NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Berita Logistik Indonesia

Pusat Logistik Berikat akan Tingkatkan Efisiensi Hulu Migas

1 Mins read
Berita Logistik Indonesia

Pusat Logistik Berikat akan Tingkatkan Efisiensi Hulu Migas

1 Mins read

Pusat Logistik Berikat akan Tingkatkan Efisiensi Hulu Migas

disadur dari okezone.com

JAKARTA – SKK Migas menilai pusat logistik berikat (PLB) tidak akan berjalan baik jikalau pengembangan atau eksplorasi minyak dan gas (migas) tidak pernah didukung.

Kepala Divisi Survei Pengeboran SKK Migas Ngatijan mengatakan, produksi minyak hingga saat ini telah mencapai 831,7 ribu barel atau lebih tinggi dari yang ditargetkan pada APBN yang sebesar 830 ribu barel.

Ngatijan menyebutkan, PLB masih didominasi oleh daerah Pulau Jawa, yakni dari Pantura, Merak hingga Subang, lalu ada pula di Benoa dan Balikpapan.

“Tantangan yang kita hadapi kita tahu dengan harga minyak rendah dan eksplorasi tidak mudah dan cenderung laut dalam. Dan berdasarkan WPNB eksplorasi di timur belum banyak. Jadi stigma bahwa go to east belum terkenal dengan baik,” kata Ngatijan di Jakarta, Rabu (18/5/2016).

 [Baca juga: Produksi Minyak Indonesia Terpengaruh Ekonomi Global]

Guna mendukung kawasan PLB, tahun ini eksplorasi ada sekitar 109 baik yang konvensional maupun yang non konvensional, yang tercapai berdasarkan pengalaman sekitar 30 persen.

“Alasannya kekuatan finansial dari KKKS eksplorasi tidak kiat dan dengan alasan cari partner. Lalu kendala perizinan, hutan lindung, isu sosial,” tambahnya.

Menurut Ngatijan, PLB merupakan salah satu jawaban untuk meraih efisiensi seluruh kegiatan di sektor minyak dan gas. Pasalnya, PLB akan memudahkan para pelaku usaha.

Ngatijan mengungkapkan, SKK Migas tengah berkoordinasi dengan para KKKS mengenai PLB. “Dan PLB yang dekat galangan akan survive. Solusi tepat PLB ini untuk meningkatkan efisiensi hulu migas,” tandasnya.

sumber: http://economy.okezone.com/read/2016/05/18/320/1391468/pusat-logistik-berikat-akan-tingkatkan-efisiensi-hulu-migas

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.