NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Pendidikan

Ini Saatnya Bisa Belajar Tanpa Batas

5 Mins read
belajar tanpa batas

Ternyata tidak semudah itu untuk bisa belajar berbagai hal. Tidak hanya dari keinginan, hambatan belajar juga timbul dari keterbatasan ruang dan waktu. Namun kini saatnya untuk bisa belajar tanpa batas.

Pembelajaran Yang Terus Berlangsung

Beberapa hari yang lalu, saya mendengar ucapan hikmat dari seorang Bhante dalam vlog bapak Gita Wiryawan. Pemuka agama yang berasal dari salah satu Vihara di Yogyakarta ini mengatakan bahwa hidup ini tidaklah kekal. Karena itu jangan pernah berhenti untuk berproses dalam hidup. Saya sendiri berpedoman bahwa selama kehidupan masih terus berjalan, maka proses pembelajaran kita akan terus berlangsung.

Akses Belajar Yang Semakin Mudah

Aktivitas pembelajaran tidak selalu bisa didapatkan melalui buku bacaan, tetapi juga bisa melalui sharing pengalaman dan pengetahuan dari orang lain. Selain itu dengan kemajuan teknologi telah membantu kita sebagai makhluk pembelajar untuk lebih mudah mengakses berbagai ilmu yang ingin dicari. Dengan memanfaatkan ponsel, tablet, maupun laptop yang dimiliki, kita bisa mendapatkan berbagai pengetahuan yang ingin dicari.

Perubahan Pola Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19

Pandemi Covid 19 telah membawa banyak perubahan pola belajar baik bagi pelajar maupun bagi pekerja seperti saya. Saya mempunyai anak yang masih berada di sekolah dasar. Dengan adanya pandemi Covid19 ini membuat anak saya yang sebelumnya belajar dengan tatap muka di sekolah menjadi menggunakan platform belajar online (dengan berinteraksi langsung 2 arah atau lebih menggunakan media internet) atau bahkan hanya melalui platform e-learning (Hanya berinteraksi searah menggunakan media internet).

Tentu pola pembelajaran secara online ini tidak hanya terjadi di tingkat sekolah dasar seperti yang dialami oleh anak saya. Berbagai media pembelajaran lainnya seperti kursuspun juga mengalihkan pembelajarannya melalui platform online.

Belajar Tanpa Batas Dengan Platform Online

Pergeseran pembelajaran melalui online ini, tentu menjadikan belajar tanpa batas lagi. Setiap saat, kita bisa belajar dengan tanpa batasan ruang dan waktu. Pemanfaatan platform online juga memperkuat pola pembelajaran menjadi lebih terstruktur karena dibuat dengan target pembelajaran yang jelas dan adanya kurikulum yang disesuaikan dengan target pembelajaran.

Baca Juga   Pendidikan Di Kampus Binus Malang Untuk Masa Depan Terbaik

Salah satu platform belajar online yang akhir-akhir ini sering saya kunjungi adalah Qubisa. Apa sih Qubisa? Apa perbedaan platform belajar online satu ini dibanding platform belajar online lainnya? Mari berkenalan dengan Qubisa.

Platform Belajar Online Qubisa

platform belajar online
platform belajar online QuBisa

Qubisa adalah salah satu platform belajar online dan platform kursus online gratis bermutu yang ada di Indonesia. Qubisa bekerjasama dengan beberapa lembaga terpercaya seperti GML Performance, GNIK, TKN (Titian Karya Nusantara), Stikes Widya Cipta Husada, dan berbagai lembaga lain yang kredibel di bidangnya untuk memberikan konten terbaik.

Sebagai platform belajar online, Qubisa akan menghubungkan para peserta yang haus akan ilmu pengetahuan dengan instruktur yang berpengalaman.

Sistem Pengajaran di Qubisa

Ada 2 sistem pengajaran di Qubisa ini yaitu:

  1. Sistem pengajaran sinkronis
    Sistem pengajaran yang bersifat sinkronis dimana Qubisa sebagai platform  belajar daring, peserta dan trainer atau instruktur dapat melakukan interaksi secara langsung seperti ketika belajar di kelas namun bedanya di Qubisa, peserta dan trainer atau instruktur bertemu lewat webinar.

  2. Sistem Pengajaran asinkronis
    Sedangkan sistem pengajaran yang bersifat asinkronis dimana Qubisa dalam hal ini juga merupakan platform belajar e-learning yang memberikan berbagai pengajaran kepada peserta lewat media rekaman video.

Ada berbagai kategori serta topik yang bisa kalian semua pelajari melalui kursus online gratis di Qubisa. Buat kamu yang seorang pembelajar maupun profesional muda yang ingin mengembangkan dirinya, kalian bisa lho mengikuti berbagai topik pengembangan diri yang disediakan gratis melalui webinar pengembangan diri di Qubisa.

Dalam kategori personal development atau pengembangan diri di Qubisa ini ada berbagai topik menarik mengenai career development yang bisa menambah ilmu bagi yang sedang meniti karir ke jenjang yang lebih tinggi.

Buat kamu yang ingin belajar tentang hal yang lagi tren pada saat ini seperti seperti digital marketing, kamu bisa mengikuti kursus online digital marketing di Qubisa.

Baca Juga   Kursus Full Stack Web Developer Hingga Mahir

Belajar Tanpa Batas dengan Microlearning di Qubisa

Ini adalah pengalaman saya pada saat menggunakan platform belajar online dan platform kursus online gratis dari Qubisa.

