NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Tulisan Lepas

Supermarket Sabar Subur

2 Mins read
Tulisan Lepas

Supermarket Sabar Subur

2 Mins read

[wp_ad_camp_1][wp_ad_camp_5]Supermarket Sabar Subur
Hari ini saya sekeluarga menuju ke Supermarket Sabar Subur di kota Tangerang. Lokasinya terletak di jalan Ki Asnawi no 36, kota Tangerang. Sebenarnya supermarket ini memiliki 2 lokasi lain, yaitu di daerah Kota Bumi dan daerah Cikupa.

Di tengah sebuan jaringan supermarket raksasa di Tangerang, Sabar Subur juga masih bertahan dengan eksistensinya. Buktinya adalah ramainya pengunjung yang datang ke supermarket ini.

[wp_ad_camp_2]

Mari kita analisa, kenapa supermarket ini begitu ramai pengunjung. Dengan meminjam pisau analisa Marketing Mix dari Swastham mari kita uraikan satu persatu.

  1. Product
    Apa yang ditawarkan oleh Sabar Subur. Sabar Subur memberikan ketersediaan barang dengan jenis kebutuhan pokok, kebutuhan rumah tangga, pakaian, stationery, buku, food court, hingga play ground untuk anak. Hal yang hampir sama ditawarkan oleh supermarket besar lainnya.
  2. Price
    Dengan varian yang begitu beragam, ternyata Sabar Subur mampu memberikan harga yang kompetitif dibandingkan pesaingnya yang memiliki jaringan raksasa. Kuncinya adalah kemampuan untuk membeli barang sebagai stok dengan partai besar yang mampu diserap oleh jaringan kecil Sabar Subur. selain itu, lokasi juga memiliki poin penting dalam penentuan harga barangnya. Berbeda dengan supermarket yang memiliki jaringan besar, cost terbesarnya juga jatuh pada penempatan lokasi supermarket.
  3. Place
    Tidak seperti supermarket besar, lokasi Sabar Subur mencoba masuk ke tempat di mana masyarakat banyak datang di sana. Masing-masing lokasi menunjukkan bahwa adanya kecenderungan kerumunan masyarakat. misal di lokasi Ki Asnawi, yang terletak dekat dengan lokasi pasar lama dan pasar Anyar. Gedungnya pun tidak terlalu megah dengan layout barang yang mungkin terkesan asal-asalan. AC tidak dingin, jalan cenderung berdesakan. tetapi hal ini tidak mengurangi antusias masyarakat untuk berbelanja.
  4. Promotion
    Bisa dibilang Sabar Subur minim dengan promosi. Sesekali memasang spanduk di jalan-jalan. atau ada buklet barang-barang yang dipromosikan, ditaruh di dekat kasir, tetapi terkesan seadanya saja. Permainan media online juga belum dijelajahi oleh supermarket ini. Tidak ada website, belum bermain di media sosial online, dan belum ada online shop, lebih banyak review dari pengunjungnya yang kebanyakan positif.

[wp_ad_camp_3]

dari empat variabel tersebut, kekuatan terbesar dari Sabar Subur adalah Price, harga yang lebih kompetitif dari pesaingnya, jaringan supermarket besar.
Segmentasi dari Sabar Subur saat ini ada lebih pada masyarakan menengah ke bawah. sabar Subur juga sudah menerapkan sistem member yang memberikan kelebihan pada potongan harga bagi membernya.
Saran untuk Sabar Subur adalah pembenahan infrastruktur di dalam supermarketnya, sehingga lebih tertata dan memberikan kenyamanan bagi pengunjungnya. Selain itu, bermain di media online sangat disarankan bagi Sabar Subur, terutama kemampuan untuk memberikan informasi ketersediaan barang di supermarketnya, memberikan informasi harga dan berpromosi melalui media online.

[wp_ad_camp_4]

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

14 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.