NEW!Referensi istilah di supply chain dan logistik Buka di sini
Keuangan

Strategi Pemasaran Online Untuk UKM Yang Efektif

4 Mins read
Strategi Pemasaran Online Untuk UKM Yang Efektif
Strategi Pemasaran Online Untuk UKM Yang Efektif Untuk Meningkatkan Penghasilan

Di era yang serba online ini, ternyata hanya 8% atau sejumlah 3.79 juta pebisnis UKM yang menerapkan strategi pemasaran online. Data tersebut disampaikan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM).

Apa itu UKM?

UKM adalah suatu usaha yang digolongkan sebagai usaha kecil yang produktif dan mampu mandiri untuk berdiri sendiri. Usaha ini dapat dilakukan oleh perorangan atau juga badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan. Definisi tersebut sesuai dengan yang ada di dalam Undang-Undang Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Kecil Menengah (UKM).

Usaha dalam bentuk UKM banyak diminati masyarakat karena usaha ini tidak memerlukan modal yang besar. Meski berangkat dari modal yang kecil, UKM juga dapat dikembangkan menjadi usaha yang lebih besar lagi.

Strategi Pemasaran UKM

Biasanya, UKM melakukan strategi pemasaran secara spontan, tidak fokus dan seadanya. Sehingga hasil yang didapatkan juga menjadi tidak maksimal. Keterbasan anggaran untuk melakukan promosi menjadi alasan utama mengapa tidak fokus dalam membuat strategi pemasaran. Untuk membuat UKM kamu semakin berkembang, ada 4 strategi pemasaran yang efektif yang bisa dilakukan:

Strategi Pemasaran Online Untuk UKM Membantu Meningkatkan Penghasilan
Strategi Pemasaran UKM Yang Efektif (pixabay)

1. Menciptakan Produk Unik

UKM harus mempunyai suatu produk yang unik. Dengan produk yang unik tersebut, UKM akan mampu memenangi persaingan pasar.

Baca Juga   Saat Yang Tepat Untuk Memulai Bisnis Online

2. Membuat Promo Menarik

Salah satu cara UKM untuk menarik perhatian pelanggan adalah dengan memberikan promo tertentu yang menarik. Misalnya dengan memberikan potongan harga, kupon berhadiah, cashback ataupun promo lainnya. Promo juga dapat diberikan pada saat momen penting seperti lebaran, hari raya natal ataupun hari raya imlek.

3. Melakukan Strategi Pemasaran Secara Konsisten

Untuk mendapatkan keberhasilan dalam strategi pemasaran, maka strategi yang sudah dibuat harus dilakukan secara konsisten dan terus melakukan evaluasi terhadap strategi tersebut.

4. Menggunakan Strategi Pemasaran Online

Mempunyai UKM yang sukses dan dikenal banyak orang menjadi impian bagi setiap pemilik UKM. Dengan menggunakan strategi pemasaran online, akan membantu UKM untuk mendapatkan pelanggan yang potensial.

Apa itu Pemasaran Online?

Pemasaran online adalah segala upaya yang telah dilakukan untuk melakukan pemasaran produk atau jasa melalui media online atau internet. Ada perbedaan yang mendasar antara pemasaran (marketing) dan penjualan (selling). Dalam pemasaran, kita akan berbicara tentang bagaimana sebuah brand, produk atau jasa bisa dilihat oleh banyak orang. Sedangkan dalam penjualan akan berhubungan dengan bagaimana cara menciptakan suatu transaksi penjualan.

Strategi Pemasaran Online Yang Efektif Untuk UKM

Perkembangan bisnis online saat ini telah menuntut bagi pelaku bisnis untuk ikut serta di dalamnya. Termasuk dengan melakukan pemasaran online untuk mendukung penjualan. begitu juga dengan UKM yang harus ikut serta untuk menggunakan strategi pemasaran online. Dengan menerapkan strategi pemasaran online, maka UKM dapat meningkatkan efektifitas usahanya. Beberapa alasan mengapa UKM harus menggunakan strategi pemasaran online antara lain:

  1. Dengan menggunakan strategi pemasaran online, maka produk atau jasa yang dihasilkan oleh UKM berpotensi untuk dikenal konsumen secara global.
  2. Dengan strategi pemasaran online dapat meningkatkan branding dari UKM.
  3. Melalui strategi pemasaran online, dapat menciptakan komunikasi yang baik dengan konsumen.

Dengan menggunakan strategi pemasaran online, operasional UKM dalam aktifitas marketing dapat berjalan efektif. Dengan pemasaran online juga dapat membuka potensi untuk memperluas pasar dengan memanfaatkan media online yang dapat memuat informasi tentang produk UKM. Peluang pasar UKM pun menjadi lebih luas dan dapat berpotensi untuk meningkatkan penjualan. Strategi pemasaran online untuk UKM dirasa lebih efektif dan efisien daripada pemasaran langsung pada konsumen.

