NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Pendidikan

5 pekerjaan ini Takkan Lekang Dimakan Waktu

8 Mins read
profesi tak lekang waktu

Diakui atau tidak, teknologi bagai pisau bermata ganda. Memberi banyak keuntungan namun sekaligus bisa membawa efek buruk bagi kehidupan. Di akhir tahun 90an hanya orang kaya yang bisa menikmati telepon genggam sebagai alat komunikasi tapi 20 tahun kemudian, hampir semua orang di dunia bisa terhubung secara langsung melalui internet. Penggemar boyband di tahun 90an harus membeli majalah untuk mendapatkan poster idola mereka. Penggemar ini juga rela menunggu kabar berita sang pujaan di TV dalam acara infotainment.

Salah satu channel televisi yang sangat terkenal saat itu adalah MTV dan merupakan channel yang sering dikunjungi kaum muda untuk melihat penampilan langsung maupun video klip dari boyband kesayangan mereka. Dengan kecanggihan teknologi saat ini dan hadirnya internet di ruang pribadi setiap orang membuat selebrita pun makin terbuka dengan kehidupan sehari-hari mereka. Dengan berbagai aplikasi dan situs baik yang gratis maupun berbayar, anda bisa mengakses kabar terbaru selebriti maupun boyband favorit anda. Bahkan di tengah pandemi saat ini, beberapa penyanyi, grup band dan boyband mengadakan konser mereka secara virtual yang dihadiri oleh peserta dari seluruh dunia hanya dengan membayar secara transfer.

Kalau melihat hal diatas seakan-akan teknologi sangat memudahkan manusia ya? Sangat menguntungkan manusia ya? Tentu saja saya setuju dengan anda tapi tahukah anda bahwa dengan perkembangan teknologi yang pesat seperti saat ini, akan banyak pekerjaan pula yang akan hilang dan tergantikan oleh teknologi?. Saat ini, ada berapa banyak dari kita yang masih menggunakan uang tunai sebagai alat pembayaran? Saya yakin, para millenial maupun pemuda masa kini Indonesia juga sudah tidak asing lagi dengan aplikasi bank digital yang diluncurkan oleh beberapa bank besar di Indonesia. Semua aplikasi yang tersedia ini seakan memudahkan nasabah namun hal ini juga berakibat pada menurunnya fungsi teller dan customer service bank. Di masa depan, diramalkan beberapa pekerjaan seperti teller, kasir, customer service, agen perjalanan, admin penginput data, dan masih banyak lagi akan punah.

5 Pekerjaan yang Takkan Lekang di Makan Waktu

Lalu bagaimana jika saya ingin bertahan di tengah gerusan teknologi? Jika kamu masih muda, kamu beruntung saat membaca artikel ini karena kamu masih bisa menyiapkan masa depan kamu mulai sekarang. Nih saya kasi bocoran 5 pekerjaan yang takkan lekang di makan waktu:

  1. Data Analist
    Data analist adalah pekerjaan yang membutuhkan daya analitik yang kuat. Jika kamu menjadi data analist maka kamu dituntut untuk dapat menerjemahkan angka-angka yang masuk ke anda sebagai data dan mengolah angka-angka tersebut untuk kemudian menerjemahkannya dalam kata-kata yang bisa digunakan oleh manajemen maupun pihak yang membutuhkan untuk mengambil suatu keputusan. Meskipun teknologi bisa membantu dalam mengolah data namun penerjemah data yaitu data analist yang bisa membaca data yang dikeluarkan oleh mesin masih selalu dibutuhkan oleh perusahaan.

  2. Content writer dan video creator
    Ide dan kreatifitas adalah hal yang tak bisa dinilai dengan uang. Ketika kamu menjadi content writer dan video creator, ide dan kreatifitasmu akan mendatangkan pundi-pundi yang tak terhingga. Ketika kamu sudah terkenal dan pengikutmu selalu menantikan kontenmu, maka disitu pundi-pundi uangmu akan terus mengalir dari berbagai brand yang ingin memasang iklan pada konten yang kamu buat.

  3. Desain grafis
    Satu lagi pekerjaan yang tidak bisa digantikan oleh teknologi adalah desain grafis karena desain membutuhkan seni pemikiran dan kreatifitas manusia yang tidak bisa digantikan oleh mesin. Selain itu, berbagai macam permintaan klien pada desain yang ingin dibuat membuat manusia jauh lebih mumpuni dalam mengerjakan sebuah desain ketimbang mesin.

