NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Bisnis

Cara Mengatur Laporan Keuangan Jualan Online

4 Mins read
laporan keuangan jualan online

Perkembangan teknologi informasi menjadikan semua bergerak menjadi serba online. Perubahan itu juga dapat dirasakan pada sistem jual beli secara online. Kemudahan cara berjualan ditambah lagi kebutuhan pasar yang terus meningkat membuat jualan online adalah salah satu bisnis yang saat ini berkembang cepat dan diminati oleh banyak kalangan. Namun dibalik manisnya perkembangan jualan online, ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu tentang melakukan pengelolaan laporan keuangan jualan online. Di artikel ini, kamu bakalan akan mendapatkan informasi mengenai cara mudah kelola keuangan online shop untuk pemula jualan online.

Kemudahan Jualan Online

Kemudahan Jualan Online

Selain dukungan perkembangan teknologi informasi serta permintaan dari pembeli yang lebih memilih membeli secara online, berjualan secara online menawarkan berbagai kemudahan. Menurutku ada 5 kemudahan yang bisa kamu dapatkan ketika berjualan online, yaitu:

  1. Berjualan Dengan Modal Minimal
    Berjualan online tidak memerlukan modal yang besar. Yang terpenting ada produk yang dijual. Selanjutnya kita bisa manfaatkan telepon seluler dan koneksi internet untuk berjualan online.

  2. Memanfatkan Internet Untuk Jangkauan Promosi yang Lebih Luas
    Beruntung akses internet saat ini mudah kita dapatkan. Saatnya memanfaatkannya untuk membuat promosi produk kamu menjangkau lebih luas lagi. Tidak hanya tempat sekitar kamu saja, tetapi juga hingga ke kota-kota lain yang jauh dari tempat kamu tinggal, bahkan sampai dengan ke luar negeri.

  3. Berbagai Dukungan Sistem Pembayaran
    Teknologi perbankan juga saat ini telah mendukung proses jual beli secara online. Pembeli tinggal melakukan transfer ketika akan melakukan pembayaran. Selain itu, beberapa tempat berjualan online atau yang dikenal dengan marketplace menawarkan proses COD (Cash-On-Delivery) yang menawarkan proses pembayaran ketika barang sudah sampai kepada pelanggan.

  4. Dukungan Layanan Pengiriman
    Tidak perlu kuatir lagi untuk mengirim barang ke mana saja. Saat ini sudah banyak perusahaan pengiriman yang dapat melakukan pengiriman ke berbagai kota di Indonesia, bahkan untuk pengiriman ke luar negeripun sudah tersedia.

  5. Bisa Dilakukan oleh Siapa Saja, Kapan Saja dan di mana Saja
    Inilah salah satu hal utama yang menjadi alasan mengapa perkembangan jualan online menjadi pesat. Berjualan online dapat dilakukan oleh siapa saja, baik untuk ibu rumah tangga, pelajar, bahkan untuk orang-orang yang masih bekerjapun dapat melakukan aktifitas berjualan online.
    Adanya fleksibilitas untuk dapat mengelola jualan online dari mana saja dan kapan saja membuat banyak orang menjadi tertarik untuk terjun berjualan online.
Baca Juga   Jangan Lupakan Untuk Membuat Laporan Keuangan Usaha Kamu

Dengan 5 kemudahan ini, maka aku yakin akan semakin mantap untuk kamu memulai berjualan online. Yuk jualan online.

Berjualan Online di Lazada

Kelebihan Lazada

Pastinya kamu sudah tahu tentang Lazada. Lazada adalah marketplace untuk transaksi jual beli online. di Lazada ini berkumpul para penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi secara online.

Kelebihan Lazada dibanding yang lain

jualan di Lazada

Lazada memberikan berbagai kemudahan dan dukungan kepada sellernya untuk jualan di Lazada. Ada 6 alasan kenapa harus berjualan online di Lazada, antara lain:

  1. Proses Mendaftar yang Mudah
    Untuk menjadi seller di Lazada cukup mudah. Kamu bisa mendaftarkan diri kamu baik melalui website ataupun melalui telepon seluler kamu.

  2. Adanya pendampingan untuk seller baru selama 90 hari
    Tidak perlu kuatir kalau kamu baru memulai jualan online. Lazada akan memberikan pendampingan selama 90 hari buat kamu yang baru memulai berjualan online.

  3. Bisa ikutan promo/campaign gratis
    Yang gratis-gratis pasti seru ya? hehehe. Tapi ini bukan sembarang gratis. di Lazada, sebagai seller kamu berkesempatan untuk mendapatkan promo secara gratis. Ini kesempatan buat kamu untuk membuat produk kamu menjadi lebih dikenal lagi.

  4. Portal belanja terbesar di Asia Tenggara
    Sebagai portal belanja terbesar di Asia Tenggara, maka jika kamu berjualan online di Lazada, maka calon pembeli kamu bisa datang dari berbagai negara yang ada di Asia Tenggara.

  5. Validasi hanya 1 hari saja
    Tidak perlu berlama-lama untuk menjadi seller di Lazada. Cukup proses validasi dalam 1 hari saja, kamu sudah menjadi seller di Lazada.

  6. Komisi 0%
    Wah ini menarik pastinya buat kamu. Kamu tidak dikenakan komisi dari setiap transaksi penjualan yang berhasil kamu lakukan.Artinya margin keuntungan kamu tidak tergerus oleh komisi.
Baca Juga   Ini 5 Manfaat Program Reward Agar Bisnis Terus Ngegas

Jadi semakin yakin kan untuk berjualan online. Langsung aja ya, mari yuk jualan online.

