NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Humanitarian

Yuk Bantu Korban Bencana Erupsi Gunung Ili Lewotolok

2 Mins read
Bencana Erupsi Gunung Ili Lewotolok
Gunung Ili Lewotolok (wahanavisi.org)

Negara Indonesia berada di kawasan yang dilintasi oleh patahan bumi. Itulah sebabnya, di Indonesia terdapat cukup banyak gunung berapi baik yang berada di darat maupun di laut. Dengan banyaknya jumlah gunung berapi yang ada, membuat Indonesia menjadi negara yang rawan dengan bencana. Salah satu contohnya adalah gunung Ili Lewotolok yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur. Pada akhir bulan November 2020 gunung Ili Lewotolok meletus dan mengalami erupsi. Bencana erupsi gunung Ili Lewotolok ini menimbulkan berbagai dampak, salah satunya adalah penduduk sekitar yang harus mengungsi meninggalkan rumah mereka.

Gunung Ili Lewotolok

Gunung Ili Lewotolok berada di provinsi Nusa Tenggara Timur atau tepatnya berada di bagian utara pulau Lembata, kabupaten lembata. Gunung berapi berjenis stratovolcano ini pertama kali tercatat meletus pada tahun 1660. Gunung Ili Lewolotok termasuk gunung berapi yang aktif. Beberapa aktivitas yang pernah ditunjukkan seperti lontaran lava pijar, abu, awan panas hingga hembusan gas beracun.

Bencana Erupsi Gunung Ili Lewotolok di Akhir November 2020

Pada akhir bulan November 2020, tepatnya pada hari minggu tanggal 29 November 2020 pukul 09.45 WITA, gunung Ili Lewotolok mengalami erupsi eksplosif. Kondisi ini memaksa penduduk yang tinggal di sekitar kaki gunung harus mengungsi. Saat ini status kebencanaan di gunung Ili Lewotolok adalah di level III atau level siaga.

Yuk Bantu Korban Bencana Erupsi Gunung Ili Lewotolok

Kondisi pengungsi yang meninggalkan rumah mereka karena bencana erupsi gunung Ili Lewotolok membutuhkan bantuan baik dari pemerintah maupun masyarakat yang mau peduli dengan keadaan mereka. Bantuan korban bencana erupsi dapat disalurkan salah satunya melalui lembaga Wahana Visi Indonesia.

Apa itu Wahana Visi Indonesia

Wahana Visi Indonesia (WVI) adalah sebuah yayasan kemanusiaan yang mempunyai fokus pada kegiatan tanggap darurat serta pada pengembangan masyarakat dan advokasi. Yayasan yang berdiri pada tahun 1998 ini telah menjalankan progam pengembangan masyarakat yang berfokus pada kehidupan anak, keluarga, dan masyarakat yang berada di bawah garis kemiskinan.

Bantu Korban Dengan Berdonasi Melalui Wahana Visi Indonesia

Korban Erupsi Gunung Ili Lewotolok
Pengungsi Gunung Ili Lewotolok (era.id)

Saat ini kamu dapat juga membantu pengungsi korban bencana erupsi gunung Ili Lewotolok melalui yayasan Wahana Visi Indonesia. Banyak hal yang dibutuhkan oleh pengungsi tersebut, mulai dari bantuan masker, peralatan kebersihan serta pendampingan psikosial.

Tercatat ada 4,628 orang yang harus mengungsi dan berada di tujuh titik tempat pengungsian, termasuk di antaranya adalah anak-anak.

Tantangan saat ini adalah selain segala hal yang dibutuhkan di tempat pengungsian adalah kondisi pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlanjut. Sementara di daerah kabupaten Lembata menjadi zona merah untuk kasus Covid-19. Oleh sebab itu yayasan Wahana Visi Indonesia akan memfokuskan bantuan kepada pengungsi dengan melakukan pembagian masker dan perlengkapan cuci tangan dengan sabun. Program ini akan berlangsung hingga tanggal 31 Desember 2020.

Jika teman-teman ingin juga membantu dengan berdonasi untuk pengungsi korban bencana gunung Ili Lewotolok, kamu dapat menyalurkannya melalui yayasan Wahana Visi Indonesia. Kunjungi website mereka untuk informasi lebih lanjut.

1265 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles

15 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.