NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Bisnis

Tips Cara Jualan Online Laris di Marketplace

5 Mins read
Cara Jualan Online Laris di Marketplace
Cara Jualan Online Laris di Marketplace

Perkembangan internet yang semakin masif menimbulkan dunia bisnis baru yang berkembang di masyarakat, yaitu bisnis online. Kemudahan yang didapatkan oleh pembeli ketika melakukan transaksi online membuat bisnis ini semakin berkembang. Hingga saat ini, berjualan secara online menjadi pilihan yang menjadi perhatian utama ketika memulai bisnis. Berbagai pola dan media untuk berbisnis secara online semakin bervariasi. Salah satunya adalah berjualan online melalui media marketplace. Pada artikel ini akan dibahas mengenai tips cara jualan online laris di marketplace.

Peluang Usaha Berjualan Online

Saat ini semua produk dan jasa sangat bisa untuk dijual secara online. Berbagai kemudahan juga telah diberikan. Tinggal kita memilih dan memulai untuk menjalankan usaha berjualan secara online. Beberapa yang perlu diperhatikan antara lain akses internet yang merupakan hal yang utama yang harus dimikili ketika berjualan online. Selanjutnya adalah produk atau jasa yang ditawarkan. Kemudian target pasar dari produk dan jasa yang kamu tawarkan. Ketika kamu sudah memiliki ketiganya, maka artinya kamu sudah siap untuk memulai berjualan online.

Memulai Berjualan Online

Inilah saatnya memulai berjualan online. Jika kamu masih bingung bagaimana memulai jualan online, maka kamu dapat menentukan dulu bagaimana bentuk bisnis online yang tepat. Yang paling membingungkan adalah dimulai dengan akan berjualan apa. Tentu ini adalah pertanyaan dari banyak orang yang akan memulai berjualan online. Ada beberapa hal sebagai panduan jika kamu masih bingung akan berjualan apa, berikut panduannya:

  1. Pilih Jualan Online Sesuai Kesukaan
    Ini pilihan yang paling mudah. Kamu dapat menjual secara online sesuatu yang kamu sukai atau yang berhubungan dengan hobi kamu. Misalnya kamu hobi banget dengan tanaman, kamu bisa berjualan secara online berbagai tanaman ataupun peralatan yang berhubungan dengan tanam-menanam. Atau misalnya kamu hobi memelihara ikan, wah ini banyak banget yang bisa dijual. Mulai dari ikannya, makanan ikan, akuarium beserta berbagai peralatannya, bahkan kamu juga bisa menjual buku cara memelihara ikan.

  2. Menjual Produk atau Jasa Yang Lagi laris Manis
    Tapi kalau kamu masih bingung mau berjualan apa karena tidak mempunyai hobi atau kesukaan, paling gampang adalah menjual sesuatu yang saat ini sedang laris. Misalnya sekarang sedang jaman ikan cupang, wah kamu bisa juga untuk jualan ikan cupang ini. Cara ini menurut saya paling mudah. Kamu tinggal melihat di berbagai tempat jualan, mulai dari ikan cupang jenis apa yang sedang laris, cara menjualnya bagaimana, hingga cara mengepaknya. Bahkan kamu juga bisa menjual pakan ikan cupang. Cukup mudah kan.
Baca Juga   P2P Lending Sebagai Pilihan Untuk Mendapatkan Modal Bisnis

Pilihan Bisnis Jualan Online Yang Tepat

Berjualan Online
Berjualan Online

Setelah bisa menentukan akan menjual produk atau jasa apa, selanjutnya kamu harus menyediakan produk atau jasa tersebut. Disini kamu akan melakukan berbagai keputusan yang semuanya akan berkaitan dengan modal yang kamu miliki, tempat penyimpanan, serta prediksi seberapa lama barang tersebut akan ada pembelinya.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan cara ini untuk menyediakan barang jualan kamu, antara lain:

  1. Membeli Stok
    Membeli produk sebagai stok berjualan memberikan keuntungan di sisi margin keuntungan. Tentunya kamu harus bisa mendapatkan penyedia barang dengan harga beli termurah.