  4. Software developer
    Sebuah program komputer bisa terwujud karena ada yang menciptakan. Software developer adalah orang yang ada dibalik penciptaan, pengembangan, maupun modifikasi dari sebuah program atau aplikasi computer. Karena itu selama teknologi masih ada dan terus berkembang di dunia maka pekerjaan Software Developer pun akan selalu hadir.

  5. Digital marketer
    Perkembangan teknologi secara perlahan menggeser cara dalam memasarkan sebuah merk. Dulu majalah, Koran dan banner menjadi cara perusahaan untuk memasarkan produk mereka. Kini pemasaran produk melalui media digital atau yang biasa disebut dengan digital marketing adalah jawabannya. Dengan semakin majunya teknologi maka kebutuhan akan digital marketing pun sangat tinggi hingga banyak dibuka lowongan sebagai digital marketer dalam sebuah perusahaan.
Baca Juga   Pendidikan Di Kampus Binus Malang Untuk Masa Depan Terbaik

Begitu banyak jenis pekerjaan baru dengan hadirnya teknologi. Memilih kampus dan jurusan yang berkaitan erat dengan perkembangan teknologi di masa depan merupakan cara terbaik untuk bertahan di tengah gempuran teknologi.

Apakah anda termasuk salah satu pemuda yang bingung mau kuliah dimana? Bingung memilih program studi apa? Atau mungkin anda adalah orang tua yang memiliki anak yang akan masuk masa perkuliahan dan masih bingung memberi pilihan kampus untuk buah hati tercinta?

Memilih Perguruan Tinggi Untuk Profesi Masa Depan

Salah satu kampus ternama di Indonesia yaitu STEM Prasetiya Mulya atau STEM Prasmul Future Life Skills menjadi jawaban bagi kamu yang lagi bingung menentukan kampus untuk meraih tujuan masa depanmu. Universitas Prasetiya Mulya sendiri telah berdiri kurang lebih selama 35 tahun di Indonesia. Sebagai Universitas yang selalu bergerak sejalan dengan kemajuan teknologi dan terus melakukan inovasi, maka Prasetiya Mulya membuka STEM Prasmul. STEM sendiri merupakan singkatan dari Science Technology Engineering & Mathematics. STEM Prasmul menerapkan platform kolaborasi pendidikan dengan pelaku bisnis terkemuka, Universitas dalam dan luar negeri, dan berbagai lembaga penelitian terkenal. Hasil kerjasama ini menjadi acuan bagi keputusan STEM Prasmul untuk menyelenggarakan beberapa Program Studi Sarjana Teknik antara lain S1 Digital Business Technology, Bussiness Mathematcs, S1 Computer System Engineering, S1 Food Business Technology, S1 Product Desain Engineering, dan S1 Renewable Energy Engineering. Semua program studi yang ditawarkan oleh STEM Prasmul akan memudahkanmu mendapatkan maupun mjenciptakan lapangan kerja di masa depan karena   

Program studi S1 Digital Business Technology

Program studi S1 Digital Business Technology STEM Prasmul dengan konsep Future Life Skill menggunakan kurikulum pembelajaran yang dikembangkan bekerjasama dengan industri ( Alibaba Cloud Partner, AWS Academy, Startup incubator, Emurgo, dll), diharapkan akan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk memenangkan pasar dunia kerja dan atau mandiri dalam membangun bisnis digital.

Jika kamu tertarik menjadi Software Developer, Data Analist dan Digital Marketer, kamu bisa nih memilih Prodi S1 Digital Business Technology di STEM Prasmul. Disana kamu akan mendapatkan pengetahuan dan keterampilan dalam bidang teknologi digital yang bisa jadi bekal kamu untuk bekerja pada perusahaan impianmu.

Namun tak terbatas itu saja, Prodi S1 Digital Business Technology di STEM Prasmul juga mengajarkanmu untuk mengembangkan jiwa kewirausahaanmu dan siap membimbingmu jika kamu ingin membuka perusahaan start-up sebagai technopreneur karena STEM Prasmul Future Life Skills adalah tempat yang tepat bagi calon technopreneur untuk belajar dan mengukir masa depan yang cerah. Dengan pengajar professional yang berasal dari berbagai universitas terkemuka tanah air dan luar negeri maka akan menghasilkan lulusan terbaik dan siap bekerja di era kemajuan teknologi seperti saat ini.

Baca Juga   Hari Pertama Masuk Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19

S1 Bussiness Mathematics

Untuk kamu yang suka matematika sekaligus bisnis atau mungkin kamu yang ingin menjadi Data analyst, Supply Chain Analyst, Data Scientist, Market Research Analyst maupun pekerjaan-pekerjaan lain yang memerlukan pengolahan angka-angka sebagai data, program studi satu ini sangat cocok untukmu.