Sebagai salah seorang pembelajar, saya sangat suka mempelajari berbagai hal yang saya minati. Saya beberapa kali membuka berbagai topik menarik yang ada di microlearning Qubisa. Microlearning ini terdiri dari video-video singkat yang bisa kita pelajari sebagai satu kesatuan.

Jika kamu tidak memiliki banyak waktu tetapi ingin memperoleh ilmu, kamu juga bisa menonton satu video dulu di satu waktu dan melanjutkan ke video yang lain di waktu selanjutnya. Masing-masing topik meskipun berhubungan tapi bisa ditonton secara terpisah.

Salah satu topik microlearning yang saya pelajari di Qubisa adalah “Coaching vs Training” yang ditampilkan oleh dua trainer berpengalaman. Mereka adalah Maria T. Kurniawati yang memiliki pengalaman 30 tahun dalam manajemen kantor dan Human Resources dan Andang Lukitomo yang dulunya bekerja sebagai salah satu bankir dan mempunyai banyak pengalaman di Human Resources.

Banyak hal yang saya pelajari dari microlearning “Coaching vs Training” mulai dari pentingnya penggunaan Balance Score Card, KPI, dan berbagai aspek lain yang mengacu pada road map pembuatan development program. Melalui microlearning “Coaching vs Training” saya juga belajar apa saja perbedaan dari training dan coaching serta sejauh mana training dan coaching mempengaruhi kemajuan perusahaan.

Dengan adanya dua instruktur dalam microlearning tersebut, maka saya merasa beruntung karena mendapat dua pandangan yang saling mendukung mengenai topik yang saya pelajari.

Menurut saya, dengan semakin banyak profesional yang kompeten bersedia membagikan ilmu mereka dalam satu topik maka akan semakin banyak insight yang saya dapatkan dan saya beruntung karena Qubisa mempunyai lebih dari 300 instruktur yang terdaftar dan siap membagikan pengetahuan mereka.

Kemudahan Belajar di Qubisa

Kategori kursus dan webinar yang beragam namun terstruktur  dan terjadwal dari Qubisa juga memudahkan saya memilih topik belajar online yang ingin saya pelajari.

Baca Juga   Pendidikan Instan Demi Sebuah Nilai

Qubisa juga menyediakan poin-poin yang bisa dikumpulkan saat kita mengakses berbagai video maupun kursus dan webinar yang tersedia, nantinya poin-poin itu bisa dikumpulkan dan diikutkan dalam lomba. Jadi saya semakin semangat untuk belajar di Qubisa.

Qubisa juga menyediakan paket kursus berbayar dan sertifikasi berbayar yang bisa kamu intip di website Qubisa atau bisa kamu akses melalui aplikasi Qubisa yang kalian bisa download di Google Playstore ataupun Appstore.

Saat tulisan ini saya buat, sedang ada berbagai lomba dari Qubisa buat kalian yang ingin menambah pundi uang kalian. Tertarik? Simak dua lomba yang lagi diadain oleh Qubisa:

  1. Lomba video microlearning festival berhadiah 95 juta
    Lomba ini buat kamu yang sudah mendaftar jadi member Qubisa dan tertarik dengan dunia content creator. Kamu bisa membuat video edukatif yang dikemas menarik dan kreatif dengan durasi maksimal 2 menit dengan topik seputar kategori yang ada di Qubisa.

    Untuk info lebih lanjut, kamu bisa buka aplikasi Qubisa kalian. Buat kamu yang belum mendaftar di Qubisa, kamu bisa mendaftar terlebih dahulu kemudian intip info lombanya di aplikasi Qubisa yang ada di ponsel atau juga di website Qubisa.

  2. Liga PoinQu
    Liga PoinQu ini adalah kompetisi pengumpulan poin setiap kali melakukan aktivitas pembelajaran maupun cek in harian yang bisa kamu dapatkan saat mengakses Qubisa baik via website maupun aplikasi. Tersedia total hadiah 10 juta untuk 50 pengguna yang meraih poin terbanyak. Asyik banget, kamu jadi bisa kumpulkan poin di Liga PoinQu sambil belajar.

Mumpung waktu lombanya belum habis, kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini deh. Belajar sekaligus menambah uang di Qubisa.

Tidak Ada Lagi Batasan Untuk Belajar

Sekali lagi, sekarang saatnya untuk belajar tanpa batas. Dengan adanya platform belajar online seperti Qubisa ini, kamu bisa belajar apa saja, di mana saja dan kapan saja. Jadi, seperti ucapan hikmat dari seorang Bhante di awal tulisan ini, pembelajaran adalah sesuatu yang terus berlangsung, dan saat ini kita bisa belajar tanpa batas lagi.

1271 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Pendidikan

Membangun Budaya Literasi Anak Sejak Dini Lewat Dongeng

3 Mins read
Membangun budaya literasi anak sejak dini adalah waktu yang tepat agar seseorang dapat mengenal budaya literasi. Salah satu cara mengenalkan adalah lewat…
Pendidikan

Pilih Kelas Pelatihan Prakerja Yang Sesuai Dengan Passionmu Di Website Ini

4 Mins read
Pandemi yang terjadi di negara kita sejak awal tahun 2020 tak ayal membawa pengaruh negatif pada semua sektor ekonomi yang terasa bahkan…
Pendidikan

Kursus Full Stack Web Developer Hingga Mahir

5 Mins read
Saat ini kemajuan teknologi informasi sudah bisa dirasakan di sekitar kita. Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan teknologi web, aplikasi mobile,…

5 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.