NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Pendidikan

Pendidikan Di Kampus Binus Malang Untuk Masa Depan Terbaik

4 Mins read
kampus binus malang
Kampus Binus Malang (binus.ac.id)

Kota Malang berada di propinsi Jawa Timur tidak hanya dikenal sebagai kota pariwisata saja, namun juga dikenal sebagai kota pendidikan. Salah satu perguruan tinggi yang hadir di kota Malang adalah kampus Binus Malang. Mari kita simak apa saja keunggulan dari kampus yang satu ini.

Kota Malang Sebagai Kota Pendidikan

Dari data Biro Pusat Statistik (BPS) Propinsi Jawa timur, di tahun 2020 ini telah tercatat sebanyak 53 perguruan tinggi dan kurang lebih ada 150 ribu mahasiswa yang tinggal di kota Malang. Begitu banyaknya kampus yang ada di kota Malang ini semakin mengukuhkan bahwa kota Malang sebagai kota pendidikan yang ada di Jawa Timur. Jika kamu berkesempatan untuk berkunjung di kota Malang dan berkeliling di kotanya, kamu bisa melihat betapa banyak kampus-kampus yang berdiri di kota ini.

Alasan Memilih Kuliah di Malang

Dengan banyaknya kampus ini, selain menjadi kota pelajar di Jawa Timur juga menjadikan kota Malang menjadi kota pelajar kedua di Indonesia setelah kota Yogyakarta. Tidak hanya warga kota Malang saja yang berkuliah di perguruan tinggi kota ini, tetapi dari seluruh daera Indonesia. Beberapa alasan mengapa kota Malang menjadi tujuan untuk melanjutkan perguruan tinggi antara lain:

  1. Banyak Pilihan Kampus Terbaik
    Dengan 53 kampus yang ada di kota Malang baik kampus negeri maupun swasta, memberikan banyak pilihan bagi calon mahasiswa untuk dapat memilih kampus terbaik bagi mereka. Selain jumlah kampus yang banyak, di kota Malang juga tersedia banyak jurusan peminatan yang bisa dipilih, mulai dari kedokteran, pertanian, teknik, hukum, sosial, hingga agama. Tingkat pendidikan yang ditawarkan juga beragam, mulai dari tingkat Diploma, Strata 1 (S1), Strata 2 (S2), Strata 3 (S3), hingga program profesi.

  2. Suasana Belajar Yang Mendukung
    Kota Malang diapit oleh beberapa pegunungan yang membuat udara di kota Malang menjadi sejuk, sangat pas sekali suasana dan hawa untuk belajar. Selain itu di kota Malang tersedia banyak pilihan tempat kos serta penjual makanan. Ini tentu menjadi faktor penentu bagi mahasiswa dari luar kota untuk memilih kota Malang sebagai tempat untuk melanjutkan studi.

  3. Biaya Hidup Yang Relatif Tidak Mahal
    Biaya hidup di kota Malang relatif tidak mahal. Masih sangat terjangkau bagi mahasiswa yang merantau di kota ini. Mulai dari biaya kos, harga makanan, hingga kebutuhan lainnya juga masih relatif murah.
Baca Juga   Tentang Rencana Pembelajaran Tatap Muka Di Sekolah

Mengenal Universitas Bina Nusantara

Dengan potensi pertumbuhan mahasiswa yang tinggi disertai dengan predikat sebagai kota pendidikan, maka Universitas Bina Nusantara atau yang dikenal dengan Binus juga tertarik untuk ikut serta mengembangkan pendidikan di kota Malang. Perguruan tinggi yang bermula dari sebuah tempat kursus komputer ini, adalah salah satu dari jajaran universitas terbaik di Indonesia. Berbagai program studi yang selalu up-to-date dengan perkembangan jaman membuat Binus menjadi pilihan bagi banyak mahasiswa.

Seiring dengan perkembangan jumlah mahasiswa, saat ini Binus telah memiliki 8 kampus yang tersebar di berbagai kota, mulai dari Jakarta, Bekasi, Tangerang Selatan, Bandung dan yang terakhir di Malang.

Binus telah menyediakan berbagai pilihan jurusan dengan berbagai tingkatan mulai dari S1 , S2, hingga S3. Selain itu, saat ini Binus juga menawarkan perkuliahan secara daring. Sungguh sesuai sekali dengan kondisi pandemi Covid-19 yang kita hadapi saat ini.

Kampus Binus Malang

Pendidikan di Kampus Binus Malang
(binus.ac.id)

Kampus Binus Malang adalah salah satu lokasi yang dipilih oleh Binus untuk dikembangkan. Dengan kekuatan kurikulum dan tenaga pengajar yang handal, Binus membuka kampus di kota pendidikan Malang. Selain untuk lebih mendekatkan pada calon mahasiswa yang berada di daerah Indonesia timur, kehadiran Binus di kota Malang juga semakin memperkokoh sebutan Malang sebagai kota pendidikan.

Profil Kampus Binus Malang

Kampus Binus Malang didirikan pada tanggal 20 Juli 2016 melalui Surat keputusan 226/KPT/I/2016 oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Kampus Binus hadir di kota Malang dengan fokus pada pengembangan teknologi kreatif.

