NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
kesehatan

7 Cara Meningkatkan Imun Tubuh untuk Melawan Segala Penyakit

3 Mins read
Cara Meningkatkan Imun Tubuh

Cara meningkatkan imun tubuh – Daya tahan tubuh yang kuat merupakan cara utama melindungi diri dari berbagai penyakit. Ketika sistem imun Anda kuat, maka kuman yang menyerang tubuh bisa dikalahkan dengan sendirinya dan Anda tidak jadi sakit. Imun tubuh pada manusia sejatinya bekerja dalam sebuah sistem sehingga tidak berdiri sendiri.

Itulah alasannya imun tubuh dapat bekerja maksimal dalam serangkaian tindakan untuk melawan bakteri. Namun sayangnya kondisi imun tidak selamanya tinggi dan bisa melemah. Oleh sebab itu Anda harus meningkatkan imun tubuh sehari-hari agar mampu melawan segala penyakit. Beberapa cara meningkatkan imun tubuh bisa Anda dapatkan lewat ulasan di bawah ini.

7 Cara Mudah Meningkatkan Imun Tubuh

Bila daya tahan tubuh menurun, maka Anda rentan terserang penyakit. Jangan biarkan itu terjadi, ayo tingkatkan imun tubuh mulai sekarang dengan beberapa cara berikut ini.

1. Tidur Cukup

Salah satu cara meningkatkan imun tubuh yang paling mendasar adalah dengan mencukupi kebutuhan tidur atau istirahat. Bagi Anda yang sering begadang dan tidur kurang dari 6-8 jam per hari, maka sebaiknya ubah kebiasaan tersebut. Dilansir dari Kompas, tidur cukup dan berkualitas dapat merangsang sistem kekebalan tubuh tetap prima.

Kondisi ini akan memudahkan imun tubuh Anda melawan patogen penyebab penyakit yang masuk di dalam tubuh. Namun ketika Anda kurang tidur, produksi sitokin dan sel T di dalam tubuh berkurang. Sel T merupakan sel kekebalan tubuh yang berperan melawan virus. Oleh sebab itu pastikan Anda memenuhi kebutuhan tidur harian minimal 6-8 jam setiap malam.

2. Konsumsi Makanan Bergizi

Asupan makanan yang bergizi seimbang juga mampu meningkatkan imun tubuh Anda. Sumber gizi seperti karbohidrat kompleks, protein, lemak, dan serat akan melengkapi kebutuhan nutrisi harian. Anda juga bisa mengkonsumsi buah dan sayur untuk mendapat lebih banyak asupan vitamin serta mineral.

Baca Juga   4 cara menghilangkan plak pada gigi Yang Membandel

Selain itu, penting untuk memvariasikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Beberapa jenis makanan seperti gandum, dada ayam, salmon, kacang-kacangan, alpukat, jeruk, dan lainnya dapat Anda konsumsi secara bergantian dan rutin demi memenuhi kebutuhan nutrisi yang lengkap.

3. Kelola Stres

Stres di dalam tubuh juga bisa menjadi sumber penyakit, terlebih jika sampai mengganggu kualitas tidur Anda. Ketika stres maka tubuh akan memproduksi hormon kortisol dalam jumlah yang lebih besar. Hormon ini yang menyebabkan stres semakin berlarut-larut dan membuat Anda sulit tidur. Jangka panjangnya, Anda akan merasa depresi atau mengalami gangguan kecemasan.

Dan salah satu cara meningkatkan imun tubuh adalah dengan mengelola stres serta mengetahui hal-hal yang dapat mengembalikan suasana hati Anda. Beberapa cara paling efektif untuk mengelola stress dan menurunkan kadar kortisol di antaranya seperti berolahraga, menjalankan hobi, bersosialisasi, hingga curhat atau mengeluarkan unek-unek.

4. Berhenti Merokok

Kebiasaan merokok lebih banyak memberi dampak negatif untuk tubuh Anda, tak terkecuali dengan menurunnya imun tubuh. Rokok mengandung ribuan zat beracun yang secara pasti menurunkan imun tubuh manusia. Baik perokok aktif maupun pasif juga memiliki risiko tinggi terserang infeksi paru dan pneumonia.

