NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Indonesia Website Awards
Bisnis

Jangan Lupakan Untuk Membuat Laporan Keuangan Usaha Kamu

2 Mins read
laporan keuangan usaha

Laporan keuangan usaha adalah hal yang penting dalam suatu perusahaan karena dipakai untuk pengambilan keputusan pihak manajemen yang berkaitan dengan kelanjutan sebuah usaha di masa depan. Selain digunakan oleh badan usaha, Laporan keuangan juga dipakai oleh pemerintah untuk menentukan besarnya pajak yang akan dikenakan pada sebuah badan usaha.

4 Jenis Laporan Keuangan

Secara sederhana, ada 4 jenis laporan keuangan, yaitu:

1. Neraca Keuangan

Laporan keuangan yang pertama akan saya bahas adalah Neraca. Menurut Munawir, Neraca atau balance sheet adalah sebuah laporan yang menyajikan sumber-sumber ekonomis dari suatu perusahaan atau aktiva, kewajiban-kewajibannya atau utang, dan hak para pemilik perusahaan yang tertanam dalam perusahaan tersebut atau modal pemilik pada suatu saat tertentu.

Dari neraca, manajemen  bisa mengukur kesehatan keuangan perusahaan, meramal gerak arus kas di masa mendatang serta mengetahui fleksibilitas keuangan perusahaan yang tentunya berpengaruh pada kemampuan suatu usaha apakah masih bisa dikembangkan atau tidak. Termasuk juga untuk menentukan strategi perusahaan.

Jadi wajib banget nih kamu harus punya neraca keuangan kalau ingin usaha yang kamu jalankan bisa berkembang lebih besar lagi.

2. Laporan laba Rugi

Jenis laporan keuangan yang berikutnya adalah laporan laba rugi. Laporan laba rugi sebuah perusahaan sebenarnya merupakan komponen terpenting dalam sebuah laporan keuangan karena dengan melihat data angka yang ada dalam laporan laba rugilah maka pemilik usaha bisa mengetahui seberapa besar keuntungan ataupun kerugian yang diperoleh perusahaan selama periode waktu tertentu.

Dalam laporan laba rugi terdapat 2 bagian yaitu yang pertama adalah laporan laba rugi kotor yang didapatkan dari mengurangi total pendapatan dengan harga pokok penjualan. Sedangkan yang kedua adalah laporan laba rugi bersih yang didapatkan dengan mengurangi laba rugi kotor dengan total biaya-biaya operasional perusahaan.

Baca Juga   Value adalah start Awal dari sebuah bisnis

Laporan laba rugi juga menjadi bagian penting dalam laporan keuangan. Ketika kita mendapati bahwa usaha sedang mengalami kerugian, maka kita bisa menentukan strategi apa yang akan dijalankan untuk usaha kita. Begitu juga jika dalam keadaan mendapatkan laba, kita juga harus menentukan akan dibuat apa laba tersebut. Apakah akan dimasukkan kembali ke modal ataupun digunakan untuk pengembangan usaha.

3. Laporan perubahan modal.

Laporan perubahan modal adalah jenis laporan keuangan yang memberikan informasi mengenai perubahan modal perusahaan yang mungkin terjadi karena adanya segala kegiatan pokok operasi perusahaan pada suatu periode akuntansi tertentu, biasanya laporan perubahan modal dibuat setelah akuntan mendapatkan data angka dari laporan laba rugi.

4. Arus kas

Laporan keuangan selanjutnya yang akan kita bahas adalah laporan arus kas. Apa itu laporan arus kas? Laporan arus kas adalah laporan keuangan yang menyajikan data besarnya kas yang masuk dan keluar dalam suatu perusahaan. Laporan arus kas menggambarkan seberapa baik atau buruknya kemampuan sebuah perusahaan dalam mengelola kas.

Dengan mengetahui data angka dari laporan arus kas, maka manajemen bisa memprediksi kemampuan perusahaan untuk menghasilkan kas pada masa mendatang sehingga laporan arus kas merupakan hal penting yang tak bisa ditinggalkan menyangkut pengambilan keputusan manajemen atas perusahaan.

Menggunakan Aplikasi Laporan Keuangan Usaha

Bagaimana? Sebagian besar dari kita tentu pernah mendengar tentang jenis-jenis laporan keuangan diatas namun saya yakin banyak dari kita yang belum paham apalagi bisa mengerjakan laporan keuangan usaha kita sendiri. Di jaman yang serba praktis dan didukung dengan kemajuan teknologi yang pesat di Indonesia, kini kita dimanjakan dengan berbagai aplikasi, salah satunya adalah POST.

POST Aplikasi Laporan Keuangan Usaha

POST. adalah sebuah aplikasi kasir online lengkap yang siap membantu kamu untuk mengurus laporan keuangan dalam bisnismu. Tak hanya laporan keuangan, aplikasi kasir online POST. juga dapat membantumu untuk mempercepat proses pemesanan, terima pembayaran, dan masih banyak fitur menarik lainnya.

Baca Juga   Saat Yang Tepat Untuk Memulai Bisnis Online

Aplikasi kasir online POST. ini didesain sedemikian rupa sehingga user friendly, bahkan untuk pemula sekalipun tidak akan mengalami kesulitan dalam memakai aplikasi ini. Aplikasi ini bisa diakses dari berbagai gawai seperti smartphone, tablet, maupun dashboard PC. Menarik bukan?

Apapun usaha kamu, kalau kamu mencari aplikasi yang bisa membantu kamu untuk membuat laporan keuangan usaha yang kekinian, sudah saatnya kamu menggunakan POST.

1272 posts

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Bisnis

Ini 5 Manfaat Program Reward Agar Bisnis Terus Ngegas

3 Mins read
Pernahkah anda melihat konsumen anda pergi begitu saja setelah memakai produk atau layanan perusahaan Anda? Mungkin ada juga yang beralih ke kompetitor…
Bisnis

5 Peluang Bisnis Dengan Modal Smartphone

3 Mins read
Peluang untuk menjalankan usaha pada saat ini sangat terbuka lebar. Saat ini kita bisa melakukan berbagai bisnis di masyarakat. Salah satunya adalah…
Bisnis

Majukan UMKM Di Indonesia Dengan Pendanaan P2P Lending Akseleran

2 Mins read
Usaha mikro kecil menengah atau yang disingkat UMKM adalah salah satu tulang punggung perekonomian di Indonesia. Oleh sebab itu, banyak pihak yang…

17 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.