NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Tulisan Lepas

Tingkatkan Keimanan Dengan Mengetahui 20 Sifat Wajib Yang Dimiliki Allah

2 Mins read
Sifat Wajib Yang Dimiliki Allah

Sebagai orang yang beragama Islam tentunya kita sudah mengetahui bahwa Allah memberikan banyak petunjuk yang bisa kita ikuti untuk bisa menjadi hambaNya yang beriman. Banyak kisah tentang para nabi dan rasul juga yang bisa kita teladani dan membuat keimanan kita akan Allah semakin bertambah. Tidak hanya itu Allah juga menurunkan Alquran untuk dijadikan pedoman bagi seluruh umatNya.

Dari sekian banyak kebaikan yang Allah berikan kepada kita sebagai hambaNya tentu tidak perlu ada keraguan lagi terhadap segala keagungan Allah. Segala keagungan dan juga kebaikan yang diberikan Allah tersebut tidak terlepas karena Allah memiliki sifat wajib yang membuat Allah SWT menjadi satu–satunya zat yang Maha Sempurna dan membuat Allah menjadi zat yang paling layak disembah.

Lalu kira – kira seberapa pentingkah kita sebagai umat muslim mengetahui tentang sifat wajib Allah tersebut? Tentu sangat penting. Itu karena dengan mengetahui ke 20 sifat wajib yang dimiliki Allah maka tingkat keimanan kita akan semakin bertambah. Dengan mengetahui 20 sifat wajib Allah maka kita akan semakin yakin pula bahwa tidak ada Tuhan yang pantas untuk disembah selain hanya Allah SWT.

 Untuk itu rasanya setiap umat muslim perlu mengenal dan mengetahui tentang ke 20 sifat wajib Allah tersebut. Jika ada diantara anda yang belum mengetahui sifat wajib Allah tersebut, berikut 20 sifat wajib Allah beserta dengan artinya.

  1. Wujud, arti wujud yaitu ada, Maksud dari kata ada disini yaitu Allah ada dan tercipta dengan sendirinya tanpa ada yang menciptakan.
  2. Qidam, arti qidam adalah dahulu. Maksudnya Allah itu terdahulu dan tidak ada yang mendahuluinya.
  3. Baqa, arti baqa adalah kekal. Maksud kekal disini yaitu Allah adalah zat yang Maha kekal dan tidak bisa berubah apalagi hancur.
  4. Mukhalafatu lil hawaditsi, artinya adalah berbeda dengan semua makhluk. Maksudnya yaitu Allah sang Maha Pencipta yang tidak mungkin sama dengan ciptaannya.
  5. Qiyamhu binafsihi, artinya berdiri sendiri tanpa bantuan siapapun.
  6. Wahdaniyah, artinya Maha Esa atau hanya satu dan tidak ada dua.
  7. Qudrat, artinya kuasa karena memang Allah lah yang berkuasa atas semesta ini.
  8. Iradat, artinya berkehendak karena tidak ada yang bisa memerintah Allah.
  9. Ilmu, artinya mengetahui karena tidak ada yang tidak Allah ketahui.
  10. Hayat, artinya hidup karena Allah hidup dengan sendirinya dan tidak ada yang menghidupinya.
  11. Sama, artinya mendengar karena Allah bisa mendengar apa yang ada di langit dan bumi.
  12. Bashar, artinya melihat karena Allah maha melihat segalanya.
  13. Kalam, artinya berfirman sebagaimana Allah menurunkan Alquran
  14. Qadiran, artinya Maha Kuasa sebagaimana Allah berkuasa atas apa yang terjadi di langit dan bumi.
  15. Muridan, artinya Maha Berkehendak karena segala sesuatu di dunia tidak ada yang bisa terjadi selain atas kehendak Allah.
  16. Aliman, artinya Maha Mengetahui sebagaimana Allah selalu mengetahui apa yang ada dalam benak hambaNya.
  17. Hayyan, artinya Maha Hidup karena Allah akan selalu hidup dan kekal abadi sampai kapanpun.
  18. Sami’an, artinya Maha Mendengar karena Allah mampu mendengar segala sesuatu baik itu yang bersuara bahkan yang tidak bersuara sekalipun.
  19. Bashiran, artinya Maha Melihat sebagaimana yang dijelaskan didalam surat Al Isra ayat 17 yang menyatakan bahwa Allah bisa melihat segalanya bahkan dosa hambaNya.
  20. Mutakalliman, artinya Maha Berkata – Kata sebagaimana yang dijelaskan didalam surat An Nisa ayat 164 yang menyatakan bahwa Allah mampun berbicara langsung dengan siapapun.
Baca Juga   RIP Om Leo Soputan

Setelah mengetahui tentang ke 20 sifat wajib yang dimiliki Allah, semoga kita semakin menjadi lebih beriman.

1360 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Tulisan Lepas

Menanti Upah Minimum 2022

2 Mins read
Penetapan upah minimum 2022 adalah salah satu yang dinanti oleh kaum pekerja di akhir tahun ini. Betapa tidak, harapan mendapatkan kenaikan upah…
Tulisan Lepas

Tugas Malaikat Raqib dan Atid adalah Mencatat Amal Perbuatan Seluruh Manusia

2 Mins read
Malaikat Raqib dan Atid mendapatakan julukan sebagai malaikat pencatat amal. Malaikat Raqib dan Atid apun ditugaskan oleh Allah SWT untuk mencatat setiap…
Tulisan Lepas

Solusi Turn Over Karyawan Yang Tinggi

4 Mins read
Sering menghadapi turn over karyawan yang tinggi? Simak artikel ini untuk mengatas solusi turn over karyawan yang tinggi. Sumber Daya Manusia Sebagai…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.