NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
kesehatan

5 Makanan Wajib Ibu Hamil untuk Periode Emas Anak

3 Mins read
makanan wajib ibu hamil

Hai kawan. Apa kabar? Semoga kawan semua dalam keadaan sehat. Masa pandemi Covid19 membawa banyak perubahan bagi tiap manusia dan keluarga. Salah satu dampak dari adanya Covid19 adalah dengan naiknya angka kehamilan. Keharusan untuk membatasi diri dari keluar rumah dan ancaman virus Covid19 diluar rumah agaknya membuat para wanita ragu untuk mengakses layanan alat kontrasepsi di fasilitas kesehatan. Mereka memilih untuk menunda jadwal penggantian alat kontrasepsi mereka. Hal ini tentu saja menyebabkan naiknya kehamilan yang tidak direncanakan.

Apakah kawan adalah salah satu wanita yang sedang hamil akibat tak terjangkaunya akses layanan kontrasepsi atau mungkin istri anda adalah salah satunya?

Jika memang itu yang terjadi, kita patut mensyukurinya karena bagaimanapun anak adalah anugerah dari Yang Maha Kuasa. Jika anda atau istri anda hamil maka artinya Tuhan telah memberi kepercayaan pada anda dan keluarga untuk memberikan yang terbaik bagi si calon bayi yang kini ada dalam kandungan.

Salah satu cara memberi yang terbaik bagi calon bayi anda adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi dan vitamin bagi janin anda. Seperti kita tahu bahwa periode emas anak ternyata dimulai saat anak masih di dalam kandungan. Karena periode emas anak dimulai sejak dia masih berada dalam kandungan maka pemberian vitamin, nutrisi, simulasi maupun bonding atau keterikatan antara ibu dan anak bisa dimulai semenjak anak masih dalam kandungan.

Makanan merupakan hal yang penting bagi ibu hamil karena itu ibu hamil hendaknya lebih selektif dalam memilih makanan yang mereka makan. Seperti kata pepatah “You are what you eat” Yang kamu makan akan berpengaruh pada kesehatan dan kinerja tubuhmu. Terlebih bagi wanita hamil dimana makanan yang mereka makan akan diambil sari-sarinya oleh tubuh dan disalurkan pada janin yang mereka kandung. Karena itu sangat penting untuk memilih makanan yang mengandung  nutrisi yang bagus untuk ibu hamil. Apa saja sih makanan yang mengandung nutrisi yang bagus untuk ibu hamil itu? Yuk kita intip:

  1. Daging
    Seperti yang kita ketahui, daging mengandung banyak zat besi, protein, vitamin, dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu selama masa kehamilan. Begitu baiknya asupan daging bagi ibu hamil. Jika anda atau istri anda sedang hamil, segala macam daging diperbolehkan untuk disantap mulai dari daging sapi, kambing, bahkan kerbau yang dipercaya mengandung vitamin B12 yang dipercaya baik untuk ibu hamil dan bagi pertumbuhan otak janin. Yang perlu diwaspadai disini adalah dalam mengolah daging, sebaiknya sampai daging benar-benar matang seluruhnya agar bakteri yang mungkin ada pada daging sudah mati saat daging dikonsumsi.

  2. Telur
    Tahukah anda bahwa telur mengandung 9 asam amino yang penting bagi tubuh? Tahukah anda jika tubuh kita tidak bisa memproduksi asam amino sendiri. Karena hal itu, dengan mengonsumsi telur berarti anda telah memasukkan 9 asam amino kedalam tubuh anda. Dan ketika wanita hamil mengonsumsi telur, asam amino yang dikonsumsinya akan diserap oleh janin yang sedang dikandungnya.

    Asam amino sangat penting bagi tumbuh kembang jaringan tubuh. Dengan mengonsumsi asam amino dari telur, anda telah mengurangi resiko kecacatan pada bayi sejak dalam kandungan. Asam amino juga dipercaya membentuk sitokin dan antibodi yang artinya dengan adanya kandungan asam amino dalam tubuh ibu hamil maka imunitas janin akan meningkat. Yuk, makan telur! Hehehe.

  3. Buah-buahan
    Saya sendiri adalah pemakan rutin buah. Saya suka mengonsumsi buah tanpa pilih-pilih rasa, baik yang rasanya manis maupun asam. Buah mengandung banyak vitamin dan nutrisi yang bagus untuk ibu hamil. Alpukat mengandung vitamin B, C, serta asam folat dan kalsium yang dibutuhkan untuk pembentukan otak janin. Selain itu ada juga buah jeruk dan mangga yang mengandung antioksidan tinggi yang dibutuhkan oleh janin karena kandungan vitamin C-nya.

  4. Susu dan turunannya
    Jika anda atau istri anda yang sedang hamil tidak mempunyai intoleransi atau alergi pada susu, maka saya sarankan anda atau istri anda yang sedang hamil untuk rutin mengonsumsi susu dan turunannya selama masa kehamilan. Yang saya maksud dengan susu dan turunannya yaitu susu, keju, maupun yoghurt yang kesemuanya berbahan dasar susu. Atau jika anda atau istri anda yang sedang hamil mengalami alergi terhadap susu sapi, anda bisa coba menggantinya dengan susu kedelai.

  5. Sayur-sayuran
    Nah, yang terakhir dan terpenting untuk anda yang sedang hamil adalah jangan lupa memakan sayuran. Khususnya bagi anda yang nantinya memberikan asi eksklusif bagi si bayi. Anda bisa memulai memasukkan daun katuk yang rasanya hampir sama dengan bayam kedalam daftar sayuran yang anda makan. Dengan mengonsumsi daun katuk, anda akan mempersiapkan tubuh anda untuk memproduksi asi yang jumlahnya mencukupi bagi si bayi nantinya.
Baca Juga   Relaksasi Tubuh Anda Dengan Layanan Massage Karawaci

Untuk anda yang kini sudah melahirkan dan dalam masa menyusui, belum terlambat lho untuk mengonsumsi daun katuk agar asi yang anda keluarkan lancar. Jika anda kesulitan mencari daun katu, anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi herba ASIMOR yang diproduksi oleh perusahaan farmasi kenamaan Dexa Medica.

Oke kawan, sampai disini dulu ya. Sampai jumpa di topik lainnya. Salam sehat!

1271 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
kesehatan

Buah untuk Menjaga Imun Tubuh

2 Mins read
Buah-buahan sangat berkhasiat untuk kesehatan. Semua orang berlomba ingin sehat, karena maraknya virus corona yang tak kunjung usai membuat banyak orang jadi…
kesehatan

5 Gaya Hidup Sehat Dan Aktif Ala Milenial

3 Mins read
Hai kawan. Apa kabar? Semoga saat membaca artikel saya saat ini, sobat semua dalam keadaan sehat. Di tengah badai Covid19 yang kini…
kesehatan

Manfaat Vitamin D3 Bagi Tubuh

2 Mins read
Sebagai bagian dari komitmen hidup sehat, melakukan gaya hidup yang sehat seperti makan makanan yang menyehatkan, berolahraga secara teratur, dan beristirahat yang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.