NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
KeuanganLogistik

Strategi Keuangan Perusahaan Penyedia Jasa Logistik di Masa Pandemi

3 Mins read
Strategi Keuangan Perusahaan Penyedia Jasa Logistik di Masa Pandemi

Sudah lebih dari 3 bulan pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia. Pembatasan sosial berskala besar yang ada di berbagai wilayah di Indonesia saat ini sudah mulai dilonggarkan. Namun kita bisa dapati bahwa angka penyebaran pandemi Covid di Indonesia tidak kunjung menurun. Apalagi jika melihat peta pesebaran Covid, kita masih melihat bahwa banyak daerah yang masih berada di zona merah. Namun demikian, masyarakat mau tidak mau harus tetap bekerja agar dapat memenuhi perekonomiannya. Saya mencoba melihat dari sisi sebagai perusahaan penyedia jasa logistik seperti di tempat saya bekerja. Tentu pandemi Covid ini bisa mempengaruhi kondisi perusahaan, salah satu dari sisi keuangan. Oleh sebab itu diperlukan suatu strategi keuangan perusahaan penyedia jasa logistik di masa pandemi ini.

Strategi Keuangan

Di dalam buku Manajemen keuangan strategik. Panduan memperbaiki kinerja keuangan dan profit (salim, Ubud), disampaikan bahwa :

Manajemen keuangan strategik atau dikatakan juga strategi keuangan perusahaan umumnya dinyatakan tujuan dari perusahaan diasumsikan memaksimumkan kemakmuran para pemegang sahamnya termasuk pertimbangan kepentingan dari pihak-pihak yang berkepentingan terutama manajemen dan karyawan

salim, Ubud

Oleh sebab itu, sebuah perusahaan perlu untuk menjalankan suatu strategi keuangan, termasuk juga perusahaan penyedia jasa logistik.

Kondisi Perusahaan Selama Masa Pandemi

Pada masa 2 triwulan pertama ini, saya melihat bahwa banyak perusahaan penyedia jasa logistik yang gagal dalam meraih target yang sudah ditentukan. Tentunya hal ini menjadi masalah bagi perusahaan penyedia jasa logistik tersebut, termasuk di dalamnya adalah terganggunya berbagai perencanaan yang harus dilakukan oleh perusahaan. Namun dengan kondisi yang sedemikian rupa, perusahaan penyedia jasa logistik harus melakukan aksi untuk menghadapinya.

Baca Juga   P2P Lending Sebagai Pilihan Untuk Mendapatkan Modal Bisnis

Yang Harus Dilakukan Oleh Penyedia Jasa Logistik Dalam Menghadapi Masa Pandemi

Beberapa hal yang harus dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa logistik dalam menghadapi kondisi ini antara lain:

  • Jika ada target yang tidak tercapai, maka dilakukan akumulasi target sebelumnya dengan target di semester yang kedua.
  • Kemudian, segera lakukan revisi pada rencana kerja termasuk di dalamnya pada anggaran pendapatan dan belanja perusahaan.
  • Selanjutnya, lakukan penyesuaian seluruh rencana yang sudah dilakukan di tahun sebelumnya (tahun 2019), termasuk juga target/KPI. Lakukan penyesuaian sesuai dengan apa yang dihadapi saat ini.

Beberapa Alternatif Yang Bisa Dilakukan Oleh Perusahaan Penyedia Jasa Logistik

Ada 2 alternatif yang bisa dilakukan oleh perusahaan penyedia jasa logistik, antara lain:

  1. Lakukan efisiensi terhadap segala hal secara besar-besaran.
  2. Melakukan strategi pengurangan karyawan, misalnya dengan mekanisme pengajuan pensiun dini.

Perubahan Paradigma Keputusan Keuangan

Jika dalam kondisi normal, strategi keuangan pada level strategis akan dibahas mengenai strategi investasi perusahaan pada jangka yang panjang, kemudian juga mengenai pembahasan tentang pendanaan jangka panjang. Namun pada masa saat ini, yang penting adalah bagaimana perusahaan penyedia jasa logistik mampu melakukan pengelolaan modal kerja.

