NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Teknologi

Penyebab Genset Tidak Mau Hidup dan Solusi Mengatasinya

3 Mins read
Genset Tidak Mau Hidup
foto: indotrading.com

Genset tidak mau hidup? Ketahui terlebih dahulu penyebab sebelum mencari tahu bagaimana cara memperbaikinya. Sekarang ini genset menjadi salah satu mesin yang memiliki peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang diketahui, seringkali digunakan pada saat pasokan listrik turun atau padam.

Karena terlalu seringnya digunakan, terkadang genset mengalami kerusakan apalagi jika tidak dilakukan perawatan. Dari banyaknya kerusakan yang terjadi, salah satu masalah yang sering terjadi yaitu genset yang tidak mau menyala. Nah, apa saja penyebabnya?

Penyebab Genset Tidak Mau Hidup Beserta Cara Mengatasinya

Berbicara tentang penyebab genset yang tidak mau hidup, sebenarnya ada beberapa penyebab yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, apabila Anda menjumpai masalah yang satu ini pastikan untuk mengecek bagian-bagian berikut.

Baterai/Aki Tekor

Masalah pertama yang biasanya menjadi penyebab genset tidak mau menyala yaitu baterai atau aki dari genset yang tekor. Nah, apabila genset di rumah tidak mau menyala pada saat di starter maka lakukan pengecekan pada bagian akinya. Aki yang tekor akan membuat putaran mesin menjadi kurang tinggi dan kompresi bahan bakarnya pun tidak cukup sempurna. Sehingga hal tersebut menyebabkan mesin gagal untuk menyala.

Lalu, bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut? Hal yang paling penting yaitu lakukan pengecekan secara rutin terutama pada permukaan air elektrolit aki. Selain itu, Anda juga perlu menjaga kebersihan dari terminal aki dengan cara rutin membersihkannya menggunakan air panas. Apabila aki pada genset sudah tidak layak lagi untuk digunakan, segera ganti dengan aki yang baru.

Baca Juga   Jika Tiba Saatnya Untuk Implementasi Warehouse Management System di Tempat Anda

Mesin Macet

Selain baterai atau aki yang tekor, penyebab lainnya mengapa genset tidak menyala yaitu karena kondisi mesinnya yang macet. Umumnya mesin genset yang macet disebabkan karena mesin mengalami kepanasan atau overheating. Seperti yang diketahui, pada saat genset beroperasi, pembakaran yang terjadi di ruang bakar akan menghasilkan panas yang tinggi.

Apabila sistem pendinginan pada mesin terganggu maka akan membuat panas di mesin genset menjadi berlebihan. Oleh karena itu, sebelum menggunakannya cek terlebih dahulu sistem pelumasan dan juga pendinginan pada genset. Selain itu, Anda juga perlu mengecek bagian pendingin genset apakah kondisinya masih baik atau layak.

Jarang Dipanasi

Tahukah Anda salah satu penyebab mengapa genset sulit untuk menyala yaitu karena jarang dipanasi. Saat genset lama tidak digunakan, maka oli pelumas yang melumasi mesin akan kembali ke bagian tangki oli. Onderdil yang tidak terlindungi oleh pelumas, komponen yang terdapat pada mesin akan mudah berkarat.

Untuk mencegahnya, pastikan untuk sering memanaskan mesin meski sedang tidak ingin digunakan minimal seminggu sekali. Dengan rutin memanasi genset di rumah, risiko mesin mengalami  pengaratan atau tersangkut satu sama lain.

Masuk Angin

Masuk angin pada genset merupakan salah satu kondisi dimana saluran injeksi bahan bakar pada mesin genset terisi oleh udara. Kondisi tersebut menyebabkan tekanan solar menjadi berkurang dan juga alirannya tidak bekerja dengan baik sampai ke bagian ruang bakar. Salah satu penyebab masalah masuk angin pada mesin genset in yaitu pengisian bahan bakar yang terlambat hingga habis.

Untuk mengatasi masalah tersebut Anda perlu memastikan bahwa tangki air sudah terisi solar hingga penuh. Setelah itu, cek saluran bahan bakarnya dan pastikan tidak ada longgar atau kebocoran. Selanjutnya keluarkan angin yang terdapat pada saluran bahan bakar dengan cara mengendorkan baut-baut yang menempel. Jika sudah, hidupkan kembali mesin genset.

Baca Juga   Blockchain dan Perkembangan CryptoCurrency ke depan

Bahan Bakar Tercampur Air

Satu lagi faktor yang menjadi penyebab mengapa genset tidak mau menyala atau ngadat yaitu bahan bakarnya yang sudah tercampur dengan air. Perlu diketahui, bahan bakar pada mesin yang tercampur air dapat mengakibatkan jumlah solar yang masuk ke bagian ruang bakar menjadi berkurang. Sehingga tidak mampu menggerakkan mesin genset dengan sempurna. Selain itu, air yang tercampur dalam bahan bakar dapat menimbulkan kara dan mengganggu kerja sistem injeksinya. Itulah mengapa mesin genset menjadi macet atau bahkan sulit untuk dinyalakan.

Nah, apabila masalah ini terjadi pada genset maka Anda perlu memastikan bahwa tangki dan sela-selanya dalam kondisi baik. Setelah itu keluarkan tangki dan keringkan. Jika sudah, maka pasang kembali tangki dan isi dengan menggunakan bahan bakar baru. Selain cara tersebut, hal lainnya yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menambahkan water separator pada saluran bahan bakar gensetnya.

Itulah beberapa penyebab sekaligus cara mengatasi genset tidak mau hidup dengan mudah dan benar. Umumnya beberapa cara di atas bisa Anda coba pada berbagai merk genset yang tersedia di IndoTrading karena pada dasarnya hampir sama. Lewat IndoTrading, Anda bisa menemukan banyak supplier yang jual genset harga terbaik dari seluruh Indonesia. Untuk menghindari kerusakan pada genset Anda pastikan untuk melakukan pengecekan dan juga perawatan secara rutin. Semoga informasi di atas membantu!

1265 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Teknologi

Gunakan Cloud Computing Untuk Membantu Menjaga Data-Data Customer Di Perusahaanmu

2 Mins read
Apakah kawan seorang pengusaha atau mungkin karyawan pada suatu perusahaan? Apakah perusahaan tempat kawan bekerja masih menggunakan flash disk, hard disk  pada…
Teknologi

Pentingnya Backlink Untuk Membantu Kepopuleran Website

2 Mins read
 Apakah anda seorang pebisnis atau mungkin seorang blogger? Apakah anda menggunakan media sosial dan internet untuk mengenalkan jasa atau bisnis anda? Apakah…
LogistikSoftwareWarehouse

Jika Tiba Saatnya Untuk Implementasi Warehouse Management System di Tempat Anda

2 Mins read
Buat Anda yang saat ini akan melakukan implementasi Warehouse Management System (WMS) tentu sudah melakukan berbagai perencanaan agar implementasi berjalan dengan sempurna….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.