NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Lifestyle

Tradisi Memberi Bunga Dari Masa Ke Masa

2 Mins read
tradisi memberi bunga

Tahukah kamu jika tradisi memberi bunga sudah dilakukan sejak jaman dahulu kala. Hal ini menandakan bahwa bunga dipandang sebagai bagian penting dalam interaksi manusia hingga saat ini.

Buket Bunga Yang Indah

Buket bunga atau rangkaian bunga yang indah merupakan benda yang sering kita lihat dalam peristiwa-peristiwa istimewa baik secara langsung maupun dalam drama atau acara variety di layar kaca. Dari rangkaian bunga yang sangat sederhana hingga buket bunga yang mewah dan indah, semua menghiasi berbagai momen di kehidupan kita. Bahkan di hari valentine, para penjual bunga satuan juga banyak menjajakan dagangannya di pinggir jalan.

Buket bunga juga banyak kita jumpai bertebaran di feed instagram menemani mahasiswa yang baru saja dinyatakan lulus skripsi. Sejatinya di berbagai momen penting hidup, buket bunga menemani kita mulai dari peristiwa kehilangan, kelahiran, ulang tahun, pencapaian karir maupun pendidikan, pernikahan, dan masih banyak momen yang lain.  

Tradisi Memberi Bunga Dari Masa Ke Masa

Era Yunani Kuno Dan Mesir Kuno

Tradisi memberi buket bunga sudah ada sejak jaman dahulu kala. Tradisi memberi bunga sudah menjadi bagian  dari masyarakat Yunani Kuno, Roma, dan Mesir. Dalam berbagai mitos dan legenda dari Yunani kuno, Roma, dan mesir disebutkan mengenai tradisi memberi bunga pada dewa-dewi yang mereka sembah.

Bagi masyarakat Yunani kuno, bunga merupakan salah satu benda yang penting dalam bagian ibadah mereka kepada dewa saat itu. Masyarakat Yunani kuno bahkan mempunyai dewi bunga yang bernama Chloris.

Baca Juga   Kelebihan Hotel Sebagai Tempat Resepsi Pernikahan Di Masa Pandemi

Masyarakat Mesir kuno pun tak jauh beda dengan masyarakat Yunani kuno. Masyarakat mesir kuno memberi bunga pada dewa-dewi yang mereka sembah untuk menggambarkan rasa kagum dan hormat mereka pada dewa yang mereka sembah. Kereta Firaun juga dihiasi dengan bunga saat akan berangkat berperang.

Para petani di Mesir juga menghiasi diri mereka maupun orang terkasih mereka dengan bunga saat momen-momen tertentu di Mesir kuno sebagai bagian dari penghargaan diri mereka terhadap sendiri terhadap kerja keras yang sudah mereka lakukan.

Era Victoria

Selama era Victoria di Inggris, masyarakat cenderung menahan diri dan emosi mereka. Masyarakat di era tersebut dituntut agar bisa menahan perasaan mereka sehingga buket bunga dijadikan salah satu bahasa ekspresi oleh masyarakat saat itu. Orang-orang pada era Victoria mulai merangkai berbagai jenis bunga dengan berbagai warna untuk menunjukkan ekspresi emosi mereka pada orang yang mereka beri buket bunga.

Pada masa itu, masyarakat, kebanyakan bangsawan Inggris harus tahu arti buket bunga yang mereka terima dari jenis bunga yang mereka terima, gaya penataan rangkaian buket bunga, hingga bagaimana cara buket bunga itu sampai ke tangan si penerima. Rumit kan? Hahaha, jangan khawatir sobat, orang Inggris saat itu juga menganggap hal ini begitu rumit hingga akhirnya mereka membuat buku tentang arti dan petunjuk bunga untuk memudahkan mereka memahami bahasa ekspresi lewat bunga dan buket bunga ini.

Era Saat Ini

Memberi hadiah berupa buket bunga di jaman sekarang merupakan hal yang lumrah. Seperti yang telah saya bahas sebelumnya di awal, bunga menemani momen-momen istimewa kita. Momen pertama saya memberi bunga adalah saat hari kelahiran kota tempat saya beberapa tahun yang lalu, saat saya masih kuliah.

Baca Juga   Agar Tampilan Lebih Gaya, Pilih Kacamata yang Paling Sesuai dengan Bentuk Wajah Kamu

Saya dan beberapa teman dalam satu organisasi yang saya ikuti, membagikan bunga kepada pengendara yang saat itu lewat untuk mengingatkan dan mensyukuri hari kelahiran kota kami yang kebetulan juga bersamaan dengan peringatan Tahun baru.

Buat sobat sekalian yang juga ingin mengekspresikan rasa syukur, penghargaan, hormat dan sayang pada orang terkasih atau rekan melalui rangkaian buket bunga yang indah, bisa banget lho mampir ke salah satu toko bunga BSD bernama Flower Scope.

Flower Scope yang dibuka mulai tahun 2020 ini menyediakan rangkaian bunga berkualitas dalam bentuk buket bunga tangan maupun bunga dalam boks (bloombox) dan keranjang. Tidak hanya bunga segar namun Flower Scope juga menyediakan rangkaian bunga menggunakan bunga kering impor.

Semua bunga yang digunakan untuk buket bunga dari Flower Scope dipilih dengan selektif sehingga sobat tak perlu meragukan kualitas rangkaian bunga yang dihasilkan. Buat sobat yang ingin memilih jenis dan rangkaian sendiri (kustom) juga bisa lho, Flower Scope siap membantumu merangkaikan bunga favoritmu. Yuk, kunjungi florist BSD, hanya di Toko bunga Flower Scope.

1272 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Lifestyle

Daftar Hotel Murah di Jakarta

2 Mins read
            Ketika musim liburan tiba, saatnya refreshing ke tempat yang menyenangkan. Bagi sebagian orang di desa, rasanya senang sekali jika bisa pergi…
Lifestyle

Celebrating Deepavali on Public Holiday Singapore

2 Mins read
Have you ever heard the word Deevapali or Diwali? Yash, Deepavali is the annual celebration of Hindus in the world for the…
Lifestyle

Berangkat Haji Disaat Pandemi? Kenapa Tidak!

2 Mins read
Pandemi Covid19 yang diawali di Wuhan, Cina sejak akhir tahun 2019 tak pelak berpengaruh pada semua negara di dunia, termasuk Indonesia. Covid19…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.