  2. Reseller
    Menjadi reseller adalah salah satu cara untuk mendapatkan produk atau jasa. Keuntungannya adalah kamu akan dijadikan sebagai bagian dari jaringan penjualan dan akan mendapatkan promosi sebagai reseller. Meski margin yang didapatkan tentu tidak sebesar ketika membeli putus, namun kamu bisa dipastikan tetap mendapat supplai barang yang kamu jual.

  3. Dropshipper
    Dropshipper adalah cara termurah untuk berjualan online. Metode ini adalah dengan cara menjual online tapi tanpa harus memiliki stok terlebih dahulu. Ketika ada transaksi penjualan, maka barang akan dikirim ke pelanggan kamu. Keuntungannya adalah modal awal yang dikeluarkan sangat kecil dan tidak perlu stok barang. Namun pada metode dropshipper ini, kamu harus melakukan kegiatan pemasaran online sendiri agar kamu bisa mendapatkan transaksi.

Strategi Berjualan Online

Di dalam dunia jual menjual ada dikenal dengan strategi push dan pull. Jika kamu menggunakan strategi push, maka kamu sudah menyiapkan produk yang kamu miliki. Sedangkan dengan strategi pull, maka kamu harus mencari tahu dulu apa saja kebutuhan dari pasar lalu kemudian menyiapkan produk atau jasa untuk pasar tersebut. Keduanya bisa dipilih sebagai strategi marketing ketika berjualan online. Strategi push bisa kamu pakai ketika produk yang kamu miliki memiliki nilai yang kuat. Sedangkan strategi push dapat dipakai untuk menjual produk atau jasa yang sedang laris saat ini.

Baca Juga   Ide Usaha Mandeg Hanya Sampai Proposal? Saatnya Implementasikan!

Media Berjualan Online

Sekarang kamu sudah mempunyai produk atau jasa yang kamu jual, baik yang kamu dapatkan melalui pembelian stok, sebagai reseller ataupun dropshipper. Saatnya kamu berjualan secara online atau lebih tepatnya melakukan kegiatan pemasaran. Ada media berjualan online yang bisa kamu manfaatkan, antara lain:

1. Berjualan Online di WA

Banyak dari penjual online yang memanfaatkan WhatsApp atau WA sebagai media berjualan online. Caranya mulai dair membuat grup WA khusus berjualan produk, ada juga yang mengirimkan pesan pada daftar kontak untuk menawarkan produknya. Cara lainnya adalah memasang produk di story WA. WA sendiri sangat mendukung aktifitas berjualan online, buktinya WA sampai memiliki jenis WA business yang sangat mendukung kegiatan bisnis di WA termasuk juga untuk berjualan online.

2. Berjualan Online di Media Sosial

Selain berjualan di WA, kamu juga bisa memanfaatkan media sosial untuk berjualan. Kita ketahui banyak sekali media sosial yang ada saat ini, mulai dari Instagram, Facebook, ataupun Twitter. Beberapa media sosial ini juga mulai mendukung bagi penjual online. Misalnya Instagram dan Facebook yang menyediakan modul khusus untuk berjualan. Ya memang mereka satu grup sih, hehehe. Dengan dukungan seperti ini tentu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.

3. Membuat Website Untuk Berjualan

Beberapa yang melakukan bisnis online membuka website sendiri. Keunggulannya adalah kamu bisa memilih sendiri desain dari website tersebut, bahkan nama domain pun bisa kamu pilih. Secara branding, memiliki website untuk berjualan online sendiri akan lebih baik. Namun tantangannya adalah melakukan pemasaran sendiri untuk website yang kamu punya.

4. Berjualan Online di Marketplace

Cara lain untuk berjualan adalah menggunakan marketplace. Cara ini cukup mudah. Kamu tinggal mendaftar ke salah satu marketplace yang ada. Keunggulannya adalah pengelola marketplace biasanya sudah menjalankan strategi marketing yang bagus, sehingga akan banyak calon pembeli yang datang ke marketplace tersebut. Namun di sisi lain yang harus kamu perhatikan adalah kompetisi antar penjual di marketplace tersebut.

Keunggulan Jualan Online di Marketplace

Berjualan online secara mudah bisa kamu lakukan di marketplace. Marketplace sudah dilengkapi dengan berbagai sistem yang mendukung dalam proses jual beli secara online. Mulai dari tersedianya platform tempat kamu bisa memasukkan barang jualan kamu, memasang harga, adanya etalase untuk toko online kamu, hingga dukungan transaksi pembayaran. Sepertinya semua lengkap. Menariknya, banyak marketplace yang memberikan layanan ini secara gratis.

