NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Logistik

Tentang Materi Bahasan Sertifikasi Logistik CLTD APICS

2 Mins read
Materi Bahasan Sertifikasi Logistik CLTD APICS

CLTD (Certified in Logistics, Transportation and Distribution) adalah salah satu sertifikasi yang dikeluarkan oleh APICS (American Production and Inventory Control Society). Sertifikasi ini ditujukan sebagai bukti profesionalitas dan penguasaan pada bidang logistik, transportasi dan distribusi. CLTD tidak terlepas dari sertifikasi APICS lainnya yaitu CPIM (Certified in Production and Inventory Management) dan CSCP (Certified Supply Chain Professional). Pada gambar berikut ini, kita bisa melihat keterhubungan antara CLTD, CPIM dan CSCP.

Materi Bahasan Sertifikasi Logistik CLTD APICS

Salah satu alasan dari mengambil sertifikasi logistik CLTD APICS daripada sertifikasi APICS lainnya adalah CLTD lebih menekankan pada keahlian yang diperlukan pada industri logistik dengan sudut pandang supply chain pada operasi logistik, mulai dari proses inbound, outbound hingga reverse logistics yang kesemuanya terintegrasi pada satu aktifitas supply chain logistics.

Materi yang Termuat Pada CLTD

Ada 9 materi bahasan di Sertifikasi Logistik CLTD APICS antara lain:

1. Logistics Overview and Strategy

Secara garis besar, materi yang harus dipelajari pada topik ini adalah untuk melihat hubungan antara bagian logistik dengan bagian lainnya, misalnya dengan bagian marketing, finance, risk management dan manufacturing.

2. Capacity Planning and Demand Management

Pada bagian ini yang. harus dikuasai adalah kemampuan strategis yang berhubungan dengan demand dan dikaitkan dengan capacity planning. Keduanya berkaitan dengan kebutuhan logistik seperti warehouse dan transportasi.

3. Order Management

Pada materi ini berkaitan dengan konsep CRM (Customer Relationship Management), order management dan customer service.

4. Inventory Management

Pada materi ini akan dibahas mengenai konsep inventory, mulai dari metode hingga teknik untuk mengelola inventory di supply chain.

5. Warehouse Management

Pada materi ini akan berfokus pada strategi, proses, metode dan teknik untuk mengelola warehouse yang efisien dan efektif. Termasuk di dalamnya adalah strategi melakukan reduce cost dan cycle time untuk meningkatkan akurasi serta melakukan space management, packaging, control system, layout, strategi outsource dan KPI (Key Performance Indicator)

6. Transportation Management

Pada materi ini akan dibahas mengenai prinsip umum dan proses yang harus dilakukan pada manajemen transportasi.

7. Global Logistics

Cakupan yang dibahas berkaitan dengan lingkungan operasional global dari sebuah logistik. Hal ini berkaitan dengan hukum yang berlaku, dokumen, keamanan maupun finansial.

8. Logistics Network Design

Materi ini akan membahas tentang modelling dan teknik-teknik pada logistik.

9. Sustainability and Reverse Logistics

Pada materi ini akan dibahas mengenai berbagai aktifitas pada reserve logistics. Selain itu juga dibahas mengenai logistics social responsibility yang berkaitan dengan tripple bottom line.

kesembilan materi ini adalah sebagai materi bahasan sertifikasi logistik CLTD APICS dan termuat di dalam ECM (Exam Content Manual) CLTD dan secara periodikal selalu diperbaharui oleh APICS agar selalu bisa mengikuti pemenuhan keahlian yang dibutuhkan di bidang logistik.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.