NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
KeuanganLifestylePendidikan

Cara Menghemat Biaya Kuliah

2 Mins read
menghemat biaya kuliah
Sumber: etalaseserpong.com

Waktu kelulusan sudah lewat, sebagai anak SMK/SMA apakah Kamu berniat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi?

Mungkin bagi lulusan SMK, melompat langsung ke dunia kerja bukan menjadi masalah yang besar, tapi bagaimana dengan lulusan SMA?

Sebelum Kamu bergegas memasuki suatu universitas, sebagai calon mahasiswa Kamu perlu tahu masalah keuangan yang selalu menjadi momok bagi mahasiswa.

Ya, masalah berhemat. Jadi, bagaimana caranya untuk menghemat keuangan saat memasuki dunia perkuliahan?

1. Masuk Kuliah Lewat Beasiswa

Tidak diragukan lagi, kalau mahasiswa yang berhasil lolos masuk universitas karena beasiswa pasti memiliki budget lebih untuk tabungannya nanti. Karena biaya per semesternya sudah dipotong 100% atau sebagian oleh pihak kampus.

Sehingga, Kamu jadi bisa menyisihkan sebagian uang kuliah Kamu untuk investasi di kemudian hari. Beberapa universitas di Indonesia biasanya setiap tahun selalu membuka program beasiswa melalui beberapa jalur.

Misalnya pendaftaran President University tahun ajaran 2020/2021 ini yang membuka program beasiswa melalui jalur rapor, UTBK, prestasi, test dan online test. Kamu akan mendapatkan potongan harga sesuai jalur yang Kamu ambil.

Buat Kamu yang tertarik mendaftar di sana, gunakan aplikasi goKampus untuk memudahkan dalam proses pendaftarannya.

2. Hentikan Pemborosan, Mulailah Menabung

Dapat jaminan beasiswa bukan berarti Kamu bisa sesuka hati untuk menggunakan uang sakumu.

Sebagai seorang mahasiswa, terlebih lagi mahasiswa aktif, baik untuk kegiatan kampus maupun di luar kampus, Kamu harus rajin menabung.

Ini bertujuan untuk mencegah masa-masa krisis yang sering melanda mahasiswa, seperti tanggal tua, acara dadakan yang membutuhkan budget yang lumayan besar, dsb.

Baca Juga   Strategi Keuangan Perusahaan Penyedia Jasa Logistik di Masa Pandemi

Tentunya Kamu tidak mau tiba-tiba uangmu habis karena kegiatan tersebut, kan?

3. Pintar dalam Mengatur Keuangan

Dimulai dari pemasukan sampai pengeluaran, Kamu harus cerdas dalam mengatur keuangan Kamu. Jangan sampai Kamu menjadi orang yang boros, jadilah orang pintar berhemat.

Meskipun berhemat, Kamu masih bisa melakukan entertainment bersama teman-teman Kamu, caranya bagaimana?

Atur keuangan Kamu dengan bijak. Buat kategori pengeluaran, misalnya pengeluaran untuk kebutuhan kuliah dan untuk kebutuhan sehari-hari.

Bisa juga membuat grafik untuk melihat persentase mingguan Kamu dalam menggunakan uang-uang tersebut.

4. Cari pekerjaan sampingan

Selain meningkatkan pengetahuan dari pelajaran yang Kamu ambil di kuliahan, Kamu juga bisa meningkatkan atau menemukan passion Kamu dengan kerja sampingan.

Tips ini sangat sering dilakukan bagi para mahasiswa yang ingin terus bertahan dalam masa perkuliahannya.

Tidak hanya mendapatkan passion baru, Kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang bisa Kamu tabung. Dengan begitu, setidaknya Kamu tidak perlu khawatir lagi saat menghadapi masa-masa krisis.

5. Terus Berolahraga

Apa korelasinya dengan berhemat?

Ada, jika Kamu menjaga kesehatan tubuh Kamu dan memastikannya tetap bugar. Secara tidak langsung Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya perawatan rumah sakit, karena Kamu sehat.

Jika Kamu terus sakit-sakitan, maka Kamu harus bisa membiayai diri Kamu sendiri dan itu bisa menghabiskan uang Kamu. Kalau Kamu malas berolahraga, coba untuk bergabung ke dalam UKM bidang olahraga.

6. Daftarnya Lewat Online

Apapun yang serba online, biasanya itu murah, cepat dan mudah. Ini bisa menjadi cara untuk menghemat biaya kuliah Kamu, yaitu dengan daftar kuliah melalui Internet.

Daftar kuliah online saat ini bukan hal yang baru, perkembangan dunia Internet memudahkan pihak universitas untuk menjaring mahasiswa baru dengan lebih mudah. Cukup klik saja, Kamu bisa meraih universitas yang Kamu inginkan.

Baca Juga   Pendidikan Instan Demi Sebuah Nilai

Salah satu cara untuk melakukan pendaftaran kuliah secara online adalah dengan memiliki aplikasi goKampus.

Berhemat semasa kuliah bukan lagi hal yang tabu, semua itu wajib dilakukan bagi semua mahasiswa. Demi menjaga keberlangsungan kuliah, Kamu semua harus bisa menjaga keuangan Kamu tetap bersih.

Buat Kamu yang sedang mencari beasiswa online seperti President University untuk menghemat budget, jangan lupa untuk mengunduh aplikasi goKampus di smartphone Kamu.

Selain karena prosesnya yang mudah dan cepat, Kamu juga akan mendapatkan penawaran-penawaran terbaik yang mendukung kesuksesan Kamu saat kuliah nanti.

Demikian cara menghemat biaya kuliah, semoga bermanfaat untukmu.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
KeuanganLogistik

Strategi Keuangan Perusahaan Penyedia Jasa Logistik di Masa Pandemi

3 Mins read
Sudah lebih dari 3 bulan pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia. Pembatasan sosial berskala besar yang ada di berbagai wilayah di Indonesia saat…
Tulisan Lepas

Pendidikan Instan Demi Sebuah Nilai

4 Mins read
Saya adalah seorang remaja berusia 15 tahun. Saat ini sedang duduk di bangku Sekolah Menengah Atas, sebuah sekolah negeri di kota kecil….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.