Baca Juga   5 Tips Untuk Membangun Strategi Bisnis Yang Tepat

Selain itu, marketplace pastinya akan bersaing dengan marketplace lainnya. Oleh sebab itu marketplace juga memasang iklan besar-besaran di berbagai media. Imbasnya adalah volume kunjungan ke marketplace tersebut meningkat dan berpotensi juga untuk mengunjungi etalase kamu.

Cara Jualan Online Laris di MarketPlace

tips Jualan Online di Marketplace
tips Jualan Online di Marketplace

Jadi, banyak keunggulan untuk bejualan online di marketplace. Namun tidak seru kalau tidak membahas tentang bagaimana tips jualan online laris di marketplace. Berikut adalah tipsnya:

  1. Pajang Gambar Atau Foto Semenarik Mungkin
    Kekuatan gambar atau foto sangat diperlukan ketika membuka toko di marketplace. Hal ini disebabkan karena kita harus bersaing dengan toko online lainnya dengan barang serupa. Calon pembeli akan lebih tertarik dengan gambar produk yang jelas dan memiliki detail yang lebih baik.

  2. Berikan Harga Yang Menarik
    Karena harus bersaing dengan toko lain dengan barang serupa, maka selain gambar yang menarik tidak dipungkiri harga adalah salah satu faktor yang membuat orang akan membeli sesuatu di marketplace. Oleh sebab itu pastikan mengetahui harga pasaran dari barang yang kamu jual sebagai panduan ketika mencari suplier. Selanjutnya tentukan margin profit dan pastikan harga yang kamu tampilkan bisa bersaing.

  3. Manfaatkan Iklan
    Salah satu fitur yang ditawarkan dari penyedia marketplace adalah iklan. Pastikan untuk memanfaatkan fitur ini. Iklan ini akan membantu toko atau produk kamu bisa langsung terlihat ketika ada pengunjung yang mencari produk tersebut.

  4. Buka Toko Di Banyak Marketplace
    Wah, mengelola toko di satu marketplace saja susah, bagaimana mau buka di marketplace lain? Tenang saja, ini tips jualan online di marketplace yang harus kamu cermati. Saat ini untuk mengelola banyak marketplace kamu tidak perlu pusing lagi. Tidak perlu lagi kamu membuka satu persatu halaman marketplace tersebut. Kamu bisa memanfaatkan platform omni channel misalnya Genie. Dengan platform ini, kamu bisa mengelola semua toko onlinemu yang berada di banyak marketplace, mulai dari memasukkan produk, memasukkan harga, hingga pada proses penjualan.

    Dengan semakin banyak kamu membuka toko online di berbagai marketplace, maka akan membuka peluang barang-barang yang kamu jual akan lebih laku.
Platform Omnichannel Genieshop
Platform Omnichannel genie.shop

Saatnya Jualan Online di Marketplace

Ok, kamu sudah tahukan keunggulan berjualan di marketplace dan cara jualan online laris di marketplace. Kalau begitu, saatnya untuk berjualan online. Tidak sabar deh menunggu kabar dari kamu kalau toko online kamu sudah buka.

Artha Nugraha Jonar
1204 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Bisnis

Mengembangkan Potensi Ekonomi Digital di Daerah 3T Indonesia Melalui Dayamaya

3 Mins read
Saat ini ekonomi digital dipandang sebagai salah satu penggerak perekonomian suatu negara. Dengan penduduk yang banyak, maka Indonesia mempunyai potensi ekonomi digital…
Bisnis

5 Tips Untuk Membangun Strategi Bisnis Yang Tepat

2 Mins read
Saatnya membangun strategi bisnis dengan tepat. Ketika akan membangun sebuah bisnis, banyak hal yang harus dipersiapkan. Jangan sampai berbisnis karena modal nekat…
Bisnis

Bisnis Reseller Makanan Tanpa Modal

2 Mins read
Salah satu bisnis yang sedang populer saat ini adalah bisnis makanan. Selain karena memang merupakan kebutuhan dasar manusia, omzet yang dihasilkan juga…

30 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
Lifestyle

Perubahan Tren Belanja Online di Masa Pandemi Covid-19