tetap maka percuma saja girls.

Pengobatan alami pertama dimulai dari kunyit, kandungan zat antibakteri pada kunyit dapat membantu mengobati keputihan membandel pada miss V caranya bisa dengan meminum air perasan kunyit yang telat diparut setiap hari dengan dosis dua kali sehati untuk mendapatkan proses penyembuhan yang maksimal.

Kedua bisa menggunakan biji fenugreek mungkin ini awam sekali dimasyarakat. Biji ini berasal dari tanaman dengan nama yang sama yaitu fenugreek atau bisa juga disebut klabet. Biji fenugreek dapat membantu meningkatkan jumlah PH pada miss V wanita caranya dengan merendam 1 sdm biji fenugreek dalam air hangat selama semalaman lalu sarin airnya kemudian minum sebelum sarapan.

Selanjutnya ketiga ada bawang putih, bahan ini mudah ditemukan di dapur kesayangan anda dengan resep herbal turun temurun dikarenakan mengandung sifat antibakteri dan antijamur. Itulah sebabnya mengonsumsi bawang putih efektif untuk menghambat pertumbuhan bakteri merugikan penyebab keputihan. Keempat ada daun sirih yaitu dengan bersifat antibakteri dan antijamur dan mengobati keputihan. Caranya dengan merebus daun sirih dan meminum air rebusan sirih atau membasuk miss V dengan air rendaman sirih. Walaupun banyaks ekali produk kewanitan menggunakan ekstrak daunsirih bukankah lebih baik membuat sendiri dengan meminum rebusan daun sirih asli. Silahkan dicoba !

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.