Prodi S1 Bussiness Mathematics STEM Prasmul menggunakan kurikulum yang disusun dengan benchmark dari berbagai universitas ternama di dalam dan luar negeri seperti University of Waterloo dan berbagai asosiasi profesi dalam dan luar negeri seperti Society of Actuaries (SOA), Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), The Indonesian Mathematicak Society (IndoMS), dll

STEM Prasmul Future Life Skill ini digawangi oleh Faculty member yang berasal dari universitas dalam dan luar negeri yang professional sehingga akan menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan luas dalam dunia bisnis dengan dibekali kemampuan analitikal, komputasi dan mampu membuat keputusan menggunakan prinsip pemodelan matematika dan statistika. Data-Driven pemodelan dengan sistem komputer modeling yang canggih sehingga siap bersaing untuk mendapatkan pekerjaan di perusahaan besar sekaligus membantu siswa untuk merealisasikan jiwa techpreneurship jika mereka tertarik untuk membangun bisnis sendiri  di masa depan.

S1 Computer System Engineering

Apakah kamu salah satu dari jutaan orang lain di dunia yang sangat tertarik dengan teknologi? Jika jawabanmu adalah iya, maka STEM Prasmul dengan konsep Future Life Skill siap membantumu mengembangkan minatmu bersama prodi S1 Computer System Engineering. Pada prodi satu ini, mahasiswa akan dibekali dengan keahlian / penguasaan sistem cerdas (IoT-based Technopreneurship) dengan exposure bisnis dan inovasi. Berbagai jenis pekerjaan juga siap menyambut lulusan prodi satu ini diantaranya AI Specialist, Computer System Specialist, Computer Network Expert, bahkan sampai CTO (Chief Technology Officer).

Para pengajar di prodi ini bergelar S2 (Master) dan S3 (Doctor) dari Universitas dalam dan luar negeri (Singapura, Perancis, Korea, Jerman dan prodi ini juga menyelenggarakan kuliah dengan Professor tamu yang berasal dari beberapa Negara seperti Jepang dan Inggris.

S1 Food Business Technology

Prodi satu ini mempelajari ilmu dan teknologi pangan modern. Diharapkan mahasiswa mampu menghasilkan inovasi produk dan proses pengolahan pangan unggulan untuk membantu ketersediaan pangan sehat bagi masyarakat luas. Di dalam program studi ini, mahasiswa juga akan belajar prinsip-prinsip bisnis pangan dan juga edukasi pangan sehat ke publik.

Tak hanya sampai disitu, pada prodi satu ini, mahasiswa juga akan dibekali ilmu bisnis sebagai bagian dari kurikulum pembelajaran sehingga bagi siswa yang tertarik untuk membuka start up atau usaha sendiri, mereka sudah mempunyai bekal serta bisa berkonsultasi dengan pengajar berkualitas yang siap membimbing mereka.

Prodi satu ini digawangi oleh beberapa pengajar professional dengan gelas Master dan Doktor yang berasal dari berbagai Universitas terkemuka baik di Indonesia maupun luar negeri yang memiliki beberapa paten internasional di bidang polimer.

Prodi ini juga melakukan berbagai kegiatan kerjasama strategis dengan beberapa industri pangan, antara lain PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Nutrifood Indonesia, PT Sierad Produce Tbk, Cimory Group, Medco Foundation, PT Vanadia Utama, PT Kartika Bina Medikatama, PT Indoaroma Kurnia Makmur dan institusi pendidikan baik sekolah menengah maupun perguruan tinggi, serta lembaga penelitian dan lembaga pemerintahan yang terkait dengan bidang pangan.

Baca Juga   Kursus Full Stack Web Developer Hingga Mahir

S1 Product Desain Engineering

Desainer produk adalah salah satu kebutuhan yang takkan lekang dimakan waktu dan tidak dapat digantikan pekerjaannya oleh mesin meskipun para desainer ini bekerja dibantu oleh mesin. Desainer adalah pekerjaan yang menggabungkan aspek manusia, rekayasa, teknologi, dan seni.

S1 Product Desain Engineering STEM Prasmul menjawab kebutuhan akan sarjana dalam bidang pengembangan produk yang mempunyai kompetensi dalam mendesain dan menginovasi produk. Tak terbatas pada hal tersebut STEM Prasmul Future Life Skills juga melengkapi kurikulumnya dengan  bisnis dan kewirausahaan dalam pendekatan desain produk yang inovatif dan bermakna bagi penggunanya agar lulusan juga dapat membuka sendiri lapangan usahanya.

