Tips Menulis Artikel SEO Agar Masuk Halaman 1 Google

Saat membuat sebuah artikel yang akan dimuat di blog ataupun halaman website yang kamu kelola, pertimbangan utama yang harus diperhatikan adalah bagaimana untuk membuat suatu artikel yang berkualitas. Selanjutnya yang harus diperhatikan adalah bagaimana artikel tersebut dapat dibaca oleh banyak orang. Karena sebagian besar trafict sebuah website berasal dari mesin pencari, maka sangat penting untuk melakukan optimasi agar artikel yang dibuat dapat muncul pada halaman 1 Google. Pada artikel ini akan dibahas mengenai tips menulis artikel SEO agar masuk halaman 1 Google.

Membuat Artikel yang Berkualitas

Meski sebenarnya artikel yang berkualitas itu bersifat sangat obyektif penilaiannya bagi setiap orang, namun kamu bisa mengikuti panduan ini, agar artikel yang kamu buat bisa membuat pembaca artikelmu tertarik. Berikut panduannya:

  1. Menggunakan Contoh Konkret
    Sebuah artikel akan mempunyai kekuatan ketika diberikan contoh yang konkret. Misalnya ketika kamu menuliskan tentang strategi penjualan, kamu bisa menambahkannya dengan studi kasus tentang kesuksesan penjualan suatu produk.

  2. Kenali audiens
    Karena suatu blog ataupun website bersifat publik, kamu dapat memulai dari mengenal siapa pembaca blog kamu. Misalnya dengan melakukan pemilihan bahasa yang cocok untuk audiens blog kamu.

Menulis Artikel SEO

Menulis Artikel SEO
Gambar oleh William Iven dari Pixabay

Berikut ini adalah beberapa panduan untuk menulis artikel SEO, antara lain:

  1. Masukkan kata kunci yang populer di artikel yang kamu buat. Biasanya pembaca artikel akan membaca artikel lebih detail jika artikel tersebut direkomendasikan di mesin pencari Google dengan kata kunci yang mereka ketikkan.
  2. Tempatkan kata kunci dalam artikel yang kamu buat. Pastikan juga untuk menempatkan kata kunci tersebut di dalam judul artikel.
  3. Sertakan gambar dengan teks alternatif.

Secara lebih detail, kamu bisa ikuti panduan yang dibuat oleh artikelfresh untuk membuat suatu artikel SEO berikut ini:

  • Minimal 300 kata
  • Menggunakan 1 kata kunci utama (main keyword)
  • Menambahkan keyword turunan (long tail)
  • Menambahkan Latent Semantic indexing (LSI) keyword
  • Memperhatikan penempatan keyword (density keyword)
  • Menghindari keyword stuffing
  • Kata kunci di judul, paragraf pertama, tengah dan akhir
  • Menambahkan external Link ke HQ/Authority web
  • Menambahkan internal linking ke related post
  • Menambahkan gambar bebas copyright
  • Menambahkan meta-title + meta deskripsi
  • Setting alt gambar
  • Setting permalink

Mari Buat Artikel SEO-nya

Setelah mengetahui mengenai bagaimana cara menulis artikel SEO, selanjutnya kamu bisa praktekkan untuk memulai membuat artikelnya. Pastikan jika setiap artikel yang kamu buat, sudah sesuai dengan kaidah-kaidah tersebut. Semakin banyak artikel di dalam blog kamu yang mengakomodasi kata-kata kunci yang populer di mesin pencari Google, maka kesempatan bagi blog kamu untuk dapat dijangkau oleh lebih banyak orang juga akan semakin besar. Kamu juga bisa memanfaatkan jasa penulis artikel SEO yang kredibel untuk membantu mempercepat proses ini.

2 comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.