Kita bisa melihat, bahwa saat ini sedang terjadi sebuah efek domino. Kita bisa melihat, saat ini beberapa perusahaan sedang menghadapi penjualan dari produksinya yang menurun. Karena penjualan yang menurun, maka menimbulkan adanya kemungkinan manufakturing yang berhenti secara sementara. Akibatnya bisa ditimbulkan selanjutnya adalah pemutusan kontrak dengan pemasok dan pendukung dari perusahaan tersebut. Efek domino tersebut, juga mengenai perusahaan penyedia jasa logistik yang membantu dalam mendistribusikan produk perusahaan tersebut.

Dengan berkurangnya atau hingga berhentinya produksi, maka mengakibatkan distribusi juga berhenti. Sebagai pendukung distribusi, maka perusahaan penyedia jasa logistik juga akant terkena imbasnya. Minimnya aliran kas yang masuk, tentu akan berdampak pada kesehatan keuangan perusahaan. Oleh sebab itu, diperlukan suatu aksi untuk mempertahankan eksistensi perusahaan.

Baca Juga   Penggunaan Wearable Device Dalam Teknologi Logistik

Perubahaan Pengelolaan Modal Kerja

Untuk mempertahankan eksistensi perusahaan penyedia jasa logistik diperlukan suatu perubahaan dalam melakukan pengelolaan modal kerja. Ada beberapa perubahaan yang bisa dilakukan dalam mengelola modal kerja, antara lain:

  1. Pengelolaan modal kerja harus langsung dibawah tanggung jawab dari direksi. Setiap otorisasi pengeluaran aliran kas serta target aliran kas masuk, harus dicermati secara harian di level direksi. Intensitas rapat koordinasi untuk membahas tentang kecukupan modal kerja perusahaan harus sering dilakukan.
  2. Berfokus pada upaya agar transaksi penggunaan layanan dari perusahaan penyedia jasa logistik kepada pelanggan semakin banyak, Diperlukan strategi jitu agar dapat meningkatkan omzet pada masa pandemi ini. Misalnya saja dengan memberikan masa termin pembayaran yang lebih lama. Jika melakukan hal ini, maka manajemen piutang sangat penting untuk diperhatikan.
  3. Cemati juga tentang kolektibilitas piutang. Pada masa pandemi ini berpotensi untuk timbulnya permintaan penundaan pembayaran. Maka diperlukan analisis untuk mengetahui kemampuan bayar dari pelanggan. Jika ada potensi piutang yang sulit tertagih, manajemen perlu untuk memikirkan alternatif cara untuk memindahkan risiko tersebut.

Masa Depan Yang Tidak Bisa Diprediksi

Masa pandemi yang masih belum berakhir ini mengakibatkan masa depan yang tidak bisa diprediksi. Oleh sebab itu, berbagai kondisi bisa saja terjadi. Meski strategi keuangan perusahaan penyedia jasa logistik di masa pandemi ini sudah dilakukan penyesuaian, namun dengan kondisi yang masih belum menentu ini akan menuntut respon yang lebih cepat untuk menghadapi setiap perubahaan yang akan terjadi.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
kesehatanLogistik

Hadapi Pandemi Covid Dengan Memelihara Kebersihan Lingkungan Kerja di Perusahaan Logistik

3 Mins read
Tidak ada dunia usaha yang luput dari dampak pandemi Covid 19, termasuk juga dengan perusahaan logistik. Berbagai dampak seperti ekonomi maupun kesehatan…
Bisnis

P2P Lending Sebagai Pilihan Untuk Mendapatkan Modal Bisnis

2 Mins read
Kebutuhan akan permodalan terkadang menjadi suatu halangan ketika ada keinginan untuk mengembangkan bisnis, hal ini terutama pada bisnis yang baru mulai berkembang…
kesehatanLogistik

Mewaspadai Peredaran Narkoba di Industri Logistik

2 Mins read
Saat ini, peredaran narkoba semakin masif. Termasuk juga beredar di industri logistik. Meski demikian perlawanan terhadap peredaran narkoba tidak boleh kalah. Apa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
Logistik

Logistics Technology Disruption