NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
kesehatan

4 Pilihan Suplemen Untuk Meningkatkan Daya Ingat

2 Mins read
Meningkatkan Daya Ingat

Seiring dengan usia yang bertambah memang daya ingat seseorang umumnya secara perlahan akan mulai menurun, tetapi kondisi ini merupakan hal yang sangat wajar. Akan tetapi, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu meningkatkan daya ingat. Salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan nutrisi yang baik untuk perkembangan otak. Lalu, dari mana nutrisi baik itu bisa didapatkan? Anda bisa mendapatkan nutrisi tersebut dari makanan sehingga bisa dikatakan menjaga pola makanan sehat serta memiliki gizi seimbang sejak muda dapat mencegah risiko terjadinya demensia atau gangguan lain yang menurunkan fungsi daya ingat pada usia tua.

Akan tetapi, tidak semua orang mampu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hanya dari sumber makanan sehingga dalam hal ini beberapa orang butuh tambahan suplemen serta vitamin. Saat ini pun sudah banyak sekali produk dari suplemen maupun vitamin untuk otak yang dikatakan mampu untuk meningkatkan daya ingat.

Namun, agar Anda tidak salah mengonsumsi suplemen tersebut ada baiknya Anda lebih dulu mengkonsultasikannya kepada dokter sehingga dokter bisa secara tepat memberi rekomendasi produk suplemen serta vitamin yang baik dan cocok dengan kondisi kesehatan Anda.

Berikut beberapa suplemen maupun vitamin yang mampu meningkatkan daya ingat, yaitu:

Kandungan Vitamin E

Salah satu suplemen vitamin yang dapat meningkatkan daya ingat adalah vitamin E karena kandungan vitamin satu ini memiliki sifat antioksidan. Dengan kandungan sifat itu membuat vitamin E mampu untuk melindungi sel sel saraf otak dari adanya kerusakan. Selain itu, vitamin E juga sangat baik untuk meningkatkan daya ingat para lansia.

Akan tetapi, hal yang perlu diperhatikan ketika Anda mengonsumsi vitamin satu ini, ada baiknya Anda memperhatikan dosis dari vitamin tersebut. Karena jika sampai berlebihan atau melebihi 1000 IU, itu akan sangat tidak baik untuk tubuh. Terlalu banyak mengonsumsi vitamin E dari batas yang seharusnya dan meningkatkan risiko kanker prostat hingga penyakit jantung.

Baca Juga   Semua yang Perlu Anda Ketahui Tentang Tambal Gigi

Kandungan Asam Lemak Omega 3

Selain dikenal sebagai suplemen yang bagus untuk meningkatkan perkembangan serta kecerdasan otak, nutrisi satu ini juga penting untuk meningkatkan daya ingat. Nutrisi dari asam lemak omega 3 ini merupakan asupan yang berasal dari sumber alami seperti ikan dan minyak sayur yang dipercaya sangat baik untuk menurunkan risiko dari penyakit Alzheimer. Kandungan dari asam lemak omega 3 ini juga sudah bisa Anda jumpai dalam bentuk produk suplemen seperti suplemen minyak ikan.

Kandungan Vitamin B12

Sudah sejak lama para ilmuan telah meneliti hubungan antara rendahnya tingkat kandungan nutrisi dari Vitamin B12 (cobalamin) dengan daya ingat seseorang. Vitamin B12 sendiri memiliki kandungan untuk membentuk mielin yang dikenal sebagai zat lemak. Zat lemak pada tubuh ini memiliki fungsi untuk melapisi serta melindungi sel sel saraf otak sekaligus sumsum tulang belakang.

Seorang ahli dari Mayo Clinic mengungkapkan bahwa memiliki asupan kandungan B12 yang cukup pada makanan Anda akan membantu untuk melindungi otak dari terjadinya kerusakan pada saraf. Selain itu, vitamin untuk otak ini juga dapat meningkatkan daya ingat, bahkan hingga mengurangi risiko penurunan fungsi mental.

Kandungan Acetyl L Carnitine

Beberapa studi telah dilakukan dan menunjukkan bahwa sintesis dari asam amino ini dapat membantu pasien dengan penyakit Alzheimer atau gangguan ingatan. Bisa dikatakan suplemen dengan kandungan acetyl L carnitine ini bisa memberi sebuah efek atau manfaat yang lebih besar jika diberikan kepada orang yang mengalami Alzheimer atau gangguan ingatan pada usia yang cenderung masih muda atau dengan laju perkembangan Alzheimernya yang sangat cepat.

1438 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan home furnishing. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
kesehatan

Peran Gizi dalam Mencegah Mata Katarak

3 Mins read
Katarak, yang merupakan salah satu penyebab utama kebutaan di seluruh dunia, merupakan kondisi mata yang ditandai dengan kekeruhan lensa mata yang menghalangi…
kesehatan

Manfaat Memberikan Vaksinasi pada Anak

2 Mins read
Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa anak perlu mendapatkan vaksinasi atau imunisasi yang lengkap. Hal ini bukan tanpa alasan, karena memang ada banyak…
kesehatan

10 Tips Memilih Klinik Gigi Terbaik untuk Anak

3 Mins read
Kesehatan gigi menjadi aspek penting dalam menjaga kehidupan kita sehari-hari. Dengan gigi yang sehat, kita dapat menikmati berbagai makanan, berbicara dengan percaya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.