NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Lifestyle

4 Alasan Harus Menghemat Listrik

2 Mins read
menghemat listrik

2022 disebut oleh berbagai pihak adalah tahun dimana pandemi covid 19 akan berubah menjadi sebuah endemi. Hal ini berarti, kita sebagai manusia dituntut untuk berani hidup berdampingan dengan virus covid 19 yang sudah hampir tiga tahun menakuti kita.

Seperti kita tahu, selama pandemic covid 19 melanda, kita disibukkan dengan semua kegiatan mulai dari pagi hingga pagi lagi keesokan harinya di rumah. Hal ini tentu saja akan berpengaruh pada banyak hal di rumah kita, salah satunya adalah membengkaknya tagihan listrik di rumah.

Saya ingat sekali Ketika di awal tahun 2020 saya sempat menyalahkan pemerintah karena menaikkan tarif dasar listrik yang membuat rtagihan listrik di rumah membengkak tanpa saya teliti dulu jika semua itu bukan karena kesalahan pemerintah tapi murni karena kesalahan saya. Kok bisa? Ya, tentunya meskipun Tarif Dasar Listrik naik jika saya dan keluarga bisa menggunakan listrik dengan lenih hemat, tentunya itu takkan terlalu berpengaruh pada kenaikan tagihan listrik kami. Toh nyatanya selama pandemic, memang pemakaian listrik di rumah saya bisa 2x lipat dari pemakaian sebelum pandemi.

Semenjak itu, kini saya dan keluarga lebih bijak lagi dalam menggunakan listrik. Kami semakin sadar bahwa kami harus hemat dalam menggunakan listrik. Lho, kita kan pakai listrik bayar, ngga gratis. Lalu mengapa kita harus menghemat listrik?

Tahukah kamu jika sumber daya listrik yang kamu gunakan itu menggunakan energi yang sangat besar dan susah didapatkan. Listrik diproduksi dari berbagai sumber seperti air, minyak, batu bara, angin, panas bumi, nuklir, matahari, dan masih banyak lagi.

Tahukah kamu jika 80% energi yang digunakan untuk menghasilkan listrik di rumahmu berasal dari sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui? Jadi, akankah kamu masih mengajukan pertanyaan mengapa kita harus menghemat listrik?

Baca Juga   Sedekah Online: Hukum dan Tips Sedekah Online

Ada berbagai alasan mengapa kita harus menghemat listrik, kali ini saya akan berikan 4 alasannya:

  1. Membantu Bumi Bertahan Lebih Lama
    Pemakaian segala macam peralatan elektronik yang menggunakan energi listrik, secara langsung maupun tidak langsung dapat mengancam keberadaan bumi tanpa disadari manusia. Hal ini dikarenakan efek pemanasan global yang disebabkan besarnya pemakaian berbagai elektronik di dunia. Kok bisa? Hal ini dikarenakan listrik diproduksi, meskipun tidak semua namun sebagian besar menggunakan batu bara sebagai sumbernya. Batu bara mengandung karbon murni (CO2). Sehingga pembakaran batu bara yang digunakan untuk menghasilkan listrik, otomatis akan menyumbang CO2 pada atmosfer kita. Pembakaran inilah yang akan menyumbang pemanasan global di bumi kita.

  2. Membantu Menghemat Energi Bumi
    Seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, listrik dihasilkan Sebagian besar menggunakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Dengan menghemat pemakaian listrik, otomatis kita akan menyumbang tersedianya energi listrik di masa depan yang bisa dimanfaatkan oleh anak cucu kita nanti.

  3. Membantu Kita Mengendalikan Diri dan Belajar Berbagi (Mengurangi Pemadaman)
    Pengendalian diri adalah salah satu hal dasar yang wajib kita punyai sebagai seorang manusia. Kita harus mulai mengubah cara berpikir kita yang sebelumnya menggunakan listrik dengan seenak kita dan mulai belajar mengendalikan diri dalam menggunakan energi listrik. Dengan begitu, tanpa sadar, kita juga sudah berbagi listrik dengan manusia lain. Tahukah kamu jika tidak semua daerah di Indonesia bisa menikmati aliran listrik selama 24 jam penuh seperti penduduk yang ada di pulau jawa dan sekitarnya? Mari mulai belajar mengendalikan diri dan berbagi listrik dengan menghemat penggunaan listrik agar penduduk Indonesia lain bisa menikmati listrik lebih lama juga seperti kita yang ada di pulau Jawa.

  4. Menghemat Pengeluaran Kita
    Salah satu keuntungan yang pasti akan kamu dapat dengan menghemat listrik adalah kamu bisa menghemat pengeluaranmu. Dengan pengeluaran listrik yang bisa dipangkas maka kamu bisa memasukkan dana anggaran listrikmu ke pos lainnya bahkan bisa kamu gunakan untuk menambah tabungan bulananmu.
Baca Juga   5 Hotel di Jakarta Barat Yang Memiliki Fasilitas Pusat Kebugaran

Jadi bagaimana? Masih bertanya mengapa kita harus menghemat listrik?

1379 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Lifestyle

Wahai Pria di luar sana, Perhatikan 8 hal ini ketika Memilih Jam Tangan

3 Mins read
Jam tangan bukah hanya berfungsi untuk penunjuk waktu, melainkan sudah menjadi aksesoris pria. Tentunya, pemilihan yang tepat akan menambah rasa percaya diri….
Lifestyle

Eits, Jangan beli kulkas dulu sebelum baca ini!

2 Mins read
Akhir-akhir ini cuaca di Indonesia kerap kali tidak menentu, seringkali malah cuaca di sekitar tempat saya tinggal sangat panas. Suhu yang sangat…
Lifestyle

Donasi Online untuk Membantu Anak-Anak agar Bisa Bersekolah

3 Mins read
Seringkali, kita menemukan anak-anak berjualan di lampu merah, mengamen, atau bahkan sekadar bermain di kolong jembatan. Terkadang, kita merasa sedih melihat anak-anak…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.