Para pengajar di Prodi ini berasal dari Universitas dalam dan luar negeri dengan kombinasi latar belakang ilmu yang lintas disiplin, baik desain produk industri maupun desain rekayasa. Selain itu, mereka juga memiliki pengalaman profesional di industri, kewirausahaan, dan penelitian.

S1 Renewable Energy Engineering

Prodi terakhir yang ada di STEM Prasmul adalah S1 Renewable Energy Engineering. Prodi ini mempelajari mengenai bidang yang terkait dengan energi dan beberapa mata kuliah berkaitan erat dengan bisnis dan kewirausahaan, serta pengembangan personal. 90% Faculty Member Program Studi Energy Engineering merupakan lulusan universitas terkemuka di luar negeri yang tak perlu diragukan lagi kualitasnya untuk menghasilkan lulusan terbaik.

STEM Prasmul juga dilengkapi dengan gedung Collaborative STEM Laboratories. Collaborative STEM Laboratories adalah laboratorium yang berfungsi mendukung serta memfasilitasi eksperimentasi dan prototyping yang bersifat kolaboratif dan multidisiplin untuk menghasilkan produk-produk inovatif yang mendukung pengembangan bisnis-bisnis baru, namun tidak terbatas pada, bidang inovasi berikut: E-Platform, Modelling dan Simulation, Analis dan Pengembangan Produk Pangan, Material dan Energi. Laboratorium di STEM Prasmul tersedia di beberapa lantai mulai dari lantai basement hingga lantai ke 6.

Kamu juga bisa mengikuti berbagai aktivitas yang disediakan oleh STEM Prasmul. Mulai dari kegiatan eksibisi kampus, Kegiatan organisasi kampus, kegiatan pengembangan diri seperti pecinta alam, fotografi, otomotif, dll hingga bagi kamu yang suka berolahraga, kamu bisa mengikuti kegiatan sport di kampus yang terdiri dari banyak olahraga seperti Basket, volley, pingpong, dll. Kamu yang suka art juga bisa mengikuti kegiatan yang membutuhkan keahlian dan art seperti  Sound Of Phoenix (Orchestra), Blue Tone (Band), Svara Prasetiya (Choir), Teater Puskara, The Prodigy (Dance), Blue Kitchen (Cooking), Tatra Sasikirana (Traditional Dance).

STEM Prasmul jugamenyediakan Co-operative Educational Program yang bekerja sama dengan berbagai perusahaan ternama Indonesia yang sangat menguntungkan bagi kamu karena bisa mempunyai pengalaman bekerja selama satu tahun di perusahaan ternama tanah air sekaligus mengaplikasikan secara langsung ilmu yang kamu dapat di bangku kuliah.

Pada tanggal 14 September 2021 hingga 11 Oktober 2021 ini, STEM Prasmul sedang membuka pendaftaran gelombang 2 lho. Buat kalian yang penasaran dan tertarik dengan STEM Prasmul, kalian bisa mencari info pendaftarannya pada website resmi STEM Prasmul. Yuk, buruan kunjungin STEM Prasmul, jangan ditunda lagi karena hanya STEM Prasmul Future Life Skills yang bisa mencetak lulusan yang unggul dan berwawasan bisnis. Masih ragu dengan masa depan kamu? Jangan khawatir, hanya STEM Prasmul, institusi pendidikan yang mampu menjawab kebutuhan lulusan di masa depan.

1327 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Pendidikan

Keuntungan Menggunakan e-learning Dari Pijar Sekolah

3 Mins read
Berkurang hingga ditiadakannya kehadiran siswa di sekolah akibat pandemic Covid19 membuat dunia pendidikan mulai mengenal sistem pembelajaran menggunakan berbagai aplikasi e-learning. Lalu…
Pendidikan

5 Tips Memilih Bimbel Online Yang Bisa Bantu Kamu Masuk ke PTN Impian

3 Mins read
Mau tahu 5 tips memilih bimbel online yang bisa bantu kamu masuk ke PTN impian? Simak sampai habis ya ulasannya! Perubahan Tata…
Pendidikan

Ini Saatnya Bisa Belajar Tanpa Batas

5 Mins read
Ternyata tidak semudah itu untuk bisa belajar berbagai hal. Tidak hanya dari keinginan, hambatan belajar juga timbul dari keterbatasan ruang dan waktu….

23 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.