Lokasi Kampus Binus Malang

Kampus di Malang ini berada di jalan Araya Mansion No. 8-22, Araya Malang Jawa Timur. Lokasinya sangat strategis dekat dengan pintu tol Singosari, Malang. Kita bisa melihat gedung kampus ini dari pinggir jalan tol Surabaya-Malang.

Baca Juga   Tips Kartu Prakerja Yang Harus Kamu Ketahui

Program Studi di Binus Malang

Suasana kampus Binus Malang
(binus.ac.id)

Kampus Binus Malang mempunyai 6 program studi reguler yang telah disesuaikan dengan kebutuhan pendidikan di jaman sekarang dan masa mendatang. Keenam program studi tersebut antara lain:

  1. Program Studi S1 Entrepreneurship – Business Creation
    Program studi ini akan mempunyai kurikulum yang ditujukan untuk mempersiapkan lulusannya untuk membuat atau mengelola sebuah bisnis.

  2. Program Studi S1 Computer Science
    Di program studi S1 Computer Science, akan membekali lulusannya dengan kemampuan analisa, desain dan pengelolaan teknologi informasi terbaru. Program studi ini sangat banyak peminatnya karena Binus semenjak dahulu memang dikenal sebagai universitas yang menghasilkan banyak lulusan IT terbaik di Indonesia.

  3. Program Studi S1 Interior Design
    Program studi S1 Interior Design ditujukan bagi mahasiswa yang berminat untuk mengembangkan dirinya pada keahlian desain interior.

  4. Program Studi S1 Communications
    Program studi S1 Communications adalah program studi yang ditujukan bagi mahasiswa yang mempunyai peminatan studi pada komunikasi. Prospek program studi S1 Communication ini masih sangat baik. Seiring dengan kebutuhan tenaga komunikasi maupun masih berkembangnya jurnalisme di Indonesia.

  5. Program Studi S1 Public Relations
    Program Studi S1 Public relations akan mengajarkan mahasiswanya mengenai mengelola image dari suatu perusahaan. Salah program studi yang juga sangat diminati di Indonesia.

  6. Program Studi S1 Visual Communication Design
    Pada program studi S1 Visual Communication Design atau juga dikenal dengan DKV ini akan menghasilkan lulusan yang mampu membuat desain-desain terbaik dan dapat bersaing di tingkat nasional maupun global. Sebagai salah satu universitas dkv di jawa timur, Binus Malang mempunyai keunggulan dengan jaringan yang telah dimiliki, sehingga lulusan dapat dengan mudah diserap oleh industri.
Baca Juga   Cara Menghemat Biaya Kuliah

Program 2 + 1 + 1

Salah satu hal yang menarik pada proses pendidikan di Binus Malang adalah program 2+1+1. Program ini akan mengimplementasikan sistem pendidikan yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di semua kampus yang dikelola oleh Binus serta kesempatan untuk mendapatkan pengalaman profesional di dunia kerja.

Selama 2 tahun, mahasiswa akan kuliah di Binus Malang, 1 tahun berikutnya dapat menjalankan kuliah di kampus Binus yang ada di Jakarta maupun Bandung. Selanjutnya pada 1 tahun berikutnya, mahasiswa dapat memililh untuk mengikuti program magang di berbagai perusahaan, riset, startup, community development, ataupun mengambil kuliah di universitas lain di luar negeri yang menjadi rekanan Binus.

Tujuan dari program 2+1+1 ini adalah untuk menciptakan lulusan yang mampu berkompetensi di perusahaan global ataupun menciptakan dan mengelola bisnis secara mandiri.

Beasiswa Di Kampus Binus Malang

Salah satu yang menarik untuk memilih kuliah di Binus Malang adalah tersedianya beasiswa bagi seluruh mahasiwa. Beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan mulai dari potongan biaya sumbangan (DP3) hingga 50%. Selain itu juga ada beasiswa “The Widia Scholarship for Outstanding Achievers” yang akan memberikan kesempatan untuk kamu dapat berkuliah S1 di Binus tanpa dikenakan biaya hingga selesai kuliah. Selain kedua beasiswa tersebut, juga tersedia beasiswa lainnya yang diberikan berdasarkan pada prestasi yang diraih.

Artha Nugraha Jonar
1204 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Pendidikan

Tips Kartu Prakerja Yang Harus Kamu Ketahui

1 Mins read
Kartu prakerja adalah bentuk bantuan dari pemerintah yang dikeluarkan untuk menghadapi pandemi Covid-19. Tidak hanya melakukan pendataan, penerima kartu kerja juga akan…
Pendidikan

Tentang Rencana Pembelajaran Tatap Muka Di Sekolah

4 Mins read
Setelah sekian lama melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), akhirnya sekolah anak saya mengumumkan untuk memulai pembelajaran tatap muka di sekolah, bagaimana saya…
Tulisan Lepas

Hari Pertama Masuk Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19

2 Mins read
Ini adalah cerita Mika, anak saya di hari pertama masuk sekolah pada masa pandemi Covid-19. Sesuai dengan petunjuk gugus tugas Penanggulangan pandemi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
Tulisan Lepas

Pendidikan Instan Demi Sebuah Nilai