NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Tulisan Lepas

5 Tips Cara Menjadi Programmer Yang Handal

2 Mins read
cara menjadi programmer

Oh really mau nulis tentang cara menjadi programmer? Awalnya agak ragu untuk memulai menulis ini. Tapi pekerjaan pertama saya realnya programmer lho. Dan saat ini saya masih suka belajar bahasa pemrograman meski tidak se-expert teman-teman yang berprofesi sebagai programmer.

Namun kalau misalnya cari info cara nice jadi programmer, mungkin artikel ini salah satunya. Entah malah bikin kamu tertarik atau menjadi pusing, hehehe nikmatin aja ya.

Senangnya Menjadi Programmer

Asyiknya adalah kamu bisa memecahkan masalah yang kamu hadapi dengan bahasa pemrograman yang kamu kuasai.

Btw, pertama kali saya belajar bahasa pemrograman adalah Pascal. Selanjutanya belajar bahasa campur-campur di saat kuliah seperti Visual Basic ( enam dan dot net), dan juga java.

Pada saat bekerja, bahasa pemrograman yang saya gunakan adalah ASP lama alias ASP klasik.

Namun kalau bahasa pemrograman yang saya suka hingga saat ini adalah PHP.

Kembali lagi pada asyiknya menjadi seorang programmer. Betul sekali, kamu bisa memecahkan berbagai permasalahan yang kamu hadapi, Misal pada perkuliahan kamu, hingga pekerjaan yang kamu lakukan saat ini.

Yang paling sering saya hadapi adalah masalah tidak terdatanya suatu proses. Padahal dengan data yang kita miliki, kita bisa melakukan banyak hal. Misalnya melakukan improvement. Itu contoh sederhana saja dari penggunaan kemampuan programming. Untuk kasus ini adalah buat saya yang memang bukan berprofesi sebagai programmer.

Tidak perlu ilmu programmer selangit (ini akan debatable), karena bagi saya ketika membuat suatu program tidaklah perlu serumit yang kita bayangkan.

Beberapa contoh aplikatif dari program yang dibuat misalnya pada jasa layanan boxku.id dan sewagudang.id yang menjadi project ketika saya bekerja di Tiga Permata Logistik.

Baca Juga   RIP Om Leo Soputan

Ini Dia Tips Untuk Menjadi Programmer

Jadi, meski saya bukan programmer, bolehkan juga ikut membagikan tipsnya.

Berikut adalah tipsnya:

  1. Belajar Logika
    Seorang programmer akan dituntut untuk memahami logika. Ini nanti berguna banget ketika akan membuat suatu program. Mudahnya adalah, kamu harus bisa memahami urutan dari suatu proses dari awal hingga akhir. Untuk ini, kamu bisa belajar dengan menggunakan flowchart atau diagram alur untuk dapat memahami suatu proses.
  2. Belajar Bahasa Pemrograman
    Tentu kalau mau jadi programmer kamu harus belajar bahasa pemrograman. Pilih salah satu bahasa pemrograman yang kamu kuasai, dan pelajari perintah-perintahnya.
  3. Mulai Dari Suatu Masalah
    Cara paling cepat untuk mempelajari sesuatu adalah dengan learning by doing. Saya biasanya menggunakan cara ini ketika belajar bahasa permrograman baru. Cari aja dari suatu masalah yang paling sederhana. Misalnya nih membuat aplikasi data kontak yang kamu punya.
  4. Bagikan Hasil Belajar Pemrograman
    Nah ini yang juga penting. Ketika memulai belajar, cara cepat yang lain adalah membagikan hasil belajarmu kepada orang lain. Kamu bisa pakai media blog, komunitas, atau apapun. Jangan takut dianggap cupu, nubi. Karena diatas nubi ada nubi yang lain, hehehe. Ini beneran lho.
  5. Terus Berlatih
    Seperti sebuah pisau jika ingin tajam maka harus sering diasah. Untuk belajar pemrograman, cara mengasahnya adalah dengan terus berlatih membuat sebanyak mungkin aplikasi. Semakin sering membuat aplikasi, kamu bakalan menghadapi berbagai masalah yang harus kamu pecahkan.

Untungnya saya udah capek nulis nih, jadi saya batasi aja ya 5 aja tipsnya. Kalau mau ditulis bisa banyak banget nih tips untuk menjadi programmer.

oh ya, di dalam judulnya kan ada kata handal. Jadi kalau kamu mau menjadi programmer yang handal gampang banget. Lakukan kelima tips ini secara konsisten. Yakin deh, kamu bakalan menjadi programmer yang handal.

Baca Juga   Meminta Dalam Doa
1271 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Tulisan Lepas

RIP Om Leo Soputan

2 Mins read
Waktu tinggal di Tangerang, aku gak menyangka bisa tinggal bertetangga dengan legenda sepakbola Indonesia, salah satunya adalah om Leo Soputan. Hari ini…
Tulisan Lepas

Antara Energi Positif Dan Kebaikan Bersatu. Sebuah Cerita

3 Mins read
Merangkum kejadian yang saya alami dan mengkaitkannya dengan energi positif dan kebaikan. Dan inilah salah satu alasan manusia hidup di dunia ini….
Tulisan Lepas

Meminta Dalam Doa

1 Mins read
Saya adalah tipe orang yang jarang sekali meminta secara khusus pada saat berdoa. Mungkin ini adalah hal yang salah, tapi entahlah. Meminta…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.