NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Pendidikan

Keuntungan Menggunakan e-learning Dari Pijar Sekolah

3 Mins read
e-learning Dari Pijar Sekolah

Berkurang hingga ditiadakannya kehadiran siswa di sekolah akibat pandemic Covid19 membuat dunia pendidikan mulai mengenal sistem pembelajaran menggunakan berbagai aplikasi e-learning. Lalu apa sih sebenarnya e-learning itu? Sejatinya, e-learning merupakan singkatan dari electronic learning. Sesuai dengan arti dari singkatan e-learning maka metode belajar e-learning adalah metode belajar dengan memanfaatkan media elektronik dan data jaringan internet.

Di dunia sendiri, e-learning mulai dikenalkan pada tahun 1960. Saat itu para mahasiswa di Universitas Illinois menggunakan program  PLATO (Programmed Logic for Automated Teaching Operations). PLATO ini merupakan program pembelajaran berbasis computer (Computer Based Technology/CBT) pertama yang dikenalkan pada dunia dan menjadi kakek buyut dari e-learning yang sekarang marak di dunia.

Indonesia sendiri mengenal e-learning sejak tahun 1990an namun terpaan badai krisis moneter di Negara kita pada tahun 97 telah membuat e-learning kembali tiarap dan merangkak naik perlahan namun e-learning naik daun semenjak pandemi yang melanda Indonesia 2 tahun terakhir.

Model pembelajaran e-learning yang praktis dan fleksibel dianggap cocok bagi pelajar Indonesia yang semenjak pandemi mulai mengalami pembatasan untuk belajar secara tatap muka langsung di sekolah.

Salah satu platform pendidikan penyedia jasa e-learning yang terpercaya adalah Pijar Sekolah. Pijar Sekolah adalah platform pendidikan yang menyediakan  pembelajaran digital terpadu melalui aplikasi e learning dan berpusat di Menara Multimedia, Jakarta Pusat. Pijar Sekolah siap membantu sistem pembelajaran digital terpadu guna mendukung pihak sekolah dalam menciptakan pembelajaran digital yang interaktif, seru dan menyenangkan.

Lalu apa bedanya pembelajaran e-learning yang disediakan Pijar Sekolah dibanding penyedia platform e-learning yang lain? Yuk kita simak;

  1. Jaminan mutu dengan nama besar Telkom Indonesia
    Sebagai platform pendidikan yang berada di bawah naungan nama besar Telkom Indonesia, maka tidak perlu diragukan lagi kualitas dan pelayanan yang mampu diberikan oleh Pijar Sekolah. Telkom Indonesia sebagai salah satu BUMN di bidang teknologi tentunya akan mendukung  sistem pembelajaran digital terpadu yang disediakan oleh Pijar Sekolah.

  2. Konten yang menarik
    Keuntungan lain yang bisa didapatkan pihak sekolah dengan menggunakan Pijar Sekolah adalah tersedianya berbagai konten yang menarik untuk mendukung pembelajaran di kelas. Dengan adanya konten yang bervariasi dan menarik maka akan memacu siswa untuk belajar lebih rajin karena tertarik dengan konten yang diberikan oleh sekolah.  Dalam hal ini, Pijar Sekolah memiliki ribuan konten digital yang menarik, mulai dari Buku Digital Interaktif, Buku Digital, Video Pembelajaran, hingga Laboratorium Maya yang bisa dimanfaatkan oleh semua siswa untuk mendukung mereka dalam belajar di sekolah.

  3. Menghasilkan lulusan yang berkualitas
    Ketika siswa tertarik untuk belajar karena konten belajar yang menarik maka otomatis nilai dan prestasi mereka juga perlahan akan meningkat. Belajar yang menyenangkan dan fleksibel juga akan menjauhkan siswa dari stress yang berlebih dan membuat mereka mencintai pelajaran. Dengan mencintai pelajaran maka otomatis prestasi siswa juga akan naik. Dengan begitu, melalui aplikasi e-learning dari Pijar Sekolah ini, sekolah akan menghasilkan lulusan yang lebih berkualitas.

  4. Meringankan beban guru
    Diakui atau tidak, beban pekerjaan yang berlebihan, apapun jenis pekerjaannya, tidak akan membuahkan hasil yang baik. Dengan menggunakan aplikasi e-learning dari Pijar Sekolah, akan meringankan kerja para guru yang sebelumnya harus sangat repot dari membuat semua soal sampai memeriksa soal ujian satu persatu sampai malam hari. Kini dengan Pijar Sekolah guru akan dibantu dalam membuat soal, melakukan penjadwalan ujian, mengawasi ujian, dan memeriksa hasil ujian. Dengan terbantunya beban para guru ini, maka mereka dapat mengajar dengan lebih fun, fokus, dan efektif.

  5. Membantu beban sekolah dalam berbagai hal
    Aplikasi e-learning Pijar Sekolah juga siap membantu pihak sekolah dalam melakukan pelaksanaan ujian melalui UBK (Ujian Berbasis Aplikasi). Tidak hanya sampai disitu, aplikasi e-learning Pijar Sekolah juga akan membantu pihak sekolah dalam bidang pengelolaan administrasi dan juga operasional, serta manajemen sekolah melalui fitur Sistem Informasi Manajemen (SIM) Sekolah.

  6. Praktis dan hemat waktu
    Keuntungan terakhir yang bisa didapat dengan menggunakan Pijar Sekolah adalah adanya kelebihan waktu yang bisa dihemat oleh pihak sekolah dan guru. Jika sebelumnya pihak sekolah direpotkan dengan semua tetek bengek urusan administrasi, operasional maupun manajemen sekolah yang menyita waktu, dengan adanya aplikasi e-learning Pijar Sekolah otomatis semua masalah itu bisa diatasi dengan lebih praktis dan cepat. Dengan begitu pihak sekolah maupun guru bisa mengalokasikan waktu lebih yang mereka punyai untuk melakukan inovasi-inovasi lain di sekolah sehingga sekolah bisa lebih berkembang lagi.
Baca Juga   Pilih Kelas Pelatihan Prakerja Yang Sesuai Dengan Passionmu Di Website Ini
1327 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Pendidikan

5 pekerjaan ini Takkan Lekang Dimakan Waktu

8 Mins read
Diakui atau tidak, teknologi bagai pisau bermata ganda. Memberi banyak keuntungan namun sekaligus bisa membawa efek buruk bagi kehidupan. Di akhir tahun…
Pendidikan

5 Tips Memilih Bimbel Online Yang Bisa Bantu Kamu Masuk ke PTN Impian

3 Mins read
Mau tahu 5 tips memilih bimbel online yang bisa bantu kamu masuk ke PTN impian? Simak sampai habis ya ulasannya! Perubahan Tata…
Pendidikan

Ini Saatnya Bisa Belajar Tanpa Batas

5 Mins read
Ternyata tidak semudah itu untuk bisa belajar berbagai hal. Tidak hanya dari keinginan, hambatan belajar juga timbul dari keterbatasan ruang dan waktu….

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.