Baca Juga   Pinjaman Modal Usaha Untuk Memulai Bisnis Online

Keuntungan Menerapkan Strategi Pemasaran Online Untuk UKM

Strategi Pemasaran Online Untuk UKM
Strategi Pemasaran Online Untuk UKM Membantu Meningkatkan Penghasilan (pixabay)

Beberapa keuntungan menerapkan strategi pemasaran online untuk UKM ini diantaranya:

a. Strategi Pemasaran Online Hanya Membutuhkan Biaya ringan

Menerapkan strategi pemasaran online tidak memerlukan biaya yang besar. Dengan hanya menggunakan komputer, laptop, PC bahkan dengan handphone, UKM bisa memasarkan produk dan jasa yang bisa menjangkau ke seluruh pelosok. Saat ini, jaringan internet telah menjangkau ke semua daerah.

b. Strategi Pemasaran Online Memiliki Jangkauan Luas

Dengan menggunakan strategi pemasaran online, UKM dapat menjangkau semua wilayah hingga ke luar negeri. Tentu dengan strategi ini, maka UKM akan semakin dikenal oleh banyak orang dan berpotensi untuk meningkatkan penjualan.

c. Strategi Pemasaran Online Mudah Untuk Dijalankan

Strategi pemasaran online sangat mudah untuk dijalankan. Hanya cukup dengan koneksi internet saja, UKM sudah bisa memasarkan produk atau jasa kepada semua orang.

Macam-Macam Strategi Pemasaran Online Untuk UKM

Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran online yang bisa dilakukan oleh UKM, antara lain:

a. Content Marketing

Content marketing adalah salah satu strategi pemasaran online yang bisa dilakukan oleh UKM. Biasanya, pengguna internet mencari berbagai informasi di internet. Model content marketing adalah strategi pemasaran online dengan memberikan berbagai informasi kepada pengguna internet. Informasi dibuat berupa artikel atau teks, video dan gambar. UKM bisa menggunakan website ataupun media sosial untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan usaha bisnis dari UKM.

b. Mobile Marketing

Mobile marketing adalah salah satu strategi pemasaran online yang menyasar pada pengguna perangkat mobile seperti tablet, smartphone dan lain-lain. Terdapat fakta bahwa dari sebuah penelitian yang menyebutkan ada sekitar 30 hingga 40% transaksi penjualan terjadi melalui smartphone.

Baca Juga   4 Peluang Bisnis Online Yang Menjanjikan
c. Continuous Marketing

Continous marketing adalah strategi pemasaran online yang menggunakan aktifitas promosi di jaringan media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

d. Visual Marketing

Visual marketing adalah strategi pemasaran online dengan menggunakan gambar daripada teks. Sebagaimana ungkapan bahwa sebuah gambar dapat mewakili 1000 kata. Strategi visual marketing dapat dilakukan dengan mengaplikasikannya di platform seperti Instagram, Pinterest dan Youtube.

e. Personalized Marketing

Strategi pemasaran online ini lebih mengutamakan pada pengenalan konsumen secara personal dan juga dikenal sebagai one-to-one marketing. Setiap konsumen dianggap unik sehingga akan diperlakukan secara personal berbeda dengan konsumen yang lain. Dengan menggunakan strategi pemasaran ini, maka pembeli akan lebih tertarget sesuai dengan kriteria yang diinginkan, Namun untuk menerapkan strategi ini, dibutuhkan platform khusus misalnya Facebook Pixels.

f. Influencer Marketing

Strategi pemasaran online yang lain adalah influencer marketing. Seorang influencer akan memiliki lingkaran orang yang loyal mau mendengarkan setiap hal yang diinformasikan oleh si influencer. Cara ini sungguh efektif, karena informasi yang disampaikan akan semakin kuat karena dukungan influencer. Contoh dari influencer adalah seorang blogger yang mengelola sebuah blog atau website. Ketika seorang blogger menyampaikan informasi tentang produk atau jasa dari UKM, maka lingkaran pembaca loyal dari blog tersebut akan mendapatkan informasinya langsung. Selain itu, informasi yang dituliskan oleh blogger tersebut akan menjadi media pemasaran online yang akan berjalan efektif karena artikel yang dituliskan oleh blogger tersebut akan selalu ada di internet.

Penutup

Strategi pemasaran online untuk UKM dipandang sebagai strategi yang efektif terutama untuk meningkatkan penghasil UKM. Dengan implementasi strategi pemasaran online ini maka diharapkan UKM akan mampu semakin memperluas pasarnya dan bisnisnya menjadi semakin berkembang.

Artha Nugraha Jonar

About author
Saat ini bekerja di perusahaan logistik. Sedang belajar bahasa pemrograman komputer. Hobi jalan-jalan, makan dan bersepeda.
Articles
Related posts
Bisnis

Bisnis Reseller Makanan Tanpa Modal

2 Mins read
Salah satu bisnis yang sedang populer saat ini adalah bisnis makanan. Selain karena memang merupakan kebutuhan dasar manusia, omzet yang dihasilkan juga…
Bisnis

Pinjaman Modal Usaha Untuk Memulai Bisnis Online

3 Mins read
Sekarang ini, saat yang tepat untuk memulai bisnis online. Mungkin kamu sangat setuju dengan pertanyaan ini. Namun ketika ditanya mengapa tidak segera…
Bisnis

4 Peluang Bisnis Online Yang Menjanjikan

2 Mins read
Perkembangan dunia bisnis online saat ini sudah mencapai pada tahap yang hampir menyeluruh di masyarakat, perubahan sistem bisnis dari offline ke online…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.