NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
kesehatan

7 Cara Sederhana Untuk Memutihkan Gigi Secara Alami

3 Mins read
memutihkan gigi secara alami

Banyak orang yang merasa terganggu dengan warna gigi yang tidak putih. Salah satu alasannya adalah gigi yang tidak terlihat putih akan mengganggu penampilan. Oleh sebab itu, banyak orang yang berusaha untuk melakukan proses pemutihan gigi. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan produk pemutih gigi. Namun sebagian besar produk pemutih gigi yang ada saat ini menggunakan bahan kimia. Tentu saja penggunaan bahan kimia ini dapat menimbulkan dampak baik pada jangka pendek maupun jangka panjang. Jika kamu menginginkan gigi yang lebih putih, tetapi juga ingin menghindari bahan kimia, artikel ini akan memberikan informasi buat kamu tentang cara sederhana untuk memutihkan gigi secara alami.

Mengapa Gigi Terlihat Kuning?

Beberapa penyebab gigi terlihat kuning di antaranya karena adanya makanan tertentu yang menempel di lapisan gigi. Selain itu, adanya penumpukan plak pada lapisan gigi juga dapat menyebabkan gigi kamu terlihat kuning. Penyebab lainnya gigi terlihat kuning adalah terkikisnya lapisan yang ada di gigi.

Ada beberapa cara untuk memutihkan gigi, namun kali ini akan dibahas mengenai cara memutihkan gigi secara alami. Berikut adalah 7 cara untuk memutihkan gigi secara alami.

1. Menggunakan Minyak

memutihkan gigi secara alami
Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay

Kamu dapat menggunakan minyak untuk memutihkan gigi. caranya adalah dengan mengoleskan minyak di sekitar mulutmu. Kegunaan minyak ini adalah untuk menghilangkan bakteri yang dapat berubah menjadi plak dan menyebabkan gigi terlihat kuning. Beberapa jenis minyak yang dapat dipakai antara lain minyak wijen, minyak bunga matahari, dan minyak kelapa.

Baca Juga   Jauhi Ribet Dengan Sewa Stroller Untuk Liburan Anda

2. Menggunakan Baking Soda

memutihkan gigi secara alami
Gambar oleh Hoa Luu dari Pixabay

Baking soda memiliki khasiat pemutih alami. Bahkan dalam pasta gigi yang ada di pasaran pun banyak menggunakan bahan ini. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan baking soda dengan air. Kemudian gosokkan dengan bantuan sikat gigi. Kamu dapat melakukan hal ini beberapa kali per minggu. Baking soda yang digosokkan ke gigi kamu akan membuat area mulut kamu bersifat alkali, yang akan mencegah bakteri untuk tumbuh.

3. Menggunakan Hidrogren Peroksida

memutihkan gigi secara alami
Gambar dari lombokorganik.id

Hidrogen peroksida adalah zat pemutih alami yang dapat digunakan untuk membunuh bakteri di mulut kamu. Bahan ini juga dapat ditemukan di berbagai pasta gigi yang ada di pasaran. Cara menggunakan hidrogen peroksida adalah dengan memakainya sebagai obat kumur sebelum menyikat gigi. Cara lainnya adalah mencampurkannya dengan baking soda dan dipergunakan sebagai pasta gigi. Namun kamu harus membatasi penggunaan hidrogen peroksida, karena terlalu sering mempergunakannya dapat mengikis lapisan gigi kamu.

4. Menggunakan Cuka Sari Apel

memutihkan gigi secara alami
Gambar oleh Mike Goad dari Pixabay

Cuka sari apel telah lama digunakan sebagai bahan pembersih alami dan disinfektan. Asam asetat yang ada di dalam cuka sari apel dapat menghilangkan kandungan bakteri. Cara menggunakannya adalah dengan menjadikannya obat kumur. Encerkan cuka sari apel dengan air dan kumur beberapa saat. Pastikan juga untuk membilas mulut kamu dengan air putih sesudah berkumur. Namun, sebaiknya tidak menggunakan cuka sari apel ini setiap hari, karena berpotensi untuk mengikis lapisan gigi kamu.

5. Makan Buah dan Sayuran

memutihkan gigi secara alami
Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Buah dan sayuran dapat kamu gunakan untuk memutihkan gigi kamu. Tentu saja bukan dengan cara menyikat buah dan sayuran di gigi kamu, tetapi dengan cara mengunyah buah dan sayuran itu. Ketika buah dan sayuran yang renyah dikunyah, akan dapat membantu menghilangkan plak yang ada di gigi.

Baca Juga   Mengatasi Rambut Rontok Dengan Hair Tonic

6. Mencegah Perubahan Warna Gigi

Gambar oleh Jerzy Górecki dari Pixabay

Seara alami, sebenarnya gigi kamu akan semakin menguning seiiring dengan bertambahnya usia. Tetapi kamu bisa melakukan pencegahan agar perubahan warna gigi tersebut bisa dikurangi. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan antara lain:

  • Membatasi Makanan dan Minuman yang Berwarna
    Kopi, anggur merah, dan soda adalah beberapa contoh makanan dan minuman yang berwarna. Tentu akan sulit jika diharuskan untuk menghindari makanan dan minuman tersebut. Tetapi kamu bisa lakukan dengan mengurangi konsumsi makanan dan minuman tersebut, serta dengan menggosok gigi setelah mengonsumsi makanan dan minuman tersebut.

  • Membatasi Asupan Gula
    Kurangi asupan gula, karena gula adalah salah satu yang mendukung pertumbuhan bakteri yang bisa menyebabkan plak dan radang gigi.

7. Sikat Gigi Secara Teratur

Gambar oleh Martin Slavoljubovski dari Pixabay

Perubahan warna gigi secara alami terjadi karena pertambahan usia dan sebagian besar juga diakibatkan karena terjadinya penumpukan plak. Menyikat dan membersihkan gigi secara teratur akan membantu gigi kamu tetap putih dengan mengurangi bakteri di mulut kamu dan mencegah penumpukan plak.

Berkonsultasi Dengan Dokter Gigi

Meski ada beberapa cara untuk memutihkan gigi secara alami, sebagian besar memang dapat menghilangkan noda di permukaan gigi kamu. Tetapi, sebaiknya kamu datang ke dokter gigi untuk mendapatkan perawatan pemutihan yang jauh lebih baik. Terlalu sering menggunakan produk pemutih, justru malah dapat beresiko untuk merusak gigi kamu.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
kesehatan

8 Manfaat Baik Bawang Putih Untuk Kesehatan 

2 Mins read
Bawang putih biasanya digunakan sebagai bumbu masakan. Tetapi tahukah kamu ternyata bumbu dapur ini memiliki banyak manfaat. Sebagian orang mungkin menganggap kalau…
kesehatan

Kenali Kondisi Kadar Kolestrol Tinggi

2 Mins read
Seringkali kita mendengar tentang berbagai penyakit yang timbul karena kadar kolestrol yang tinggi. Apa sesungguhnya kolestrol tinggi tersebut? Lalu bagaimana menanganinya? Mari…
kesehatan

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Minum Vipro-G

4 Mins read
Tidak terasa sudah beberapa bulan Kita menghadapi masa pandemi ini. Berbagai kisah suka dan duka Kita alami. Ada yang beberapa teman, keluarga…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.