Cara Berjualan Online di Lazada

cara berjualan online di Lazada

Sebelum berjualan online di Lazada, kamu harus lebih dulu untuk mendaftar sebagai seller di Lazada. Ada 2 cara untuk mendaftar, yaitu melalui website dan melalui telepon seluler.

Jika melalui website, kamu bisa melakukan langkah-langkah sebagai berikut:

  1. buka halaman lazada.co.id di browser kamu.
  2. Selanjutnya, klik plilihan “Menjadi Seller”
  3. Pilih “Daftar Menjadi Penjual Sekarang”
  4. Untuk verifikasi, isikan seluruh data yang diminta dengan benar
  5. Jangan lupa, baca syarat dan ketentuan

Setelah menyelesaikan proses pendaftaran, kamu sudah bisa memulai untuk jualan di Lazada.

Sedangkan untuk pendaftaran seller dengan telepon seluler, kamu bisa ikuti langkah berikut ini:

  1. Download aplikasi Lazada Seller Center
  2. Buka aplikasinya dan pilih menu “Buat Akun”
  3. Pilih negara, bahasa, dan tipe toko.
  4. Masukkan nomor telepon yang aktif.
  5. klik “Get Code”
  6. Setelah mendapatkan kode di sms, segera masukkan kode verifikasi tersebut.
  7. Selanjutnya masukkan email yang masih aktif.
  8. Buat password.
  9. Selanjutnya ceklist kotak pilihan “Daftar akun”
  10. Jika proses pendaftaran berhasil, kamu akan mendapatkan notifikasi.
  11. Selanjutnya sign in dengan alamat email dan password yang sudah dibuat.

Jika telah berhasil masuk,kamu dapat segera untuk memulai berjualan online di Lazada. Jadi tunggu apa lagi, yuk jualan online di Lazada.

Perhatikan Pengelolaan Laporan Keuangan Jualan Online

Mudah Kelola Keuangan online shop untuk pemula

Kita sudah mengetahui bahwa berjualan online sangatlah mudah. Dengan kemudahan tersebut, tentu akan semakin menarik minat banyak orang untuk ikut berjualan online. Namun sebelum melangkah lebih jauh, ada hal penting yang harus diperhatikan pada saat berjualan online, yaitu melakukan pengelolaan keuangan.

Cara Mengatur Keuangan Jualan Online

Berjualan online meski kita bisa memulainya dengan modal yang minimal, tetap saja ada uang yang menjadi modal yang harus kita kelola. Mulai dari membeli produk-produk yang akan dijual, hingga ketika produk tersebut laku terjual dan kita harus kembali lagi memutar uang tersebut agar bisnis jualan online kita tetap berjalan.

Baca Juga   Membanggakan, Inilah 8 Brand Lokal Indonesia yang Mendunia

Agar pengelolaan laporan keuangan jualan online dapat berjalan dengan baik, kamu bisa melakukan 5 hal berikut ini:

  1. Buat rekening tersendiri khusus jualan online
  2. Jangan ambil uang dari rekening itu untuk pengeluaran pribadi
  3. Pelajari tentang biaya-biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan aktifitas jualan online.
  4. Wajib punya laporan keuangan
  5. Sisihkan keuntungan untuk investasi

Pengelolaan Keuangan Jualan Online di Lazada

Tidak sekedar memberikan media untuk berjualan online, Lazada juga memberikan cara mudah kelola keuangan online shop untuk pemula. Kalau kamu melakukan akses sebagai seller, kamu bisa mendapatkan laporan keuangan yang lengkap. Kamu bisa melihat berbagai transaksi yang kamu lakukan hingga memasukkan biaya-biaya yang timbul dari setiap aktifitas toko kamu.

Dengan laporan keuangan ini, kamu bisa lebih mengontrol setiap pemasukan yang kamu peroleh, serta dengan mudah melihat ada biaya lain yang ditimbulkan, termasuk juga kewajiban kamu untuk membayar pajak kepada negara. Laporan keuangan ini sangat rapi, sehingga kamu tidak perlu lagi bersusah payah untuk melakukan pengelolaan laporan keuangan secaran manual

Mari Yuk Jualan Online Dengan Pengelolaan Keuangan Yang Baik

yuk jualan online

Dengan pengelolaan keuangan yang baik, jualan online akan jadi lebih lancar dan bisnisnya jadi lebih menguntungkan. Jadi jangan ragu lagi, yuk jualan online dan kelola keuangannya dengan baik.

1360 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Bisnis

Mengetahui Pengertian Diversifikasi Serta Jenis Strategi Yang Digunakan Dalam Bisnis

2 Mins read
Bagi anda yang berkecimpung di dunia bisnis pasti sudah tidak asing jika mendengar pengertian diversifikasi. Namun sebenarnya apakah makna dari kata diversifikasi…
Bisnis

Membanggakan, Inilah 8 Brand Lokal Indonesia yang Mendunia

2 Mins read
Tidak kalah dari negara-negara lainnya, berbagai produk brand lokal yang mendunia asal Indonesia juga cukup digemari di pasar internasional. Jenis produknya juga…
Bisnis

3 Poin Penting Tentang Fortune Indonesia Yang Perlu Diketahui

2 Mins read
Selain memiliki modal dan investasi ke berbagai sektor ekonomi potensial, untuk memulai sebuah bisnis juga diperlukan adanya referensi yang akurat dan tajam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.