Untuk itu menghentikan kebiasaan merokok bisa menjadi cara meningkatkan imun tubuh yang sangat efektif. Anda mungkin membutuhkan waktu untuk berhenti merokok secara total, tetapi mulailah dari sekarang perlahan-lahan agar kebiasaan merokok bisa hilang sepenuhnya.

5. Suplemen Imun Tubuh

Pada kondisi tertentu, imun tubuh manusia bisa menurun secara tiba-tiba dan rentan terpapar penyakit. Salah satu cara untuk menjaga imun tubuh agar tidak mudah turun adalah dengan mengkonsumsi suplemen daya tahan tubuh. Seperti pada suplemen Adult Formula dengan kandungan 17 multivitamin, mineral, dan antioksidan yang mudah diserap tubuh dan mampu menjaga sistem imun tetap prima.

Baca Juga   4 Langkah Penggunaan Pasta Gigi Sebagai Cara Menghilangkan Jerawat

Bahan baku yang teruji klinis juga membuat suplemen Adult Formula aman digunakan dalam jangka panjang. Selain itu, beberapa suplemen lain seperti Imuno Force juga bisa dikombinasikan untuk memaksimalkan daya tahan tubuh Anda. Imuno Force terbuat dari kombinasi ekstrak Zinc Picolinate dan bunga echinaea yang dapat dijadikan terapi suportif untuk merangsang sistem kekebalan tubuh pada infeksi akut, kronis, atau infeksi berulang khususnya di saluran pernapasan.

Penggunaan suplemen yang tepat akan membantu tubuh Anda untuk menangkal berbagai macam penyakit. Pastikan juga Anda hanya memilih suplemen yang terbuat dari bahan alami dan sudah teruji klinis khasiatnya.

6. Berjemur

Salah satu cara meningkatkan imun tubuh yang bisa Anda lakukan setiap hari adalah dengan berjemur. Menurut Dr. dr. Prasetyadi Mawardi SpKK dari Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret mengatakan, berjemur di bawah sinar matahari mampu meningkatkan kekebalan tubuh jika dilakukan dengan depat.

Ia menyarankan berjemur pada pukul 08.00-09.00 WIB atau 11.00-13.00 agar produksi vitamin D di dalam tubuh meningkat. Berjemur cukup dilakukan 10-15 menit per sesi sebanyak 3-4 kali sehari.

7. Menjaga Kebersihan

Risiko terpapar kuman akan meningkat di kondisi yang kotor dan lembab. Untuk itu ada baiknya Anda selalu menjaga kebersihan sekitar, baik di dalam rumah maupun di lingkungan Anda. Lewat situs Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dijelaskan bahwa paparan mikroorganisme di tempat tinggal Anda ikut membentuk pola perkembangan respons imun tubuh.

Hal tersebut akan berpengaruh pada kerentanan Anda terhadap penyakit infeksi ataupun metabolik. Tempat tinggal yang kotor memberi peluang tumbuhnya mikroorganisme yang akan menurunkan sistem imun tubuh Anda.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana meningkatkan imun tubuh agar tetap sehat. Berbagai cara di atas bisa Anda mulai dari sekarang untuk mendapatkan kekebalan tubuh yang lebih baik agar terbebas dari segala penyakit.  

Baca Juga   Cara Tradisional Menurunkan Kadar Kolesterol pada Tubuh
1290 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
kesehatan

7 Cara Membuat Senyum Manis Alami

3 Mins read
Apa kabar semua? Semoga tetap sehat selalu ya. Kali ini saya ingin membagikan 7 cara membuat senyum manis alami. Pada penasaran semua…
kesehatan

Yuk Kenali Sakit kepalamu!

4 Mins read
Hai kawan, apa kabar? Semoga kalian semua sehat selalu. Kali ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman serta pengetahuan mengenai salah satu kondisi…
kesehatan

Buah untuk Menjaga Imun Tubuh

2 Mins read
Buah-buahan sangat berkhasiat untuk kesehatan. Semua orang berlomba ingin sehat, karena maraknya virus corona yang tak kunjung usai membuat banyak orang jadi…

30 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.