NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Tulisan Lepas

Succeed: How We Can Reach Our Goals

1 Mins read
Tulisan Lepas

Succeed: How We Can Reach Our Goals

1 Mins read

Heidi Grant Halvorson, doktor di bidang psikologi dan juga motivator, baru-baru ini menerbitkan buku laris berjudul Succeed: How We Can Reach Our Goals.
Dalam tulisannya yang cukup menggelitik di Harvard Business Review bertajuk Nine Things Successful People Do Differently, ada sembilan poin yang disampaikan Holvorson.

• Spesifik.
Jangan mengatakan, ‘“Saya akan mengurangi berat badan”.
Pernyataan itu tidak jelas karena masih terdapat ruang ketidakpastian. Jadi, katakanlah dengan tegas, “Saya akan menurunkan berat badan hingga 5 kilogram’.

• Canangkan momen.
Anda tidak boleh terjebak pada hal-hal yang malah bisa mematikan karier Anda. Artinya, bikin perencanaan yang matang secara profesional sehingga tidak ada salah satu pihak yang terbebani melebihi tanggung jawabnya.

• Sejauh mana langkah Anda?
Intinya adalah kita dituntut untuk selalu mengkaji kembali proses yang telah dilalui, apakah tetap pada jalurnya atau melenceng.

• Optimistis-realistis.
Sederhananya, kita jangan bersikap terlalu percaya diri, jangan pula menganggap rendah diri kita. Berusahalah sekuat mungkin dan yakinkan diri Anda bahwa Anda bisa menjawab semua tantangan meski harus melalui jalan berliku.

• Fokus pada ‘pencapaian yang lebih baik’, bukan ‘sudah bagus’. Pada era kompetisi yang kian ketat, mencapai penilaian ‘baik’ saja tidak cukup. Anda harus mempunyai nilai lebih untuk melibas pesaing.

• Maju terus pantang mundur.
Pastikan kemauan keras itu tidak mudah luntur karena persoalan sepele.

• Energi yang tak pernah padam.
Perlu belajar dari orang-orang terdekat yang Anda percayai untuk mencari jalan terbaik mencapai target.

• Jangan salahkan nasib.
Sadari bahwa semua orang memiliki keterbatasan. Kita bukan manusia super tetapi diberikan akal untuk mengelola beban dengan hasil maksimal.

• Fokus pada ‘sasaran tembak’,
bukan pada hal yang ingin ditinggalkan.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.